24 July 2018

Inilah Banyaknya Kalori dalam Sebungkus Nasi Padang

 kalori nasi padang, kalori nasi rendang, kalori masakan padang, kalori ayam pop, kebutuhan kalori harian, makanan penurun kolesterol, makanan untuk menurunkan kolesterol

Halodoc, Jakarta - Lezatnya masakan Padang tak hanya diakui oleh orang Indonesia, tapi juga pencinta kuliner mancanegara. Rendang termasuk ke dalam salah satu masakan paling lezat di seluruh dunia. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, rendang dan menu masakan Padang tersaji di restoran mewah sebagai menu andalan. Namun, khusus di Indonesia, rumah makan Padang tersaji di hampir semua daerah. Sampai-sampai nasi Padang menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia.

Baca juga: Cek Kalori Jajanan Favorit Orang Indonesia yang Super Nagih

Sayangnya, banyak beredar informasi kalau sebungkus nasi Padang itu enggak sehat karena tinggi kalori serta kolesterol. Bener enggak sih? Sebelum kita bahas kalori nasi Padang lebih detail, kita perlu tahu dulu patokan kebutuhan kalori harian.

Kebutuhan Kalori Harian

Kebutuhan kalori harian setiap orang tidak selalu sama persis. Faktor yang membedakannya antara lain adalah jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, dan tentunya intensitas aktivitas fisik harian. Berikut pembagian kebutuhan kalori harian rata-rata:

  • Pria dewasa: 2.500 kalori
  • Wanita dewasa: 2.000 kalori
  • Anak-anak (laki-laki dan perempuan): 1.000-2.000 kalori
  • Remaja (laki-laki dan perempuan): 1.400-3.200 kalori

Nutrisi dan Kalori Nasi Padang

Nah, sekarang bagaimana dengan jumlah kalori nasi Padang? Mengingat ada berbagai jenis menu masakan Padang, kita bisa mengambil contoh dari dua menu yang paling populer, yaitu nasi rendang dan nasi Padang ayam pop.

Biasanya, sebungkus nasi rendang juga ditemani oleh sayur nangka kuah santan, daun singkong rebus, dan sambal hijau. Nah, sebungkus nasi rendang punya total 664 kalori. Penyumbang kalori terbesar adalah protein dan karbohidrat, yaitu masing-masing 70 gram. Kemudian jumlah lemak mencapai 15 gram.

Baca juga: Daging Kambing vs Daging Sapi, Mana yang Lebih Sehat?

Meskipun jumlahnya paling kecil di antara karbohidrat dan protein, lemak masih tetap menyumbang kadar kolesterol tinggi. Ini karena lemak yang terkandung dalam rendang dan sayur nangka kuah santan merupakan lemak jahat, alias low density lipoprotein (LDL). Makin sering dipanaskan, makin tinggi lemak jahatnya.

Selain rendang, ada pula nasi Padang ayam pop yang ternyata memiliki total kalori lebih tinggi dari nasi rendang, yaitu 838 kalori. Selain dilengkapi dengan sayur nangka kuah santan, daun singkong, dan sambal, nasi Padang ayam pop juga dilengkapi dengan perkedel. Nah, perkedel bisa menambah ekstra karbohidrat ke dalam satu porsi nasi Padang yang kamu santap.

Kalau kamu ingin mengurangi kalori dari kedua menu andalan rumah makan Padang tadi, kamu bisa mengurangi porsi nasi dan perkedel. Ingin lebih sehat lagi? Kurangi porsi sayur-sayuran dengan kuah santai. Meski judulnya “sayur”, menu sayuran di rumah makan padang tidak sesehat sayur pada gado-gado, misalnya. Ini karena proses memasak sayur nangka yang dipanaskan dalam waktu lama dan berulang-ulang bisa menghilangkan nutrisinya. Campuran santan juga malah menambah tingkat kolesterol pada sayur nangka.

Makanan Penurun Kolesterol

Setelah mengetahui kalau masakan padang tinggi kolesterol, apakah itu artinya kita enggak boleh makan masakan padang? Tentu saja enggak. Namun, kita perlu membatasi frekuensinya. Selain itu, kita juga perlu mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol setelah makan nasi padang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Jeruk nipis, mangga, strawberry dan buah kaya vitamin C. Buah-buahan ini kaya akan pectin, yaitu jenis serat larut yang bisa menurunkan kadar LDL.
  • Oatmeal dan makanan berbahan dasar gandum yang tinggi kadar serat larut.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, mete, almond, walnut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

Jika kamu makan nasi Padang di siang hari, cobalah makan semangkuk oatmeal dicampur dengan strawberry dan kacang mete. Lebih sering, lebih baik.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui diagnosis awal. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tentang keluhan yang kamu alami, tanpa perlu ke luar rumah. Kamu juga bisa membeli obat dan vitamin lewat Halodoc, lho! Pesanan kamu akan dikirim ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!