Kulit Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tipsnya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kulit Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tipsnya

Halodoc, Jakarta - Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam. Seluruh umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sejak fajar hingga matahari terbenam. Ini adalah waktu terbaik untuk merefleksikan spiritualitas diri, meningkatkan ibadah dan amalan lainnya.

Namun, tetap penting untuk memperhatikan kesehatan. Tidak hanya kesehatan tubuh dengan membatasi makanan tidak sehat seperti yang biasa dilakukan ketika tidak sedang berpuasa, kamu perlu memberikan perhatian pada kesehatan kulit. Salah satu tujuan kamu berpuasa adalah untuk detoksifikasi tubuh dan melepaskan semua racun dari dalam.

Lalu, bagaimana caranya supaya kulit sehat berkilau meski sedang menjalankan ibadah puasa? Gampang kok, begini tipsnya:

  • Hidrasi adalah Kunci

Minum air putih yang cukup tidak hanya sehat untuk tubuh, tetapi kulit kamu juga merasakan manfaatnya. Setidaknya, minumlah 8 (delapan) gelas antara waktu berbuka dan sahur. Air tidak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, tetapi juga kulit, terlebih jika kulitmu cenderung berjenis kering.

Baca juga: Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit?

Hindari minuman manis dan bersoda serta kafein karena akan membuat kamu semakin merasa haus dan memicu terjadinya dehidrasi. Jika kamu tidak suka air putih, kamu bisa membuat racikan air sehat sendiri atau infused water. Ini bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan racun berbahaya, menjaga tubuh tetap terhidrasi dan paling penting, tidak mengandung kalori.

  • Jangan Terlalu Sering Mencuci Muka

Selama bulan Ramadan, kulit dapat terasa kering karena tidak terhidrasi dengan baik. Ini akan menjadi lebih buruk ketika kamu sering membersihkan atau membilasnya menggunakan produk perawatan sabun muka. Jika perlu mendinginkan muka, hindari mencucinya berulang kali. Gunakan penyemprot yang direkomendasikan untuk menghindari kulit kering.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Atasi Luka Kulit Habis Terbakar Matahari

  • Gunakan Tabir Surya

Ramadan jatuh pada musim kemarau. Artinya, suhu udara akan cukup terik dan panas serta kering. Sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terasa jahat, pastikan kamu menggunakan pelindung atau tabir surya pada siang hari, setidaknya yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih. Aplikasikan kembali jika kamu berada di luar ruangan selama lebih dari 3 jam.

  • Konsumsi Makanan yang Membuat Kulit Sehat Bercahaya

Jika kamu menginginkan kulit sehat bercahaya, bahkan ketika sedang berpuasa, tingkatkan asupan antioksidan selama sahur dan berbuka. Pilih camilan kaya serat dan antioksidan, seperti buah beri, almond hitam, cokelat hitam, dan delima. Ini adalah makanan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan kulit setelah seharian berpuasa.

Baca juga: Kekeliruan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Tabir Surya

  • Konsumsi Suplemen

Terkadang, konsumsi buah dan sayur saja tidak cukup untuk membuat kulit sehat dan ternutrisi dengan baik. Artinya, kamu membutuhkan asupan suplemen. Kandungan vitamin dan mineral dari suplemen atau multivitamin bisa membantu menjaga kesehatan kulit sepanjang hari di tengah ibadah puasa. Suplemen yang direkomendasikan untuk kulit sehat adalah vitamin C, E, A, selenium, dan zinc.

Nah, itu tadi beberapa tips menjaga kulit sehat meski sedang berpuasa di bulan Ramadan. Jangan malas membeli suplemen, terlebih jika kamu memang membutuhkannya. Sekarang beli obat dan vitamin sudah lebih mudah kok, karena ada aplikasi Halodoc. Kapan saja dan di mana saja, kamu bisa beli vitamin dari aplikasi ini. Makanya, segera download aplikasi Halodoc di ponsel kamu ya!