Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi, Bolehkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi, Bolehkah?

Halodoc, Jakarta – "Teman" minum obat tiap orang bermacam-macam. Ada yang harus dengan buah (seperti pisang), teh, susu, sirup, hingga kopi. Alasannya jelas karena obat yang cenderung pahit. Namun, bukan berarti minum obat dengan teh atau kopi diperbolehkan, lho.

Baca Juga: Ini Dampak Kebanyakan Minum Kopi pada Pencernaan

Ada istilah "interaksi obat" dalam dunia medis, yaitu kondisi terjadinya perubahan efek obat akibat hadirnya asupan lain, seperti makanan, minuman, bahan herbal, dan perubahan lingkungan. Jadi, kamu tidak boleh sembarangan minum obat, ada aturan yang harus dipatuhi agar khasiatnya optimal.

Alasan Tidak Boleh Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi

Kafein dalam kopi bersifat stimulan untuk merangsang jantung dan otak agar bekerja lebih cepat dari biasanya. Makanya, banyak orang minum kopi agar tetap melek dan lebih fokus beraktivitas. Namun sebaiknya, kamu tidak konsumsi obat setelah minum kopi, karena bisa mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan usus halus. Jika dibiasakan, khasiat obat yang dikonsumsi menjadi kurang optimal.

Langsung konsumsi obat setelah minum kopi juga bisa membuat jantung berdetak cepat. Kafein dalam kopi juga bertahan lebih lama di dalam tubuh dibanding zat yang terkandung dalam obat. Pada kasus yang parah, konsumsi obat setelah minum kopi juga bisa memicu terjadinya keracunan kafein akibat adanya interaksi antara obat dan kafein.

Beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah minum kopi, antara lain antidepresan, estrogen, pengencer darah, quinolone, serta obat-obatan untuk mengatasi gangguan tiroid dan osteoporosis.

Jadi, apa yang baik dikonsumsi saat minum obat? Jawabannya adalah air putih, bukan dengan kopi, teh, jus, susu, minuman bersoda, atau alkohol. Dengan begitu, proses penyerapan obat dalam tubuh menjadi optimal, sehingga kamu cepat sembuh tanpa efek samping.

Baca Juga: Langsung Minum Obat Saat Demam, Bolehkah?

Habis Minum Kopi, Kapan Harus Konsumsi Obat?

Setelah kamu konsumsi kopi, sebaiknya tunggu 3-4 jam sebelum minum obat. Atau, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter atau apoteker terkait waktu yang aman untuk minum kopi sebelum atau setelah minum obat. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aturan minum obat yang tertera pada label kemasan. Terutama jika kamu minum obat tanpa resep dokter yang banyak dijual di apotek atau pasaran. Pahami dosis dan waktu konsumsi obat. Biar lebih jelas, berikut ini aturan minum obat yang tepat:

  • Baca dan ikuti petunjuk dokter. Tanyakan dokter secara detail mengenai dosis, waktu konsumsi, dan efek samping yang mungkin ditimbulkan. Setiap obat memiliki sifat, cara kerja, efek samping, dan dampak yang berbeda-beda bagi setiap tubuh.

  • Baca informasi yang terdapat di label kemasan obat untuk memastikan tanggal kedaluwarsa, efek samping, interaksi, peringatan, dan hal lain yang perlu diwaspadai dari penggunaan obat.

  • Jangan berhenti minum obat tanpa sepengetahuan dokter karena bisa memperburuk gejala yang dialami.

  • Bicara pada dokter jika muncul gejala tertentu setelah minum obat atau kamu tidak merasa cocok dengan obat yang diresepkan.

Baca Juga: Perlu Dikonsumsi Rutin, Begini Aturan Minum Obat Diabetes Saat Puasa

Itulah alasan minum obat tidak disarankan dengan kopi. Kalau tiba-tiba muncul reaksi alergi setelah minum obat, segera bicara pada dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Tanpa harus antre, kamu bisa membuat janji dan bertemu dokter kulit di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter dengan cara download aplikasi Halodoc di smartphone, ya!