28 December 2018

Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Halodoc, Jakarta - Pada dasarnya sih, stres dapat terjadi di mana saja, termasuk tempat kerja. Stres di tempat kerja ini amat mengganggu produktivitas karyawan, sehingga juga bisa berdampak bagi perusahaan. Sejatinya sih, tempat kerja yang baik dapat melindungi para karyawannya dari risiko mengalami masalah kesehatan kejiwaan.

Nah, omong-omong soal stres ini, apa saja faktor pemicu stres saat bekerja, ya?

1. Konflik dengan Rekan Kerja

Enggak sedikit orang yang merasa kalau dirinya tak mendapatkan rekan kerja yang cocok. Nah, ketidakcocokan dalam bekerja inilah yang rentan menimbulkan konflik antar pegawai. Pastinya, konflik yang berkelanjutan akan meningkatkan stres dan membuat pekerjaan jadi tak optimal. Solusinya, cobalah untuk tak membawa sentimen pribadi dalam menjalankan aktivitas kerja di kantor.

2. Tak Bisa Menahan Emosi

Meski pikiran semrawut, tapi cobalah untuk tetap menjaga emosi diri. Sebab, faktor pemicu stres saat bekerja juga bisa dikarenakan hal ini. Jangan sampai kemarahan ini menyebar di kantor dan diperlihatkan pada rekan atau atasan. Bila dirimu tak bisa menstabilkan emosi dengan baik, tandanya bahwa dirimu sedang dilanda stres. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang bisa membuatmu lebih tenang. Misalnya, mendengarkan musik atau berselancar di situs yang bisa membuatmu tertawa. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi stres.

Baca juga: Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh

3. Tumpukan Pekerjaan

Datangnya tugas-tugas baru di saat tugas lainnya belum rampung, kerap kali membuat para karyawan kewalahan. Bila terjadi berkelanjutan, maka beban atau tumpukan pekerjaan ini barang pasti dapat memicu stres. Solusinya, cobalah prioritaskan pekerjaan mana yang sebaiknya dirampungkan terlebih dahulu.

4. Notifikasi di Luar Jam Kantor

Faktor pemicu stres saat bekerja juga bisa karena hal yang terbilang sepele ini. Sebab, siapa sih yang kepingin mendapatkan notifikasi pekerjaan di luar jam kantor? Misalnya, di malam hari, hari libur, atau bahkan saat sedang berlibur. Namun, untuk seseorang yang posisinya sebagai staf atau karyawan, kadang kala merasa tidak enak untuk mengabaikan pesan dari atasannya. Apalagi bila berisi tentang hal yang penting. Jangan salah, hal kecil inilah yang bisa merusak mood, bahkan memicu stres.

5. Masalah Personal

Ingat, enggak selamanya stres bersumber dari pekerjaan di kantor. Faktor pemicu stres saat bekerja juga bisa karena faktor eksternal yang memicu gangguan pikiran. Masalah personal, seperti dengan keluarga, teman, ataupun pasangan, dapat memberikan tekanan-tekanan pada pikiran, sehingga membuat produktivitas jadi terhambat.

Baca juga: Stres Karena Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

6. Lingkungan Pekerjaan

Kadang kala atasan atau rekan kerja yang tak mendukung atau kompetisi internal bisa membuat lingkungan kerja jadi tak nyaman. Sebab, adanya tekanan yang tidak sesuai dengan kapasitas dari karyawan, memang terbukti dapat menimbulkan stres di kantor.

Tips Meminimalkan Stres di Kantor

  1. Datang lebih awal. Kepadatan lalu lintas pastinya membuat pikiran kita jadi semrawut. Ujung-ujungnya tentu dapat memicu stres. Nah, untuk menghindari hal ini sebenarnya mudah saja. Kita bisa berangkat lebih awal agar tidak terjebak kemacetan.

  2. Prioritaskan tugas. Memang enggak mudah untuk menyelesaikan tugas kita dalam satu waktu. Apalagi bila banyak tugas yang harus dikerjakan saat waktu makin menipis. Hal inilah yang ujung-ujungnya dapat memicu stres. Namun, kita bisa menyiasatinya dengan memprioritaskan sebuah tugas. Misalnya, mulai mengerjakan tugas dari yang terpenting. Dengan begitu, kita dapat fokus pada suatu tugas dan manajemen waktu jadi lebih baik.

Baca juga: 5 Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja

  1. Istirahat. Saat pekerjaan semakin membuat kewalahan, cobalah ambil langkah untuk menjauh dari meja kerja. Ingat, menjauh di sini bukannya untuk melarikan diri dari tanggung jawab, tapi udah memulihkan energi kembali. Cobalah berjalan keluar untuk menghirup udara segar. Mengambil waktu istirahat akan memulihkan pikiran dan membantu kita untuk mengerjakan tugas dengan lebih baik.

  2. Rutin berolahraga. Salah satu cara terampuh untuk mengurangi stres adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan konsentrasi dan kognitif otak. Selain itu, aktif secara fisik juga amat efektif untuk mengurangi kelelahan.

Mau tahu penyebab atau tips lainnya untuk menghadapi stres di kantor? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada psikolog melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!