03 October 2018

Inilah 8 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak

inilah 8 manfaat yoga untuk anak anak

Halodoc, Jakarta – Enggak hanya orang dewasa saja yang bisa stres, anak-anak pun juga bisa terserang perasaan negatif tersebut. Sulitnya pelajaran di sekolah dan banyaknya pekerjaan rumah adalah beberapa hal yang bisa memicu anak lama-kelamaan menjadi stres. Anak yang stres jangan dibiarkan begitu saja. Ada satu cara yang cukup efektif untuk mengusir rasa stres Si Kecil, yaitu dengan mengajaknya untuk melakukan yoga. Olahraga ini enggak hanya bermanfaat untuk kesehatan mental dan pikiran anak saja lho, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya.

Yoga sudah dikenal sebagai salah satu olahraga yang bisa mendatangkan banyak manfaat untuk orang dewasa. Selain itu, ternyata olahraga yang menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa ini juga baik untuk dilakukan oleh anak-anak lho. Apalagi anak-anak jaman now selalu disibukkan dengan segudang aktivitas yang cukup padat. Mulai dari sekolah, ekstrakurikuler, kursus, sampai pekerjaan rumah. Nah, semua kegiatan tersebut bisa membuat anak lelah bahkan stres. Yoga bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk melepas stres. Jadi, jangan ragu untuk mengikutsertakan Si Kecil dalam kelas yoga ya, sebab banyak sekali manfaat yoga untuk kesehatan anak.

Manfaat Yoga untuk Fisik Anak

  1. Meningkatkan kekuatan otot, membuat tubuh kuat, lentur, dan rileks.
  2. Mengembangkan tulang punggung dan sistem saraf pusat serta meningkatkan koordinasi tubuh.
  3. Memperdalam napas, sehingga anak bisa mendapatkan asupan oksigen yang lebih banyak. Nah, semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh, kinerja organ dapat berjalan semakin lancar, konsentrasi meningkat dan pikiran anak pun menjadi lebih tenang.
  4. Menyeimbangkan produksi hormon dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga anak pun menjadi lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Manfaat Yoga untuk Mental Anak

  1. Memperbaiki suasana hati anak, meningkatkan rasa percaya dirinya, serta kemampuan untuk berekspresi, sehingga anak juga dapat mengembangkan minat dan bakatnya secara optimal.
  2. Mengasah daya imajinasi dan empati anak. Hal ini karena banyak pose-pose yoga yang memakai nama hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya yang terdapat di alam. Dengan melakukan cobra pose misalnya, anak dapat sambil membayangkan bentuk hewan aslinya, sehingga hal ini dapat membuat daya imajinasi mereka semakin berkembang.
  3. Melatih anak-anak untuk memiliki disiplin diri. Si Kecil tidak boleh melakukan gerakan yoga dengan main-main, misalnya sambil bergoyang-goyang. Latihan yoga menuntut setiap gerakan dilakukan dengan penuh konsentrasi dan hati-hati, menahan beberapa pose, dan melakukan teknik napas dengan baik. Dengan demikian, anak pun dapat belajar untuk disiplin dan serius dalam melakukan sesuatu.
  4. Mempererat hubungan dengan orang terdekat. Berlatih yoga bersama juga bisa menjadi cara bagi ibu untuk mempererat hubungan dengan anak lho. Ibu bisa bersenang-senang bersama anak saat melakukan berbagai macam pose yoga.

Yoga untuk Anak-anak

Si Kecil sudah bisa diikutsertakan kelas yoga sejak umur empat tahun sebab memang manfaat yoga juga bisa dirasakan si kecil. Namun, berbeda dari kelas yoga orang dewasa, kelas yoga untuk anak-anak dibuat sekreatif mungkin dengan permainan yang atraktif agar anak-anak juga lebih tertarik dan senang melakukan yoga. Pada kelas yoga khusus anak-anak, pose-pose yoga diajarkan dengan metode story telling (mendongeng). Jadi, misalnya ketika bercerita tentang kebun binatang, anak-anak diajarkan untuk melakukan pose, seperti pohon, anjing, macan, dan ular cobra. Latihannya pun didukung dengan iringan musik yang sesuai dengan jalan cerita.

Anak-anak juga tidak dituntut untuk melakukan pose yoga dengan sempurna karena struktur tulangnya masih belum kuat untuk melakukan pose sebagaimana mestinya. Pose yang sempurna baru akan diajarkan pada usia sembilan tahun ke atas, ketika tubuhnya sudah lebih kuat dan siap. Anak-anak disarankan untuk berlatih yoga sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu. Bagi anak berusia 4–8 tahun, sekali latihan cukup 30 menit saja untuk bisa merasakan manfaat yoga yang sangat luar biasa.

Bila anak sakit, gunakan saja Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: