10 November 2018

Kelainan Katup Jantung Berujung Kematian, Benarkah?

Kelainan Katup Jantung Berujung Kematian, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Kelainan atau gangguan pada salah satu atau lebih dari keempat katup jantung merupakan kondisi yang memicu seseorang mengalami penyakit katup jantung. kelainan ini menyebabkan darah sulit mengalir ke ruang atau pembuluh darah selanjutnya ataupun sebaliknya.

Sederhananya, kelainan katup jantung bisa menyebabkan aliran darah yang berasal dari jantung, baik di antara ruangan jantung atau dari jantung keluar ke pembuluh darah menjadi terganggu. Katup jantung atau klep jantung adalah organ yang bertugas menjadi “gerbang” yang terdapat di jantung. Fungsinya untuk menjaga aliran darah pada bagian tersebut mengalir dengan benar, seperti sebagaimana seharusnya.

Di dalam tubuh manusia, terdapat empat katup jantung yang berada di tempat berbeda. Katup trikuspid, yaitu katup yang berada di antara serambi (atrium) kanan dengan bilik (ventrikel) kanan. Ada juga katup mitral yang berada di antara serambi kiri dan bilik kiri, katup pulmonal terletak di antara bilik kanan dengan pembuluh darah paru-paru, dan yang keempat adalah katup aorta. Letak katup aorta ada di antara bilik kiri dengan pembuluh darah arteri besar (aorta).

Saat salah satu, atau beberapa katup mengalami kelainan, seluruh proses aliran darah dalam tubuh pun akan terganggu. Termasuk aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Lantas, benarkah penyakit ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi fatal yang berujung pada kematian?

Komplikasi Kelainan Katup Jantung, Bisa Sebabkan Kematian?

Penyakit katup jantung dibagi menjadi dua jenis, yaitu penyakit yang muncul sejak bayi alias penyakit bawaan dan kelainan yang didapat saat dewasa. Hingga kini, masih belum diketahui apa penyebab penyakit katup jantung yang muncul sejak lahir.

Kelainan katup jantung masuk dalam kategori penyakit jantung sehingga ada kemungkinan kondisi ini akan memicu terjadinya berbagai komplikasi penyakit jantung. Mulai dari gagal jantung yang merupakan komplikasi paling umum dari penyakit jantung. Kondisi ini terjadi karena jantung sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan aliran darah tubuh.

Penyakit jantung juga bisa menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal, yaitu serangan jantung. Kondisi ini terjadi karena kematian sel jantung saat organ tersebut tidak mendapat asupan darah yang cukup. Meski demikian, serangan jantung paling sering dipicu oleh arteri jantung yang mengalami penyempitan akibat penumpukan kolesterol atau aterosklerosis.

Penyakit jantung sangat mungkin memicu komplikasi yang bisa berujung pada kematian tubuh. Pasalnya, kerusakan pada organ ini bisa menyebabkan terjadinya henti jantung, yaitu kondisi yang menyebabkan jantung berdetak secara tiba-tiba dan menyebabkan gangguan pernapasan. Alhasil, pengidapnya mungkin akan kehilangan kesadaran akibat gangguan irama jantung. Jika tidak ditangani segera, kondisi ini bisa menyebabkan kematian mendadak.

Jadi, apakah kelainan katup jantung bisa memicu kematian? Bisa saja! Kendati demikian, kamu bisa mencegah dan menghambat penyakit ini bertambah parah. Meski tidak ada obat-obatan yang dapat mengobati penyakit katup jantung, tapi menerapkan gaya hidup sehat bisa menjadi pilihan.

Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi kunci berdamai dan mencegah kelainan katup jantung semakin buruk. Namun jika merasa gejala yang mengganggu, segera temui dokter untuk mendapat penanganan medis segera.

Jaga selalu kesehatan dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan lengkapi dengan konsumsi vitamin atau suplemen khusus. Jika sudah punya resep, kamu bisa beli obat dan suplemen di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: