Kenali Penyebab Utama dari Kondisi Ulkus Kornea

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kenali Penyebab Utama dari Kondisi Ulkus Kornea

Halodoc, Jakarta – Mata sehat ditandai dengan penglihatan yang jernih, bersih, dan membuat nyaman tubuhmu. Untuk itu, menjaga kesehatan mata menjadi kebiasaan yang cukup penting untuk dilakukan. Mata adalah salah satu indra yang penting dan memiliki fungsi yang cukup vital untuk kehidupan. 

Baca juga: Cedera Mata Sebabkan Ulkus Kornea, Ini Alasannya

Ada berbagai macam gangguan kesehatan yang menyerang mata akibat kurangnya nutrisi maupun vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya adalah penyakit ulkus kornea. 

Ketahui Penyebab Utama dari Ulkus Kornea

Ulkus kornea adalah gangguan kesehatan mata ketika terdapat luka pada bagian kornea yang diakibatkan oleh infeksi. Ketahui penyebab utama dari penyakit ulkus kornea agar kamu menghindari faktor yang meningkatkan risiko penyakit ulkus kornea. Faktor penyebab terjadinya ulkus kornea, yaitu sebagai berikut.

1. Infeksi Virus

Ulkus kornea dapat terjadi akibat paparan virus herpes simplex pada bagian mata. Infeksi virus ini dapat meningkat ketika seseorang memiliki tingkat stres yang cukup tinggi, kekebalan tubuh yang menurun atau tidak optimal dan paparan sinar matahari langsung pada mata. Tidak hanya herpes simplex, ulkus kornea juga dapat disebabkan oleh virus varicella.

2. Infeksi Bakteri

Selain virus, paparan bakteri dapat menyebabkan seseorang mengalami ulkus kornea. Umumnya, infeksi bakteri disebabkan penggunaan lensa kontak yang terlalu lama. Selain penggunaan lensa kontak yang lama, kurangnya menjaga kebersihan tangan dan lingkungan ketika menggunakan lensa kontak juga dapat menyebabkan ulkus kornea.

3. Infeksi Jamur

Kondisi ulkus kornea yang disebabkan jamur adalah kondisi yang paling jarang terjadi. Infeksi jamur pada mata dapat terjadi ketika seseorang mengalami cedera mata yang disebabkan kondisi organik, misalnya mata yang terluka karena ranting tanaman.

Baca juga: Cara Jaga Kesehatan Mata untuk Cegah dari Ulkus Kornea

4. Infeksi Parasit

Infeksi parasit acanthamoeba adalah salah satu parasit yang menyebabkan seseorang mengalami ulkus kornea. Parasit ini dapat hidup di air dan juga tanah. Hindari air yang kotor untuk mencuci muka atau mencuci tangan.

5. Kekurangan Vitamin A

Mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh menjadi hal yang cukup penting. Ulkus kornea nyatanya dapat dialami oleh orang yang mengalami kekurangan vitamin A dalam tubuhnya. 

6. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering yang tidak diatasi dapat menyebabkan ulkus kornea. Sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk hindari sindrom mata kering.

Inilah Gejala dari Ulkus Kornea

Ulkus kornea dapat dikenali dengan munculnya beberapa gejala pada pengidap ulkus kornea, seperti salah satunya terdapat bintik putih yang muncul pada kornea mata. Tidak hanya itu, pengidap ulkus kornea kerap mengalami mata yang menjadi gatal dan berair. Terkadang kelopak mata sedikit mengalami pembengkakan.

Pengidap ulkus kornea rentan mengalami gangguan pada penglihatan seperti pandangan yang mulai kabur. Mata terasa nyeri dan seperti ada sesuatu yang mengganjal. Kebanyakan, pengidap ulkus kornea akan mengalami fotofobia atau mata yang lebih sensitif terhadap cahaya.

Kondisi ini harus ditangani dengan segera. Tidak ada salahnya untuk memastikan kondisi kesehatan mata dengan melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang dialami.

Baca juga: Ketahui Cara untuk Diagnosis Ulkus Kornea

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan ketika kamu menyentuh area sekitar mata atau wajah. Perhatikan kebersihan lensa kontak yang kamu gunakan setiap harinya. Jangan lupa pula untuk perbanyak konsumsi makanan yang dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan mata.

Referensi:
Healthline ( Diakses pada 2019). Corneal Ulcer
WebMD (Diakses pada 2019). Corneal Ulcer