Quadriplegia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Pengertian Quadriplegia 

Quadriplegia adalah kelumpuhan keempat tungkai dan badan yang disebabkan oleh penyakit ataupun cedera pada otak maupun saraf tulang belakang.

 

Gejala Quadriplegia 

Gejala quadriplegia yaitu ketidakmampuan secara fisik motorik pada anak maupun dewasa untuk melakukan gerakan tubuh menyebabkan ia membutuhkan layanan-layanan khusus, latihan dengan pola tertentu, peralatan-peralatan yang sesuai, dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu juga dapat ditemukan gejala penyerta pada anak seperti gangguan perkembangan fungsional, kesulitan belajar, gangguan emosional, kelainan berbicara dan berbahasa.

 

Penyebab dan Faktor Risiko Quadriplegia 

Terdapat beberapa penyebab quadriplegia, yang tersering pada anak adalah cerebral palsy dan hidrosefalus. Selain itu, penyebab lainnya adalah cedera pada bagian cervical dan infeksi pada otak seperti encephalitis. 

 

Diagnosis Quadriplegia 

Selain dari pemeriksaan fisik dan neurologis, diagnosis ditegakkan melalui pemeriksaan penunjang berupa EEG dan MRI kepala hingga saraf tulang belakang.

 

Pencegahan Quadriplegia 

Belum ada pencegahan spesifik untuk quadriplegia.

 

Penanganan Quadriplegia 

Penanganan yang dilakukan umumnya sesuai dengan etiologi, kemudian dilakukan juga fisioterapi secara bertahap. 

 

Kapan Harus ke Dokter?

Jika ditemukan gejala kelemahan terutama sejak 3 bulan awal kelahiran tau post trauma pada leher/kepala, segera periksakan ke dokter terdekat. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili kamu di sini.