Ketahui Penyebab Kutil Muncul di Kulit Kepala

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ketahui Penyebab Kutil Muncul di Kulit Kepala

Halodoc, Jakarta - Kutil adalah penyakit kulit dengan gejala berupa penebalan lapisan luar kulit, dengan ukuran yang bervariasi. Kutil umumnya muncul pada tangan atau jari tangan, tetapi sebenarnya dapat muncul di mana saja, termasuk di kulit kepala. Apa yang menyebabkan munculnya kutil di kepala dan bagaimana mengatasinya? Simak penjelasannya setelah ini.

Pada dasarnya, kutil terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh virus bernama Human Papillomavirus (HPV). Virus ini adalah salah satu jenis virus yang dapat merusak kulit dengan buruk. Kutil pada kulit kepala umumnya terlihat seperti benjolan kecil halus atau kasar, yang kadang-kadang akan membuat proyeksi memanjang pada permukaan kulit kepala.

Baca juga: Kutil Kelamin, Cari Tahu Penyebabnya

Ada cukup banyak jenis virus HPV yang dapat menjadi penyebab kutil. Karena disebabkan oleh virus, penyakit kulit ini dapat menular dari orang yang telah mengidap kondisi ini. Terutama ketika kamu memiliki goresan atau luka terbuka pada permukaan kulit kepala, risiko penularan virus penyebab kutil pun akan meningkat.

Selain kontak langsung, virus penyebab kutil juga dapat menyebar dengan cara berikut:

  • Kutil dapat menginfeksi berbagai area di kulit kepala jika pengidapnya menyentuhnya dan kemudian menyentuh area lain di kulit kepala.

  • Kutil juga dapat menular dengan cara berbagi handuk, sisir, pisau cukur, sikat rambut, atau tangan yang setelah menggaruk.

Pengobatan yang Dapat Dilakukan

Meski umumnya tidak berbahaya, kutil dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, berkurangnya penampilan, serta memiliki risiko meluas dan menyebar jika tergaruk. Untuk menghilangkannya, ada beberapa metode yang dapat dijalani, yaitu:

1. Eksisi Bedah

Eksisi bedah adalah salah satu metode paling umum untuk menghilangkan kutil dari kulit kepala. Dalam metode ini, dokter akan menggunakan alat pemotong atau pisau untuk memotong kutil terlalu langsung dari kulit kepala. Namun, akan ada perdarahan yang mungkin terjadi, tergantung pada ukuran kutil. Metode ini paling banyak diminati lantaran bisa menghilangkan kutil dengan cepat dan tuntas.

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Kutil di Tubuh

2. Cryotherapy

Dalam metode ini, dokter menggunakan nitrogen cair yang membantu membekukan kutil pada kulit kepala. Tabung khusus digunakan untuk menampung cairan yang menjaga cairan pada suhu rendah. Dokter akan terus-menerus menyemprotkan cairan ini ke kutil, memperlihatkan kutil kulit kepala pada suhu tinggi yang dapat dengan mudah membunuh jaringan kutil. Setelah itu, kutil dapat dikonversi menjadi warna hitam dan mungkin ada lepuh yang akan terbentuk, kemudian perlahan kutil akan hilang.

3. Bedah Listrik

Metode bedah listrik adalah salah satu perawatan penting untuk menghilangkan kutil dari kulit kepala. Dalam metode perawatan ini, dokter akan menggunakan alat tongkat dan mengarahkannya langsung ke kutil yang muncul di kulit kepala. Alat ini akan menghasilkan arus listrik yang langsung keluar dari ujungnya. Dengan bantuan panas ini, dokter akan menargetkan kutil. Selama proses, mungkin menghasilkan sedikit asap, atau mungkin merasakan bau terbakar. Itu normal untuk prosedur ini. Salah satu manfaat dari perawatan ini adalah tidak adanya perdarahan.

Baca juga: Awas, Jangan Sampai Ketularan Kutil Kelamin Karena Hubungan Seks

Itulah sedikit penjelasan tentang kutil di kulit kepala. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!