• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu merasa beberapa produk perawatan wajah sudah digunakan secara rutin namun tidak kunjung memberikan perubahan? Bukannya wajah cerah dan sehat yang seharusnya didapatkan, melainkan jerawat atau hal buruk lainnya. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya cek kembali apakah ada yang salah selama kamu melakukan perawatan wajah.

Selama menjalani aktivitas, kulit rentan mengalami kerusakan akibat sinar matahari, polusi, bahkan makeup yang kita kenakan. Agar wajah tetap cantik dan sehat, maka lakukan perawatan wajah dengan tepat. Berikut ini kesalahan perawatan wajah yang umum terjadi dan harus dihentikan, yaitu:

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Kulit dan Jerawat 

  • Terlalu Banyak Menggunakan Tisu Wajah

Tisu wajah adalah andalan banyak wanita untuk menghapus riasan wajah mereka. Namun, ini bukan hal yang sarankan. Tisu wajah hanya boleh digunakan untuk keadaan darurat, seperti saat tidak memiliki tenaga lagi untuk membersihkan wajah dengan benar. Mencuci dengan tisu wajah tidak dapat membuat kulit bersih sepenuhnya. Jadi, lakukan langkah membersihkan wajah yang seharusnya, yakni mencuci menggunakan sabun wajah, dan lakukan double cleansing dengan micellar water agar semua kotoran wajah terangkat. 

  • Tidak Menghapus Makeup Sebelum Berolahraga

Menghapus makeup ketika hendak berolahraga mungkin terlihat cukup merepotkan. Namun, ini adalah hal yang memang seharusnya kamu lakukan. Ingatkah terakhir kali maskara, eyeliner, dan eyeshadow mengenai mata akibat kucuran keringat? Pasti tidak nyaman, kan? Lebih buruk lagi, semua kotoran, riasan, dan keringat itu dapat terperangkap di pori-pori yang menyebabkan jerawat. Jadi, luangkan beberapa menit untuk mencuci wajah sebelum dan sesudah berolahraga. 

Baca juga: Cantik dalam Kesederhanaan, Ini Rahasia Artis Korea

  • Mencuci Wajah Terlalu Cepat

Anggaplah mencuci wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri dan bukan tugas sehingga kamu menyediakan waktu ekstra untuk melakukannya. Luangkan waktu untuk memijat sabun wajah dengan benar tanpa menggosoknya terlalu keras. Pastikan tidak ada yang tertinggal terutama di sekitar pelipis, dahi, dan leher. Jika kamu mempercepat mencuci wajah, maka hal ini bisa menjadi sia-sia karena wajah tidak bersih sepenuhnya. 

  • Tidak Memeriksa Kandungan Produk Perawatan Wajah

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah memeriksa kandungan pada produk perawatan wajah yang digunakan. Hal ini karena terdapat banyak bahan kimia yang dapat berbahaya. Ada salah satu bahan yang paling umum untuk dihindari, yaitu paraben. Paraben adalah bahan kimia (methylparabens, propylparabens, butylparabens, dan ethylparabens) yang digunakan sebagai pengawet di hampir semua produk perawatan kulit. Meski kandungan yang sedikit masih bisa dikatakan aman, tetapi penggunaannya yang berlebihan dikaitkan dengan kanker payudara dan gangguan hormon. Jika kamu ragu, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk perawatan wajahmu, lho!

  • Terlalu Banyak Melakukan Eksfoliasi atau Tidak Sama Sekali

Pengelupasan yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, peradangan dan bahkan infeksi. Di sisi lain, tidak melakukan pengelupasan kulit sama sekali bisa sebabkan kulit jadi kusam dan tersumbat sehingga rentan terhadap jerawat. Lakukan sekitar dua kali eksfoliasi selama satu minggu agar kulit lebih bersih dan terhindar dari komedo atau jerawat. 

  • Tidak Menggunakan Suhu Air yang Tepat

Tahukah kamu, bahwa suhu air juga memengaruhi hasil perawatan wajah kamu, lho. Jika kamu berpikir bahwa kulit berminyak hanya mendapat manfaat dari air panas, maka kamu salah besar. Air panas dapat menyebabkan iritasi, kulit kering, dan pembuluh darah pecah. Sebaiknya, pilih air dengan suhu yang tepat untuk mencuci wajah agar hasilnya dapat terlihat. 

Baca juga: Awas, Keseringan Facial Wajah Bisa Merusak Kulit

Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah bukan hal yang sulit dilakukan. Cara yang tepat membuat kamu akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika kamu masih butuh tips kesehatan dan kecantikan kulit, kamu bisa chat dokter spesialis kulit di Halodoc! Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan. 

Referensi:
Women's Health. Diakses pada 2020.  Skincare Mistakes You're Probably Making.
Pure Fiji. Diakses pada 2020. Common Skincare Mistakes and How to Fix Them.