Ini Cara Mengobati Radang Amandel pada Anak di Rumah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Mengobati Radang Amandel pada Anak di Rumah

Halodoc, Jakarta - Anak-anak, terutama yang usianya masih belia, rentan terhadap sejumlah penyakit. Pasalnya, imunitas tubuh anak belum berkembang dan sempurna sepenuhnya. Di usia ini, sang buah hati mudah terserang flu, infeksi telinga, sakit tenggorokan, gastroenteritis, dan radang amandel.

Namun, tonsilitis atau radang amandel ini menjadi gangguan kesehatan yang disinyalir paling menimbulkan rasa sakit dan mengganggu di usia anak. Amandel adalah dua massa jaringan limfoid yang terletak di belakang tenggorokan masing-masing di sisi kanan dan kiri. Keduanya berfungsi mencegah infeksi yang masuk melalui mulut yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Ketika amandel ini mengalami peradangan atau infeksi, maka terjadilah radang amandel.

Baca juga: Inilah 6 Fakta Tentang Amandel yang Perlu Diketahui

Mengobati Radang Amandel pada Anak di Rumah

Sebenarnya, radang amandel bisa dicegah dengan memastikan bahwa tangan anak selalu dalam keadaan bersih sebelum ia makan. Gangguan kesehatan ini juga bisa diatasi dengan konsumsi air hangat sepanjang hari, terlebih jika anak rentan terserang penyakit ini. Makanan hangat dengan nutrisi tinggi baik untuk menjaga agar infeksi tidak terjadi.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan, seperti:

  • Berkumur dengan Air Garam

Campurkan 1 sendok teh garam dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur untuk meringankan sakit tenggorokan. Air hangat dinilai mampu menghilangkan virus yang menyebabkan infeksi. Sementara itu, garam membantu meredakan radang tenggorokan.

  • Lemon

Makanan atau buah-buahan yang vitamin C diketahui dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan pilek, termasuk pula radang amandel. Dari sekian banyak sumber vitamin C, tidak ada yang lebih baik dibandingkan dengan lemon. Campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan setengah sendok teh madu ke dalam air hangat. Minta sang buah hati untuk meminumnya secara teratur untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi amandel.

  • Teh Hangat dan Madu

Minuman hangat seperti teh hangat membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin terjadi ketika anak mengalami tonsilitis. Madu sering dicampurkan ke dalam teh sebagai pengganti gula bisa membantu mengobati infeksi yang menyebabkan peradangan pada amandel karena memiliki sifat antibakteri yang kuat. Selain madu, ibu bisa mencampurkan jahe ke dalam teh hangat.

Baca juga: Penyebab Amandel pada Anak

  • Kayu Manis

Bahan dapur lain yang dapat mengobati radang amandel adalah kayu manis. Campurkan sejumput kayu manis dengan air hangat. Tambahkan sedikit madu untuk menguatkan rasa manisnya jika memang diperlukan. Konsumsi tiga kali dalam sehari selama sekitar satu minggu dan amati perubahannya.

  • Pelembap

Humidifier atau pelembap membantu meredakan sakit tenggorokan jika udara sedang kering, atau anak mengalami mulut kering akibat tonsilitis. Udara kering mampu mengiritasi tenggorokan, dan pelembap membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan dan amandel dengan cara menambahkan kelembapan.

Baca juga: Bisakah Amandel Kambuh Saat Dewasa?

Itu tadi beberapa cara mengatasi radang amandel pada anak yang bisa ibu lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk memberikan vitamin pada sang buah hati, agar imunitas tubuhnya selalu terjaga. Ibu tidak perlu ke apotek, karena sekarang beli vitamin atau obat bisa lebih mudah melalui layanan Beli Obat dari Halodoc. Jadi, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga, yuk!