Kenali Gejala Infeksi Kulit Berdasar Jenis yang Dialami

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenali Gejala Infeksi Kulit Berdasar Jenis yang Dialami

Halodoc, Jakarta - Infeksi pada kulit bisa terjadi karena banyak hal, bisa karena bakteri, jamur, atau virus yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit. Gejala infeksi kulit yang muncul tidak sama, beberapa bersifat ringan, lainnya bisa sangat mengganggu aktivitas kamu. Jika infeksi bersifat ringan, pengobatan yang dilakukan pun sederhana, tetapi jika infeksi terbilang berat, kamu perlu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Supaya bisa mengetahui infeksi yang sebenarnya menyerang kulit tubuh, ketahui gejala infeksi kulitnya terlebih dahulu. Berdasarkan jenisnya, ini masing-masing gejala yang biasanya muncul.

  • Herpes Zoster

Pertama adalah herpes zoster. Jika kamu mengalami infeksi kulit ini, gejala yang akan kamu rasakan berupa munculnya rasa nyeri dan sensasi seperti terbakar pada bagian kulit yang terinfeksi. Selanjutnya, muncul ruam kemerahan yang gatal dan bintik berisi cairan dan umumnya pecah setelah beberapa hari. Gejala lainnya adalah demam, tubuh sering kelelahan, dan sakit kepala.

Baca juga: Cacar Air dan Herpes Zoster, Apa Bedanya?

  • Bisul

Peradangan pada kulit berikutnya adalah bisul, yang muncul disertai perubahan warna kulit menjadi kemerahan pada area yang terinfeksi. Bisul menyerang area wajah, paha, dan leher. Benjolan bisul terasa sakit ketika kamu menyentuhnya, ukurannya cenderung membesar dalam beberapa waktu kemudian dan pecah dalam waktu kira-kira 3 hari.

  • Kurap

Mendapati adanya ruam kemerahan berbentuk bulat tidak beraturan pada salah satu area kulit? Hati-hati, itu adalah kurap. Bulatan ini biasanya terbentuk disertai dengan munculnya sisik pada kulit yang terinfeksi dan rasa gatal yang mengganggu. Waspada, ruam akibat kurap ini bisa menyebar ke area tubuh yang lain jika tidak segera diobati, bahkan penyebarannya bisa sampai pada bagian kuku.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Cara Mengobati Bisulan yang Tepat

  • Cacar Air

Cacar air menjadi infeksi kulit yang paling sering menyerang manusia, terutama anak-anak. Gejala infeksi kulit ini berupa demam tinggi, otot terasa nyeri, dan nafsu makan yang menurun. Setelah satu hari pasca demam, muncul ruam kemerahan di sekujur tubuh, disertai rasa panas dan gatal yang tidak tertahankan. Namun, dua hari setelah ruam muncul secara sempurna, cairan di dalamnya akan berubah warna menjadi keruh, dan mengering dengan sendirinya. Ruam akan sepenuhnya hilang dalam waktu 2 minggu setelah kemunculannya.

  • Campak

Hampir sama dengan cacar, campak identik dengan kemunculan ruam di sekujur tubuh, bedanya, ruam campak biasanya tidak mengandung cairan. Gejala lainnya adalah suhu tubuh berubah lebih tinggi, sakit pada tenggorokan, batuk kering, dan pilek.

  • Panu

Perhatikan kulit tubuh kamu, jika ada bagian yang berwarna lebih terang daripada bagian lainnya, bisa jadi kamu sedang terserang penyakit panu. Bercak ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja, bisa di punggung, dada, paha, bahkan wajah. Bercak ini akan terasa gatal dan seperti bersisik ketika kamu menyentuhnya.

Baca juga: 4 Penyebab Panu Muncul Sehingga Ganggu Penampilan

Itu tadi beberapa gejala infeksi kulit berdasarkan jenis yang kamu alami. Jika kamu sudah mengetahui gejalanya, saatnya kamu bertanya pada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Tenang saja, bertanya pada dokter kini semakin mudah dengan adanya aplikasi Halodoc, yang sudah tersedia dan bisa kamu download langsung dari ponsel kamu. Aplikasi Halodoc ini juga bisa kamu pakai untuk membeli obat resep, lho!