8 Penyakit Kuku Tangan dan Kaki yang tak Dapat Disepelekan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Februari 2023

“Ada beberapa penyakit kuku tangan dan kaki yang bisa menjadi pertanda masalah kesehatan serius, sehingga tidak boleh diabaikan. Beberapa di antaranya juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan, sehingga perlu diatasi segera.”

8 Penyakit Kuku Tangan dan Kaki yang tak Dapat Disepelekan8 Penyakit Kuku Tangan dan Kaki yang tak Dapat Disepelekan

Halodoc, Jakarta – Banyak orang seringkali tidak terlalu mempedulikan kesehatan kuku kaki dan tangan. Padahal perubahan atau masalah yang terjadi pada bagian tubuh tersebut bisa menunjukkan kondisi kesehatan kamu secara keseluruhan. 

Ada banyak masalah atau penyakit kuku tangan dan kaki yang bisa terjadi. Kebanyakan memang bukan masalah serius dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ada juga beberapa yang perubahan atau masalah pada kuku yang tidak boleh disepelekan dan perlu diatasi secepatnya.

Penyakit Kuku Tangan dan Kaki yang Tidak Boleh Diabaikan

Berikut penyakit kuku tangan dan kaki yang tidak boleh disepelekan:

1. Nail pitting

Nail pitting adalah kondisi munculnya gelombang atau lekukan di permukaan kuku, bisa di kuku tangan maupun kaki.

Kondisi ini seringkali terjadi pada pengidap psoriasis, yaitu masalah kesehatan yang ditandai dengan bercak bersisik pada kulit.

Namun, nail pitting juga bisa dikaitkan dengan gangguan jaringan ikat, seperti sindrom Reiter dan alopecia areata. 

Selain gelombang di permukaan kuku, penyakit kuku ini juga bisa menyebabkan perubahan warna menjadi kuning, bahkan membuat kuku hancur dan terlepas. 

Karena itu, kamu tidak boleh menyepelekannya. Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab nail pitting sehingga bisa mendapat perawatan tepat.

2. Nail clubbing

Penyakit kuku yang satu ini ditandai dengan ujung jari membesar dan kuku melengkung di sekitar ujung jari. Hal itu biasanya terjadi selama bertahun-tahun.

Nail clubbing kadang-kadang disebabkan oleh rendahnya oksigen dalam darah yang bisa menjadi pertanda berbagai jenis penyakit paru-paru.

Namun, kondisi tersebut juga dikaitkan dengan radang usus, penyakit kardiovaskular, penyakit hati dan AIDS.

3. Kuku sendok

Seperti namanya, kuku sendok atau koilonychia adalah kuku lunak yang menganga atau melekuk ke atas dan terlihat seperti sendok.

Lekukannya biasanya cukup besar hingga bisa menampung setetes carian.

Seringkali, kuku sendok merupakan tanda anemia defisiensi besi atau kondisi hati yang dikenal sebagai hemochromatosis. 

Ini adalah kondisi saat tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, kondisi kuku ini juga bisa dikaitkan dengan penyakit jantung dan hipotiroidisme.

4. Kuku Terry

Pada penyakit kuku Terry, hampir semua penampilan kuku tampak putih dengan pita merah muda sempit di ujungnya.

Kondisi kuku ini terkadang bisa dikaitkan dengan penuaan. Namun, dalam kasus lain, kuku Terry juga bisa menjadi tanda kondisi mendasar yang serius.

Misalnya, penyakit hati, gagal jantung kongestif, gagal ginjal atau diabetes.

5. Garis Beau

Garis beau adalah lekukan yang melintasi kuku secara horizontal. Lekukan ini bisa muncul saat pertumbuhan di area di bawah kutikula terganggu oleh cedera atau penyakit parah.

Kondisi yang terkait dengan garis Beau, termasuk diabetes yang tidak terkontrol dan penyakit pembuluh darah perifer.

Penyakit yang berhubungan dengan demam tinggi juga bisa menyebabkan kondisi ini, misalnya, demam berdarah, campak, gondok, dan pneumonia.

Penyakit kuku ini juga bisa menjadi tanda kekurangan seng.

6. Paronikia

Paronikia adalah infeksi yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di sekitar tepi bantalan kuku. Penyakit kuku ini bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu akut dan kronis.

Paronikia akut terjadi ketika ada infeksi akibat trauma langsung atau tidak langsung pada kutikula atau lipatan kuku. Sedangkan paronikia kronis seringkali merupakan akibat dari alergen atau iritan.

Infeksi kuku ini tidak hanya bisa membuat kuku bengkak dan memerah, tapi juga menimbulkan rasa nyeri dan kuku bisa terangkat dari bantalannya.

7. Infeksi jamur kuku

Ini adalah masalah kuku yang umum yang menyebabkan kuku menebal, berubah warna dan mudah patah.

Infeksi jamur kuku lebih sering terjadi di jari kaki daripada tangan. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari keringat, manikur dan pedikur di salon hingga kaki atlet. 

Meskipun biasanya tidak menyakitkan, infeksi ini bisa merusak penampilan kuku dan membuatnya rapuh atau retak. 

8. Kuku tumbuh ke dalam

Dikenal juga sebagai ingrown nail, penyakit kuku ini bisa menyebabkan rasa sakit dan bengkak, dan dalam beberapa kasus, bisa terinfeksi.

Untungnya, kuku yang tumbuh ke dalam bisa diatasi dengan merendam kaki dalam air hangat, mengonsumsi obat pereda nyeri, atau operasi.

Itulah berbagai penyakit kuku yang tidak boleh kamu sepelekan. Bila kamu mengalami salah satu dari masalah di atas, sebaiknya temui dokter agar bisa melakukan penanganan segera. 

Kamu bisa berobat ke dokter pilihanmu dan melakukan pemeriksaan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang juga! 

halodoc homelab
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Fingernails: Possible problems.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Nail diseases chart: Identification and remedies

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan