Ini Manfaat Tersembunyi Daun Jambu Biji

daun jambu biji
DIET & NUTRISI 31 August 2018

Halodoc, Jakarta - Salah satu buah yang sudah dikenal kaya manfaat adalah jambu biji. Rasanya yang manis menjadikan buah ini cocok untuk diolah menjadi jus segar pelepas dahaga. Namun tidak hanya buah jambu biji yang memiliki manfaat, daun jambu biji juga telah dikenal luas memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan penyakit dan merawat kesehatan.

Daun jambu biji memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, antioksidan, flavonoid, serta sifatnya yang anti-inflamasi. Kini kamu pun dapat memperoleh manfaat daun jambu biji tersebut melalui teh atau kapsul. Nah, berikut ini manfaat yang akan kamu peroleh saat mengonsumsi daun jambu biji:

  1. Mengatasi Demam Berdarah

Saat terserang demam berdarah, maka tubuh akan mengalami penurunan kadar trombosit di dalam darah. Apabila tidak segera diatasi, demam berdarah dapat menyebabkan kematian. Nah, dengan mengonsumsi daun jambu biji olahan atau direbus ini, ternyata kadar trombosit akan meningkat sehingga pengidap demam berdarah akan cepat sembuh.

  1. Mencegah Diare

Daun jambu biji adalah obat alami ampuh untuk mencegah terjadinya diare. Daun jambu biji yang sudah direbus ke dalam air mendidih diyakini mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare. Untuk memaksimalkan khasiatnya, alangkah lebih baik jika air rebusan tersebut diminum saat perut kosong.

  1. Mengobati Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronkus di saluran pernapasan. Nah, dengan meminum daun jambu biji, maka lendir akan menjadi lebih longgar, sehingga bronkitis akan sembuh secara alami.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang terlalu tinggi dapat membahayakan kesehatan seperti penyakit jantung dan darah tinggi. Air saringan jambu biji yang kamu konsumsi setidaknya selama delapan minggu berturut-turut akan menurunkan kolesterol, sehingga kamu terhindar dari bermacam penyakit berbahaya.

  1. Mengobati Sariawan dan Sakit Gigi

Mengunyah jambu biji mentah-mentah ternyata ampuh mengobati sariawan dan sakit gigi. Ini dapat terjadi karena daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, sehingga masalah sariawan dan sakit gigi dapat teratasi. Namun, pastikan untuk tidak menelan daun jambu biji tersebut, ya!

  1. Mencegah Kanker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun jambu biji sangat kaya akan antioksidan dan flavonoid yang merupakan zat pencegah kanker terutama kanker payudara, prostat, dan mulut.

  1. Mencegah Obesitas

Berat badan yang berlebihan memang membuat kesehatan memburuk. Daripada repot mencari cara menurunkan berat badan, kamu dapat mengonsumsi sari daun jambu biji karena daun jambu biji ini akan mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula.

  1. Mengobati Masalah pada Usus dan Lambung

Masalah yang terjadi pada usus dan lambung bukan sesuatu yang bisa kamu anggap sepele. Dengan meminum rebusan air daun jambu biji, maka produksi lendir di dalam sistem pencernaan berkurang, sehingga mencegah iritasi. Ramuan ini juga ampuh mencegah pertumbuhan mikroba, sehingga perut akan menjadi semakin sehat.

Nah, tadi sudah disebutkan beragam manfaat daun jambu biji. Setelah ini, pastikan agar kamu agar selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari, ya! Jika mengalami masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi dokter untuk membahas masalah kesehatan melalui Voice/Video Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Baca juga:


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Masih bingung dengan tipe kepribadian? Berikut pengertian introvert, ekstrovert, dan ambivert. ...

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Luka memar memang mengganggu penampilan kamu. Simak tips agar luka memar dapat hilang secara cepat!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

17 September 2018

Stretch mark adalah kondisi wajar pada ibu hamil, namun kemunculannya bisa dicegah atau diminimalisir....

Selengkapnya