13 November 2018

Ini Masalah Kulit yang Rentan Menyerang Bayi

ini masalah kulit yang rentan menyerang bayi

Halodoc, Jakarta – Sebagai orang tua, tentunya ibu perlu memerhatikan kesehatan bayi. Mulai dari masalah psikologi bayi hingga kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh bayi yang masih belum optimal rentan membuat bayi memiliki masalah kesehatan. Bayi berisiko untuk memiliki masalah kulit yang disebabkan kulit bayi yang masih sensitif.

Masalah kulit dapat membuat bayi merasa tidak nyaman untuk itu ibu harus mengetahui jenis masalah yang rentan menyerang kulit bayi agar penanganannya lebih cepat dan tepat.

1. Biang Keringat

Biang keringat adalah masalah kulit yang paling sering ditemui pada bayi. Biang keringat disebabkan karena tersumbatnya pori-pori kulit pada bayi sehingga menyebabkan keringat tidak dapat keluar. Banyak penyebab yang membuat seorang bayi mengalami kondisi biang keringat.

Biang keringat bisa muncul saat cuaca yang lembap atau terlalu panas sehingga membuat bayi mengeluarkan banyak keringat.

Kelenjar dan saluran keringat pada bayi yang belum optimal juga membuat bayi rentan mengalami biang keringat. Namun, ibu tidak perlu panik ketika bayi mengalami kondisi ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah biang keringat, seperti menjaga kulit bayi tetap bersih dan tidak lembap yang disebabkan oleh keringat. Selain itu gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik.

2. Intertrigo atau Ruam Merah

Selain biang keringat, salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh bayi adalah ruam merah atau istilah medisnya adalah intertrigo. Ruam merah biasanya terjadi pada lipatan-lipatan tubuh bayi seperti leher, lipatan tangan, lipatan kaki.

Banyak faktor yang menyebabkan bayi mengalami ruam misalnya suhu udara yang panas, gesekan pada bagian kulit yang terjadi secara langsung dan terus menerus, kulit bayi yang basah atau lembap. Biasanya, ruam merah pada bayi menyebabkan luka dan membuat bayi tidak nyaman. Sebaiknya bersihkan bagian tubuh bayi secara detail agar bayi terhindar dari masalah kulit dan ibu mengetahui kondisi kulit bayi.

3. Jerawat Bayi

Jerawat bayi juga menjadi masalah kulit yang rentan dialami bayi khususnya bayi yang baru lahir. Jerawat bayi disebabkan oleh hormon tertentu yang didapat ketika bayi masih dalam kandungan. Jerawat bayi bisa hilang dan tidak berbahaya namun tetap memerlukan perawatan agar kondisi kulitnya kembali normal. Sebaiknya ibu jangan menggosok bagian tubuh bayi yang berjerawat karena dapat menyebabkan infeksi dan membuat jerawat tumbuh lebih banyak. Lalu, bersihkan kulit bayi yang memiliki jerawat dengan air suhu normal tanpa campuran apapun.

4. Eksim Atopik

Eksim atopik adalah jenis eksim yang sering dialami oleh bayi. Kondisi ini merupakan peradangan kulit yang ditandai dengan adanya kulit bayi yang kering dan berwarna kemerahan. Eksim atopik bisa dikaitkan dengan kondisi alergi yang dimiliki oleh seorang anak. Biasanya, anak yang mengalami eksim atopik berisiko mengalami penyakit lainnya seperti asma. Eksim atopik bisa muncul di bagian tubuh mana saja, khususnya bagian yang memiliki lipatan. Sebaiknya segera tangani kondisi eksim atopik pada anak dengan menjaga kelembapan kulit pada bayi. Kondisi eksim atopik dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti infeksi kulit, dermatitis kontak, dan gangguan tidur pada anak.

Itulah penjelasan tentang masalah kulit yang rentan menyerang bayi. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai masalah kesehatan kulit pada bayi. Ibu bisa download aplikasi Halodoc melalui AppStore atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: