07 September 2018

Inilah 5 Jenis Masker Alami untuk Kulit Berminyak

masker alami, kulit wajah berminyak

Halodoc, Jakarta - Selain menggunakan produk-produk kecantikan, mengatasi kulit berminyak juga bisa lewat masker alami, lo. Beberapa orang pada dasarnya memang memiliki kelenjar sebasea (kelenjar yang memproduksi minyak di wajah) yang terlalu aktif dalam menghasilkan minyak. Alhasil, kulitnya akan lebih tampak berminyak dan mengilap. Kamu enggak perlu khawatir, kini ada kok cara sederhana untuk mengatasi wajah berminyak melalui masker alami di bawah ini:

1. Masker Pisang

Buah yang satu ini enggak hanya baik bagi jantung saja karena kandungan potasium yang terkandung di dalamnya. Pisang juga bisa  dimanfaatkan sebagai masker alami untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya mudah, ambilah satu buah pisang yang matang dan satu sendok makan madu serta jeruk.

Lalu, hancurkanlah pisang menggunakan blender atau cara manual dan tambahkan madu. Setelah itu, campurkan dengan beberapa tetes sari jeruk atau lemon. Selanjutnya, gunakanlah masker itu ke wajahmu dan biarkan kira-kira selama 15 menit. Langkah selanjutnya, bilaslah wajah dengan kain lembut yang telah dibasahi air dingin atau handuk hangat. Tak ada salahnya untuk menggunakan pelembap wajah bila memang diperlukan.

2. Masker Lumpur

Jangan salah sangka dulu, ternyata masker lumpur atau tanah liat juga mampu membersihkan pori-pori dan menyerap minyak, lo. Caranya juga simpel, pertama campurkan satu sendok makan lumpur atau clay (seperti bentonit yang bisa ditemukan di toko makanan alami) dan satu sendok makan witch hazel, lalu aduk hingga rata.

Kedua, oleskan masker yang sudah diaduk itu ke wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak lemon untuk mengontrol kelenjar minyak yang terlalu aktif. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan masker ini. Kata ahli, bila digunakan terlalu sering masker jenis ini bisa membuat kulit jadi terlalu kering.

3. Masker Pepaya

Buah yang satu ini enggak hanya baik untuk pencernaan saja, sebab  masker pepaya juga memiliki keistimewaan bagi kulit. Masker yang dikenal sebagai masker untuk segala jenis kulit ini ternyata baik digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Masker pepaya sangat efektif untuk menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit.

Kata ahli, kulit berminyak sendiri merupakan tipe kulit yang membutuhkan pengelupasan kulit. Nah, buah pepaya ini mengandung enzim yang bisa membantu proses pengelupasan tersebut. Tak cuma itu saja, masker pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit terlihat muda, mengencangkan kulit, bahkan mengurangi keriput di area wajah. Lalu, bagaimana sih cara menggunakan masker alami ini?

Caranya, haluskanlah pepaya matang ke dalam mangkuk. Sama seperti di atas, kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes sari lemon ke dalamnya. Lalu, oleskanlah ke bagian wajah dan leher.

4. Masker Tomat

Buah merah yang kecil ini banyak mengandung antioksidan likopen yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Menariknya lagi, kandungan vitamin C dan A dalam buah ini amat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Cara membuat maskernya pun cukup mudah.

Pertama, belahlah satu buah tomat menjadi dua. Kemudian, oleskan bagian dalam tomat (terutama airnya) ke seluruh wajah hingga merata dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bersihkan wajah menggunakan air dingin. Untuk hasil terbaik, lakukanlah perawatan ini sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.

5. Masker Yoghurt

Masker yoghurt diduga bisa membantu wajah untuk menyerap kelebihan minyak, membuka pori-pori, dan mengelupas kulit mati. Cara membuat masker yoghurt juga tak sulit kok. Pertama, oleskan satu sendok makan yoghurt tanpa rasa (plain yoghurt) ke seluruh permukaan wajah hingga rata. Kedua, biarkan dan diamkan masker tersebut selama 15 menit. Terakhir, bilaslah wajah menggunakan air dingin.

Bagaimana, apa kamu tertarik mencoba masker alam di atas?

Punya masalah kesehatan kulit wajah atau keluhan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: