Ingin Tetap Fit Saat Puasa? Coba 8 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
fit saat puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa akan membuat tubuh lemas karena tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Namun, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar tubuh tetap fit saat menjalani puasa seharian. Bahkan dengan melakukan 8 langkah berikut ini, kamu dapat tetap berolahraga saat sedang berpuasa.

Baca juga: Kiat Lancar Berpuasa Bagi Pengidap Penyakit Jantung

 

1. Konsumsi Banyak Serat

 

Serat dapat dijadikan sebagai sumber energi tubuh. Makanan yang mengandung serat juga membutuhkan waktu lama untuk diolah dalam tubuh, sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Jangan mengonsumsi makanan pedas dan berminyak agar lambung tidak bekerja keras dalam mencerna makanan.

 

2. Konsumsi Banyak Air Putih

 

Konsumsi banyak air putih saat sahur dan berbuka bermanfaat untuk menetralisir bakteri pada luka dalam lambung. Selain itu, air putih juga dapat membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

 

3. Konsumsi Multivitamin Tambahan

 

Makanan yang kamu konsumsi terkadang tidak cukup memenuhi kebutuhan energi saat puasa. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi multivitamin yang cocok untuk tubuhmu. Sebelum menggunakannya, kamu dapat berdiskusi dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc perihal multivitamin apa yang cocok untuk kamu konsumsi.

 

4. Cukup Waktu Istirahat

 

Saat berpuasa, tubuh akan bekerja dua kali lebih keras dari biasanya. Istirahat cukup selama 6–8 jam di malam hari baik dilakukan untuk mengembalikan energi yang terbuang. Kamu juga dapat melakukan kegiatan tidur siang selama 15–30 menit di siang hari untuk menghemat energi.

Baca juga: 5 Jenis Penyakit yang Rentan Terjadi Saat Puasa

 

5. Simpan Energi dengan Baik

 

Kurangi aktivitas berat saat sedang berpuasa. Jika kamu tetap melakukan aktivitas berat saat sedang berpuasa, kamu akan merasa kelelahan dan haus. Kamu bisa saja mengalami dehidrasi karena keringat berlebih yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

 

6. Lakukan Olahraga Ringan

 

Berolahraga memang memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun, apakah kegiatan ini boleh dilakukan saat sedang berpuasa? Saat tubuh berkeringat, racun-racun dalam tubuh pun ikut keluar. Ketika berpuasa, kamu dapat melakukan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan menjelang berbuka puasa.

 

7. Makan Secara Bertahap

 

Puasa akan membuat kamu merasa sangat lapar dan menjadi rakus ketika berbuka. Cara yang seperti ini adalah cara yang salah, karena sistem pencernaan kamu akan kaget. Ketika hal ini terjadi, kamu bisa saja mengalami sakit perut. Sebagai pembukaan, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan atau makanan utama dengan porsi sewajarnya.

 

8. Jaga Asupan Makanan

 

Berat badan kemungkinan besar akan berkurang setelah beberapa hari berpuasa. Nah, agar berat tubuh tetap stabil dan tubuh tetap sehat, kamu harus tetap menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Wajib Olahraga Meski Sedang Berpuasa

Berpuasa merupakan amalan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, seperti mengistirahatkan pencernaan, mengatasi peradangan, mengurangi gula darah, menurunkan tekanan darah, serta membantu menurunkan berat badan. Puasa adalah cara yang alami agar tubuh menjadi lebih sehat.

Selain beberapa hal tersebut, puasa adalah satu satu proses detoksifikasi alami dari dalam tubuh. Namun, proses ini tidak dapat maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat selama berpuasa, seperti mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan olahraga secara teratur. Setelah mengetahui banyaknya manfaat berpuasa, apakah kamu berniat untuk mencobanya?

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.
Miss Muslim. Diakses pada 2019. 8 Simple Ways to Stay Fit While Fasting.