Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?

Halodoc, Jakarta - Otak manusia mempunyai fungsi yang penting, sehingga sangat fatal jika bagian ini mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah stroke. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang mematikan ketika menyerang seseorang.

Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak tersumbat atau mengalami gangguan. Ketika terjadi, jaringan oksigen dan nutrisi pada tubuh kamu menjadi tidak tercukupi yang menyebabkan sel otak menjadi mati. Namun, apakah penyebab utama dari stroke adalah kolesterol atau gangguan pada jantung? Baca di sini!

Baca juga: Alasan Kolesterol Tinggi Sebabkan Stroke

Penyebab Utama Stroke Adalah Kolesterol atau Gangguan Jantung?

Stroke adalah suatu kondisi medis yang dapat menyebabkan kematian pada seseorang ketika suplai darah ke otak berhenti. Seseorang yang mengalami penyakit ini mengalami keadaan darurat medis dan butuh perawatan dini. Semakin cepat pengobatan dilakukan, semakin minim dampak yang terjadi.

Seseorang yang mengalami stroke akan mengalami sebagian area otak mati, sehingga bagian tubuh yang dikendalikan otak tersebut kesulitan berfungsi dengan normal. Jika peredarah darah di otak berhenti sepenuhnya, kematian mungkin saja terjadi

Apakah benar penyebab utama dari stroke adalah kolesterol atau kelainan pada jantung? Kolesterol yang tinggi pada tubuh seseorang memang dapat menjadi penyebab utama dari stroke. Hal ini terjadi ketika terlalu banyak zat lemak tersebut di dalam darah yang dapat menyumbat aliran darah di otak. Ketika sumbatan tersebut sudah terlalu besar atau menutup seluruhnya, kematian otak mungkin saja terjadi.

Penyakit jantung juga dapat menjadi penyebab utama dari stroke. Beberapa kondisi yang berhubungan dengan jantung, seperti katup jantung yang rusak dan detak jantung yang tidak teratur, dapat menyebabkan seseorang mengalami stroke terutama pada seseorang yang sudah tua.

Selain kolesterol atau penyakit jantung, penyebab utama lainnya dari stroke adalah tekanan darah yang tinggi. Gangguan yang disebut hipertensi ini adalah penyebab terbesar dari penyakit stroke terjadi. Jika tekanan darah kamu berada pada 140/90 atau lebih tinggi, segera temui dokter.

Jika kamu mempunyai pertanyaan mengenai kondisi ini, dokter dari Halodoc dapat membantumu. Caranya, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan fisik terkait stroke agar dapat mencegahnya terjadi dengan memesannya melalui aplikasi ini.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Cara Mencegah Terjadinya Stroke

Ketika kamu telah mengetahui penyebab utama dari stroke, kamu dapat menerapkan gaya hidup sehat agar gangguan tersebut tidak terjadi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya stroke. Berikut beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya:

  1. Menjaga Tekanan Darah

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya stroke adalah selalu menjaga tekanan darah. Hal ini sangat penting karena semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin berisiko dirinya terhadap stroke. Pola hidup sehat sangat dibutuhkan untuk hal ini.

Kamu dapat berolahraga dan mengelola rasa stres untuk mempertahankan berat badan yang sehat agar tekanan darah tetap stabil. Selain itu, pembatasan konsumsi natrium dan alkohol juga sangat penting dilakukan. Beberapa obat-obatan mungkin akan diberikan dokter untuk menjaga tekanan darah.

Baca juga: Mengapa Pengidap Stroke Bisa Alami Penurunan Kesadaran?

  1. Menurunkan Kolesterol

Kamu juga harus menurunkan kolesterol agar dapat menurunkan risiko yang dapat menjadi penyebab utama dari stroke. Cobalah untuk mengonsumsi lebih sedikit kolesterol dan lemak agar dapat mengurangi plak pada arteri. Selain itu, beberapa obat resep dokter juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Top Causes of Stroke
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Stroke