Ini Tindakan Medis untuk Atasi Nyeri Punggung Kronis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Tindakan Medis untuk Atasi Nyeri Punggung Kronis

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan sakit pada bagian punggung yang menjalar hingga bagian bokong dan kaki? Sebaiknya waspada, bisa jadi kamu mengalami nyeri punggung kronis. Kondisi ini merupakan nyeri atau kekakuan yang dirasakan di sepanjang tulang belakang biasanya nyeri dapat dirasakan dari dasar leher hingga tulang ekor. Jika tidak segera diatasi, kondisi nyeri punggung kronis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Jenis Pekerjaan Ini Rentan Terkena Nyeri Punggung

Nyeri punggung kronis umumnya dipicu akibat adanya bagian tulang punggung yang terkilir atau merasa tegang. Kondisi ini diakibatkan karena posisi tubuh yang mengangkat beban berat dengan posisi yang salah, melakukan peregangan tubuh secara berlebihan, posisi duduk yang tidak benar, membungkuk dalam waktu yang cukup lama serta gerakan yang melibatkan tulang punggung dan dilakukan berulang-ulang.

Namun tidak hanya kebiasaan diatas, nyeri punggung kronis juga dapat disebabkan karena beberapa hal lain seperti:

  1. Adanya cedera pada bantalan tulang belakang yang merupakan tulang rawan pembatas setiap ruas tulang belakang. Bantalan ini dapat mengalami cedera yang menyebabkan terjepitnya saraf tulang belakang.

  2. Kelainan struktur tulang belakang juga bisa menjadi penyebab nyeri punggung kronis, misalnya scoliosis atau stenosis spinal.

  3. Osteoporosis menyebabkan ruas tulang belakang menjadi rapuh dan tipis. Hal ini dapat menyebabkan patah tulang punggung dan nyeri punggung kronis jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Baca juga: Agar Terhindar dari Nyeri Punggung Saat Bekerja, Kamu Harus Lakukan Gerakan Ini!

Pengobatan Nyeri Punggung Kronis

Pengobatan untuk nyeri punggung kronis berbeda-beda sesuai dengan penyebab nyeri punggung kronis. Ini beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan dengan bantuan tindakan medis seperti:

1. Fisioterapi

Proses fisioterapi dilakukan untuk memperbaiki fungsi gerak motorik akibat cedera atau penyakit tertentu.

2. Terapi Perilaku Kognitif

Pikiran dan tingkat stres juga menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung kronis. Terapi perilaku kognitif dapat mengatasi nyeri punggung yang diakibatkan pikiran buruk.

3. Operasi Dekompresi Tulang Belakang

Operasi ini dilakukan untuk meredakan nyeri punggung akibat adanya tekanan saraf pada tulang belakang. Operasi dekompresi dilakukan pada ruas tulang belakang, bantalan tulang belakang, atau sendi yang menyebabkan tekanan saraf.

4. Operasi Fusi

Operasi fusi atau operasi penyatuan tulang belakang dilakukan untuk menyatukan kembali tulang belakang yang terpisah dan menyebabkan nyeri punggung. Proses ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan.

Pencegahan Nyeri Punggung Kronis

Namun sebelum kamu mengalami nyeri punggung kronis, lakukan pencegahan agar kamu terhindar dari kondisi ini. Tetap aktif berolahraga menjadi cara efektif untuk mencegah kondisi nyeri punggung kronis. Untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung, kamu bisa melakukan olahraga yoga atau pilates.

Tidak hanya itu, jika kamu memiliki berat badan yang berlebih, mengurangi berat badan bisa membuat kamu terhindar dari kondisi nyeri punggung kronis. Jangan lupa selalu memposisikan tubuh dengan benar pada setiap kegiatan karena postur tubuh berperan dalam menimbulkan atau mencegah nyeri punggung. Kesehatan tulang punggung juga ditentukan dari posisi kamu ketika tidur, berdiri, dan juga duduk.

Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter tentang informasi mengenai kondisi nyeri punggung kronis. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi ini. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 3 Penyebab Nyeri Punggung yang Jarang Diketahui