14 September 2018

Kapur Sirih dan Daun Sirih, Kenali Manfaatnya

 manfaat kapur sirih,manfaat daun sirih

Halodoc, Jakarta – Sejak zaman dahulu, para orangtua selalu percaya bahwa menggunakan kapur sirih yang ditambahkan buah pinang lalu dikunyah setiap hari, bermanfaat untuk menguatkan dan memutihkan gigi. Bahkan hingga kini, kapur sirih masih digunakan sebagai pemutih selangkangan ibu hamil yang mengalami pigmentasi. Namun, perlu diketahui bahwa kapur sirih memiliki kandungan senyawa yang berbahaya bagi kesehatan, jika digunakan dengan cara yang tidak tepat.

Secara medis, belum diketahui apakah kapur sirih benar-benar memiliki manfaat. Kalsium hidroksida pada kapur sirih mempunyai rumusan kimia akurat berupa Ca (OH)2. Kalsium tersebut diproduksi karena adanya reaksi dari kalsium oksida (CO) yang dilarutkan dalam air. Ketika berinteraksi dengan air, kalsium hidroksida dapat membentuk kristal dan mengalami pengendapan.

Sebaliknya, kapur sirih sebenarnya justru membawa bahaya bagi tubuh. Sejumlah bahaya yang perlu diwaspadai dari kapur sirih di antaranya:

  1. Memicu munculnya kanker lidah.
  2. Memicu sariawan.
  3. Tumbuhnya tahi lalat semakin memburuk.
  4. Menyebabkan dehidrasi.
  5. Menyebabkan kelainan pada kromosom janin.
  6. Rambut rontok secara berlebihan.
  7. Memicu diare akut.
  8. Mengganggu pencernaan.

Berbeda dengan Daun Sirih

Perlu diketahui bahwa kapur sirih berbeda dengan daun sirih. Daun sirih bermanfaat untuk kesehatan, sedangkan kapur sirih tidak.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih mengandung kalori dan lemak yang rendah. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1 persen lemak.

Kandungan daun sirih lainnya yaitu:

  1. Protein: 3 persen per 100 gram.
  2. Lodin: 3,4 mcg per 100 gram.
  3. Sodium: 1,1-4,6 persen per 100 gram.
  4. Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram.
  5. Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram.
  6. Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram.
  7. Asam nikotinat: 0,63-0,89 miligram per 100 gram.

Manfaat Daun Sirih

1. Menurunkan Gula Darah

Sebuah penelitian melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga mampu melindungi kesehatan hati.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak memiliki efek samping apa pun yang perlu dikhawatirkan.

2. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi. Dalam tubuh, antioksidan eugenol bekerja melawan radikal bebas pemicu stress oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih terkait hal ini adalah menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi lemak total dalam darah.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat lain daun sirih adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Ini masih ada kaitannya dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

4. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri akibat makanan yang dikonsumsi. Mengunyah daun atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

5. Mengobati Mimisan

Kamu tentu sudah akrab dengan manfaat daun sirih yang satu ini sejak kecil dulu. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan cara daun ini menyembuhkan luka bakar. Antioksidan Tanin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat, dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Itulah beberapa manfaat dari daun sirih yang perlu kamu ketahui. Namun, jika kamu masih belum yakin, tidak ada salahnya untuk mendiskusikannya dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa berdiskusi tanpa harus keluar rumah melalui aplikasi Halodoc. Sebab komunikasi bisa dilakukan dengan cara Chat atau Voice Call/Video Call. Yuk, jangan ragu untuk download aplikasinya sekarang!

Baca juga: