• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?

Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Mei 2021
Kolesterol atau Jantung Penyebab Utama Stroke?

Halodoc, Jakarta - Otak manusia mempunyai fungsi yang penting, sehingga sangat fatal jika bagian ini mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi adalah stroke. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang mematikan ketika menyerang seseorang. Disebutkan jika pertambahan sekitar 500.000 pengidap baru penyakit ini setiap tahun.

Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak tersumbat atau mengalami gangguan. Ketika terjadi, jaringan oksigen dan nutrisi pada tubuh kamu menjadi tidak tercukupi yang menyebabkan sel otak menjadi mati. Namun, apakah penyebab utama dari stroke adalah kolesterol atau gangguan pada jantung? Baca pembahasannya di sini!

Baca juga: Alasan Kolesterol Tinggi Sebabkan Stroke

Benarkah Penyebab Utama Stroke adalah Kolesterol atau Gangguan Jantung?

Stroke adalah suatu kondisi medis yang dapat menyebabkan kematian pada seseorang ketika suplai darah ke otak terhambat bahkan berhenti. Seseorang yang mengalami penyakit ini mengalami keadaan darurat medis dan butuh perawatan dini. Semakin cepat pengobatan dilakukan, semakin minim dampak yang terjadi.

Seseorang yang mengalami stroke akan mengalami sebagian area otak mati, sehingga bagian tubuh yang dikendalikan otak tersebut kesulitan berfungsi dengan normal. Jika peredarah darah di otak berhenti sepenuhnya, kematian mungkin saja terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab utama dari stroke.

Namun, apakah benar jika penyebab utama dari stroke adalah kolesterol atau kelainan pada jantung?

Kolesterol yang tinggi pada tubuh seseorang memang dapat menjadi penyebab utama dari stroke. Hal ini terjadi ketika terlalu banyak zat lemak tersebut di dalam darah yang dapat menyumbat aliran darah di otak. Ketika sumbatan tersebut sudah terlalu besar atau menutup seluruhnya, kematian otak mungkin saja terjadi.

Ternyata, penyakit jantung juga dapat menjadi penyebab utama dari stroke. Beberapa kondisi yang berhubungan dengan jantung, seperti katup jantung yang rusak dan detak jantung yang tidak teratur, dapat menyebabkan seseorang mengalami stroke terutama pada seseorang yang sudah lanjut usia.

Selain kolesterol atau penyakit jantung, penyebab utama dari stroke yang lainnya adalah tekanan darah yang tinggi. Hal ini terjadi ketika tekanan darah di arteri dan pembuluh darah lainnya terlalu tinggi. Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi saat angka pemeriksaannya di atas 130/80 mmHg. Untuk menurunkan tekanan darah, cobalah melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat agar risiko terjadinya stroke menurun.

Maka dari itu, jika kamu merasa memiliki risiko dari penyebab utama stroke, ada baiknya untuk langsung memeriksakan diri. Pemesanan pemeriksaan fisik dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Halodoc di beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama. Kamu juga dapat bertanya lebih lanjut tentang penyakit stroke pada dokter dari Halodoc. Nikmati kemudahan ini sekarang juga dengan download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Cara Mencegah Terjadinya Stroke

Ketika kamu telah mengetahui penyebab utama dari stroke, kamu dapat menerapkan gaya hidup sehat untuk menghindarinya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit yang terjadi akibat sumbatan di otak ini. Berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya:

1. Menjaga Tekanan Darah

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah terjadinya stroke adalah selalu menjaga tekanan darah. Hal ini sangat penting karena semakin tinggi tekanan darah seseorang, semakin berisiko dirinya terhadap stroke. Pola hidup sehat sangat dibutuhkan untuk hal ini.

Metode yang paling ampuh adalah dengan berolahraga dan mengelola rasa stres untuk mempertahankan berat badan yang sehat agar tekanan darah tetap stabil. Selain itu, pembatasan konsumsi natrium dan alkohol juga sangat penting dilakukan. Beberapa obat-obatan mungkin akan diberikan dokter untuk menjaga tekanan darah.

Baca juga: Mengapa Pengidap Stroke Bisa Alami Penurunan Kesadaran?

2. Menurunkan Kolesterol

Kamu juga harus menurunkan kolesterol agar dapat menurunkan risiko yang dapat menjadi penyebab utama dari stroke. Cobalah untuk mengonsumsi lebih sedikit kolesterol dan lemak agar dapat mengurangi plak pada arteri. Selain itu, beberapa obat resep dokter juga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol.

Itulah pembahasan mengenai penyebab utama stroke yang dapat disebabkan oleh kolesterol, gangguan pada jantung, hingga tekanan darah tinggi. Dengan melakukan beberapa cara yang efektif untuk pencegahan, diharapkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga. Pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk keseluruhan tubuh agar umur tetap panjang.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Top Causes of Stroke.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stroke.
CDC. Diakses pada 2021. Conditions That Increase Risk for Stroke.