Ketahui Pencegahan dan Penanganan Gangrene

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Pencegahan dan Penanganan Gangrene

Halodoc, Jakarta - Seseorang yang mengidap diabetes mempunyai kemungkinan juga mengalami gangrene, yaitu kematian jaringan tubuh karena tidak mendapat aliran darah. Hal ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tetapi lebih umum menyerang jari kaki, jari tangan, kaki, dan tangan. Gangrene terjadi akibat cedera, infeksi, atau penyakit jangka panjang yang dapat memengaruhi sirkulasi darah pada tubuh.

Gangrene dapat menyerang semua orang, terutama orang-orang yang belum lama mengalami cedera, sehingga merusak jaringan dan pembuluh darah. Walau begitu, orang-orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangrene adalah yang mempunyai kondisi kesehatan tertentu, yaitu penyakit yang memengaruhi peredaran darah pada tubuh.

Pencegahan Gangrene

Cara-cara untuk mencegah gangrene adalah:

  1. Perawatan Kaki

Jika kamu mengidap diabetes atau kondisi lainnya yang dapat menyebabkan aterosklerosis (pengerasan atau penebalan arteri), kamu harus berhati-hati supaya tidak mengalami gangrene. Untuk pengidap diabetes, kamu harus memeriksakan kesehatan kaki paling tidak setahun sekali. Namun, jika kamu mempunyai kelainan seperti mati rasa di tangan dan kaki, serta borok pada kaki, kamu harus melakukan pemeriksaan lebih dari sekali dalam setahun.

Cara untuk mencegah ulkus kaki diabetik dapat berkembang adalah:

  • Selalu periksa kaki kamu setiap hari. Apakah mengalami masalah, seperti mati rasa, perubahan warna pada kulit, nyeri, atau bengkak. Jika kamu mengalami salah satunya, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  • Selalu memakai alas kaki ketika keluar rumah dan pakai kaus kaki ketika menggunakan sepatu.

  • Cuci kaki dengan air hangat setiap hari, lalu keringkan seluruhnya.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan darah di dalam arteri menjadi tersumbat, sehingga menghentikan suplai darah ke lengan atau kaki kamu. Hal ini disebut dengan penyakit arteri perifer atau peripheral arterial disease (PAD). Maka dari itu, salah satu hal yang kamu harus lakukan agar tidak mengalami gangrene adalah dengan berhenti merokok.

  1. Hentikan Kebiasaan Meminum Alkohol

Meminum alkohol dengan jumlah yang berlebihan akan membuat tekanan darah pada seseorang meningkat dan juga meningkatkan kadar kolesterol pada darah. Semua orang disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit dalam seminggu. 14 unit itu setara dengan 6 liter bir atau 10 gelas kecil wine dengan kadar alkohol rendah.

  1. Olahraga Rutin

Dengan berolahraga secara teratur, dapat menjaga tekanan darah dan kolesterol pada taraf yang normal. Dengan begitu, pembuluh darah akan terhindar dari kerusakan. Aktivitas fisik dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan seseorang. Kamu dapat melakukan olahraga ringan, seperti jalan cepat, bersepeda, renang, dan tenis.

Penanganan Gangrene

Penanganan gangrene bisa dilakukan dengan pengangkatan jaringan yang terserang, mencegah atau mengobati infeksi yang terjadi, dan mengobati masalah yang membuat gangrene berkembang. Contohnya, apabila gangrene disebabkan oleh suplai darah yang buruk, operasi untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusak harus dilakukan.

Memotong Jaringan yang Mati

Operasi untuk memotong jaringan yang mati disebut dengan debridemen. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran gangrene, supaya jaringan sehat di sekitarnya tetap normal. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan terapi debridemen larva atau biosurgery. Jenis larva dari lalat tertentu dapat memakan jaringan yang mati dan terinfeksi, serta membiarkan jaringan yang sehat. Larva ini dapat melawan infeksi dengan melepaskan zat yang membunuh bakteri dan menstimulasi penyembuhan.

Larva tersebut ditempatkan pada luka dan ditutup dengan kain kasa, di bawah perban yang kencang, sehingga membuat larva tersebut tetap pada jaringan yang mati. Setelah beberapa hari, balutan akan dipotong dan larva tersebut dikeluarkan. Terapi ini diketahui memiliki hasil yang lebih efektif dibandingkan operasi debridemen. Meski begitu, banyak orang masih enggan untuk mencobanya.

Itu lah sedikit pembahasan mengenai cara pencegahan dan pengobatan gangrene. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangrene, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Kamu pun bisa membeli obat di Halodoc. Pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam!

Baca juga: