Kenali Tanda-Tanda Mengidap Gangguan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Kenali Tanda-Tanda Mengidap Gangguan Jiwa

Halodoc, JakartaGangguan jiwa alias sakit jiwa sering disalahartikan dan dipandang sebelah mata. Bahkan, ada yang menganggap kondisi ini sebagai sebuah hal yang memalukan. Padahal, kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan mental yang pada akhirnya berkembang menjadi penyakit mental. Ada banyak jenis sakit jiwa, mulai dari kecanduan obat hingga gangguan kepribadian. 

Tidak ada yang memalukan dari sakit jiwa. Kondisi ini terjadi karena adanya gangguan mental yang berdampak pada suasana hati alias mood, pola pikir, hingga perilaku secara umum. Ada beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa seseorang mengidap sakit jiwa. Gejala gangguan jiwa yang dialami umumnya akan membuat seseorang merasa tertekan dan tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara normal. 

Baca juga: 4 Gangguan Mental yang Terjadi Tanpa Disadari

Mengenal Tanda Seseorang Mengidap Gangguan Jiwa 

Gangguan jiwa bisa terjadi pada siapa saja, tetapi risiko meningkat pada orang yang sedang mengalami tekanan atau stres yang tidak ditangani dengan baik. Selain itu, ada faktor lain yang juga disebut berpengaruh. Penyakit jiwa disebut bisa menyerang akibat faktor genetik, faktor lingkungan sekitar, atau perpaduan dari berbagai faktor yang ada. Gangguan jiwa juga bisa terjadi akibat kejadian traumatis, penggunaan obat-obatan terlarang, serta mengalami penyakit kronis. 

Ada banyak kondisi yang bisa dikategorikan sebagai sakit jiwa. Seseorang bisa dikatakan mengidap gangguan jiwa jika mengalami kondisi, seperti gangguan kecemasan, gangguan kepribadian, gangguan afektif atau mood, sulit mengontrol keinginan, gangguan psikosis, gangguan pola makan, OCD, gangguan seksual dan gender, gangguan disosiatif, dan lainnya. Gangguan jiwa juga bisa terjadi karena gangguan di otak, seperti demensia, Alzheimer, serta gangguan tidur. 

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda seseorang mungkin mengalami gangguan jiwa. 

  • Perubahan Kepribadian 

Perubahan kepribadian pada seseorang bisa menjadi tanda awal gangguan jiwa. Orang yang mengalami kondisi ini bisa bertindak dan berperilaku berbeda. Umumnya, perubahan yang terjadi menyebabkan orang tersebut melakukan hal-hal yang tidak biasa dan terbilang aneh. Malahan, perubahan perilaku yang ditunjukkan kerap tidak masuk akal. 

  • Menarik Diri 

Gangguan jiwa juga bisa menyebabkan pengidapnya menarik diri dari pergaulan atau lingkungan sosial. Hal ini terjadi karena pengidap gangguan ini cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Selain itu, orang yang mengidap penyakit jiwa juga akan kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya mungkin dia sukai. 

Baca juga: Ini 7 Alasan Lansia Kerap Mengalami Gangguan Jiwa

  • Perubahan Suasana Hati 

Pengidap penyakit jiwa rentan mengalami perubahan suasana hati secara mendadak dan tidak menentu. Orang dengan kondisi ini bisa tiba-tiba merasa marah, menangis, tertawa, bahkan menyakiti diri sendiri. Perubahan suasana ini terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. 

  • Tidak Merawat Diri 

Penampilan fisik seseorang ternyata juga bisa menandakan penyakit jiwa. Jika sebelumnya seseorang dikenal bersih dan rapi, hal sebaliknya bisa terjadi saat ia mengidap penyakit jiwa. Gangguan jiwa bisa menyebabkan seseorang mengabaikan kebersihan diri sendiri, makan sembarangan, hingga mengonsumsi minuman beralkohol. 

  • Putus Asa

Mudah menyerah dan putus asa bisa menjadi tanda awal seseorang mengidap gangguan jiwa. Kebanyakan pengidap kondisi ini berpikir bahwa hidup berjalan sulit dan tidak ada kesempatan untuk memperbaikinya. 

Baca juga: Kejadian Traumatis Picu Gangguan Jiwa, Ini Penyebabnya

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

 

Referensi:
Psychiatry. Diakses pada 2019.  Warning Signs of Mental Illness.
Psychology Today. Diakses pada 2019. 5 Warning Signs of Mental Health Risk.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Mental illness,