Inilah 6 Fakta Tentang Amandel yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah 6 Fakta Tentang Amandel yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar orang baru menyadari eksistensi amandel, atau tonsil, hanya ketika terjadi pembengkakan atau peradangan, seperti misalnya pada kasus tonsilitis. Salah satu studi yang dimuat dalam Ensiklopedi Imunobiologi menyatakan bahwa tonsil merupakan massa jaringan limfatik di mulut dan tenggorokan yang berperan sebagai penjaga imunologi saluran aerodigestive bagian atas.

Ternyata, ada hal-hal unik seputar amandel yang perlu kamu tahu, lho. Apa saja? Yuk, simak ulasan ini sampai akhir!

  • Tonsil Ternyata Berjumlah 4 Buah

Tidak banyak yang tahu jika amandel sebenarnya berjumlah empat buah. Tidak heran, karena organ ini hanya terlihat berjumlah satu buah ketika kamu membuka mulut. Tonsil ini sebenarnya termasuk tonsil tuba, tonsil lingual yang berada di dasar lidah, dan tonsil adenoid. Keempatnya disebut dengan “Cincin Waldeyer”.

  • Berperan Sebagai Responder Pertama Tubuh Terhadap Patogen

Amandel menjadi organ pertama yang memberikan respon saat ada patogen yang tertelan dan menyebabkan infeksi atau bahaya lainnya. Patogen ini berikatan dengan sel kekebalan khusus yang berada di lapisan epitel untuk mendapatkan respon imun pada sel limfoid T dan B dari tonsil. Sederhananya, organ ini dapat membantu tubuh memulai respon imun.

  • Tonsil yang Terinfeksi Justru Berbahaya

Meski tonsil berperan penting pada sistem imunitas tubuh, ketika organ ini mengalami kerusakan dan infeksi kronis, maka diperlukan pengambilan organ ini dari tubuh. Sementara itu, sisa dari sistem imunitas tubuh melanjutkan kerja tonsil dalam kaitannya dengan kekebalan. Selain karena ukuran, alasan lain tonsil harus dihilangkan adalah karena tonsilitis kronis akibat dari ketidakmampuan sistem kekebalan untuk menghapus bakteri yang tersisa dari amandel.

  • Tonsilektomi, Operasi Pengangkatan Amandel

Operasi pengangkatan amandel diyakini telah ada selama tiga generasi, membuat pembedahan ini seperti telah ada berabad lalu. Namun, meski kini pemahaman mengenai operasi pengangkatan amandel sudah berbeda dengan sebelumnya, masih ada perdebatan antara manfaat dan bahaya melakukan operasi amandel.

  • Alasan Melakukan Bedah Tonsil

Pasalnya, kini alasan melakukan bedah tonsil dirasa cukup aneh. Beberapa pengidap memilih untuk melakukan pengangkatan amandel karena alasan yang tidak berhubungan dengan fungsi dan peranan organ satu ini, seperti sering mengompol, kejang, stridor, suara serak, bronkitis kronis, dan asma.

  • Salah Satu Jenis Penyakit Tonsil adalah karena Virus Penyakit Seksual

Raja Seethala, seorang ahli patologi di University of Pittsburgh Medical Center sekaligus anggota dari College of American Pathologists Cancer Committee menyatakan tidak seperti kanker yang berkaitan dengan tenggorokan lain yang mayoritas disebabkan karena dampak konsumsi alkohol dan merokok, kanker amandel terjadi karena virus HPV yang bisa saja ditularkan secara seksual.

Itu tadi beberapa fakta terkait amandel yang harus kamu tahu. Tonsil memang memiliki peran yang sangat penting dalam kaitannya dengan imunitas tubuh, tetapi gangguan kesehatan yang menyerang organ di tenggorokan satu ini juga terbilang berbahaya. Pastikan kamu memeriksakan kesehatan tubuh secara rutin untuk bisa mendeteksi adanya kelainan pada tubuh.

Kamu juga bisa menanyakan apa saja yang terkait dengan kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Dokter ahli akan membantu kamu mendapatkan solusi terbaik untuk setiap keluhan kesehatan yang kamu alami. Download aplikasi Halodoc sekarang juga, ya!

Baca juga: