Ini Alasan Datang Bulan Bikin Nyeri Punggung

mengatasi sakit datang bulan, nyeri punggung saat menstruasi

Halodoc, Jakarta - Saat sedang datang bulan, kebanyakan wanita memang merasakan kram pada perut. Namun, enggak sedikit juga wanita yang merasakan sakit pada bagian punggungnya. Nah, hal apa saja yang menjadi pemicu nyeri punggung pada wanita yang sedang menstruasi? Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi rasa sakit yang dialami oleh kebanyakan wanita tersebut? Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang rasa nyeri pada punggung yang dialami wanita saat menstruasi!

Baca juga: Telat Datang Bulan, Bisa Jadi Tanda 6 Penyakit Ini

Nyeri yang terjadi pada punggung menjadi salah satu gejala umum yang dialami sebagian besar wanita ketika sedang menstruasi. Rasa nyeri yang terjadi merupakan dampak dari ketegangan otot perut, ketegangan pada otot perut mempunyai istilah medis yang disebut dengan dysmenorrhea. Kondisi ini terjadi ketika otot-otot perut berkontraksi mengeluarkan darah dari dalam rahim.

Proses kontraksi otot yang terjadi tidak hanya menyebabkan ketegangan pada otot perut saja. Otot pendukung seperti otot panggul, punggung, pinggang, hingga paha atas pun juga ikut merasakan ketegangan akibat dari kontraksi tersebut. Kondisi ini biasa terjadi pada wanita, dan bukan merupakan hal yang serius. Namun, kondisi ini akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman selama datang bulan berlangsung.

Baca juga: Telat Menstruasi Belum Tentu Hamil, Jangan Panik Dulu!

Nah, rasa nyeri pada punggung yang dialami oleh wanita pada saat datang bulan merupakan dampak dari adanya perubahan hormon, yaitu meningkatnya hormon prostaglandin menjelang datang bulan. Prostaglandin sendiri merupakan suatu zat yang terbentuk dari lemak yang berasal dari asam lemak dari setiap organ tubuh manusia. Secara garis besar, hormon ini merupakan perantara utama dalam proses kontraksi dan relaksasi otot polos pada tubuh manusia.

Ketika datang bulan, hormon tersebut berfungsi untuk merangsang otot rahim untuk berkontraksi membantu mengeluarkan darah dari dalam rahim. Nah, jika datang bulan kamu terasa sangat menyakitkan, bisa jadi ini disebabkan oleh besarnya kadar hormon prostaglandin yang tinggi dalam tubuh.

Baca juga: Adakah Cara untuk Mempercepat Datang Bulan?

Meskipun terasa sangat nyeri dan menyakitkan, kamu enggak memerlukan obat untuk membantu meredakan sakit yang kamu rasakan. Kamu bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk membantu meredakan nyeri punggung saat sedang menstruasi.

  1. Jika punggung terasa sakit, cobalah untuk mengkompres area punggung dengan air hangat. Selain itu, konsumsi air putih dengan cukup, karena selama datang bulan kamu perlu mengganti cairan tubuh yang hilang. Kamu bisa mengganti cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih, buah-buahan, maupun sayuran yang kaya akan cairan.

  2. Kamu dapat melakukan olahraga ringan dengan melakukan stretching untuk membuat otot tubuh menjadi lebih relaks. Kamu bisa melakukan ini selama kurang lebih 10 menit setiap hari untuk meredakan ketegangan otot akibat kontraksi yang terjadi.

  3. Jika kamu sedang datang bulan, hindari minuman beralkohol, tinggi gula, dan berkafein. Minuman yang paling cocok diminum saat sedang datang bulan adalah madu jahe atau jahe hangat. Alternatif lain yang baik untuk dikonsumsi saat sedang datang bulan adalah jamu kunyit. Zat yang terkandung dalam kunyit dapat menekan inflamasi atau peradangan yang menjadi penyebab dari nyeri punggung saat sedang menstruasi.

Kamu ingin berdiskusi langsung dengan dokter ahli mengenai kondisi kesehatanmu? Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Setelah berdiskusi, kamu bisa langsung membeli obat yang telah diresepkan oleh dokter, dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!