• Home
  • /
  • Kunyit Bantu Melancarkan Haid, Ini Faktanya

Kunyit Bantu Melancarkan Haid, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kunyit Bantu Melancarkan Haid, Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Setiap bulan, wanita yang sudah mengalami pubertas mengalami menstruasi. Kondisi ini adalah perdarahan uterus secara periodik yang disertai pelepasan endometrium. Umumnya, durasi siklus menstruasi adalah terjadi selama 28 hari, dengan lama menstruasi adalah 4 hingga 6 hari.

Namun, tak jarang juga wanita mengalami gangguan saat menstruasi, seperti haid yang tidak lancar, nyeri haid, dan semacamnya. Oleh karena itu, tidak sedikit pula wanita yang mengonsumsi obat untuk melancarkan menstruasi, salah satunya dengan mengonsumsi kunyit.

Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma longa ini adalah tanaman akar dengan warna mencolok dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan manfaat yang luar biasa ampuh menangani banyak penyakit. Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon seks wanita yang penting dalam siklus menstruasi, yakni estrogen. Alhasil, kunyit membantu wanita dalam menghadapi gangguan menstruasi.

Baca juga: Benarkah Kunyit Bisa Redakan Nyeri Haid?

Kunyit Bantu Lancarkan Haid dengan Cara Ini

Saat haid, beberapa wanita mungkin merasakan gejala seperti kram perut, pusing, suasana hati yang tak baik, hingga sembelit. Nah, kunyit memberikan manfaat untuk menangani hal tersebut dengan beberapa cara, yaitu:

  • Kunyit Memperlancar Siklus Menstruasi

Jika wanita mengalami menstruasi tak teratur, atau lebih dari 35 hari masa menstruasi, maka ia merasakan nyeri yang lebih parah dari biasanya. Umumnya, aliran darah bisa lebih deras atau malah sedikit. Kunyit sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita bisa bertindak sebagai fitoestrogen. Selain itu, kunyit memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim.

  • Mengatasi Nyeri

Nyeri menstruasi adalah hal yang umum terjadi. Nyeri ini bisa terjadi pada bagian perut, panggul, payudara, hingga punggung bawah. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa mengganggu aktivitas. Untungnya dalam kunyit terdapat sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi. Selain itu, kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga bisa menghambat hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.

Baca juga: Ini 3 Bagian Tubuh yang Nyeri Akibat Datang Bulan

  • Kunyit Membantu Atasi Kram Perut

Gangguan seperti kram perut merupakan juga merupakan salah satu hal yang sangat dihindari oleh wanita saat menstruasi. Kram perut ini terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim. Kunyit yang memiliki sifat antispasmodik membantu meredakan gejala premenstrual syndrome atau PMS seperti kram perut atau nyeri haid. Menurut University of Maryland Medical Center, kunyit dengan kandungan anti radang bisa meredakan rasa sakit pada penderita osteoarthritis.

  • Memperbaiki Suasana Hati

Wanita yang sedang menstruasi kadang jadi lebih mudah marah dan emosional. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita yang sedang menstruasi sehingga menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. Kunyit adalah bahan dasar yang bisa mengendalikan emosi saat sedang menstruasi. Kandungan kurkumin dalam kunyit menyeimbangkan berbagai macam zat kimia pada otak sehingga dapat mengatur emosi hingga terhindar dari mood swing.

  • Mencegah Gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

Sindrom pramenstruasi atau PMS juga sering terjadi pada sebagian wanita sebelum menstruasi. Beberapa gejala ini termasuk munculnya jerawat, lemas, sakit kepala, hingga flu. Di sini kunyit mampu membantu melawan gejala-gejala tersebut. Kunyit akan memperkuat daya tahan tubuh seseorang agar tetap bekerja dengan baik.

Baca juga: Kunyit Bisa Atasi Kanker, Begini Hasil Risetnya

Itulah khasiat kunyit dalam melancarkan haid. Namun, jika kamu memiliki gangguan menstruasi yang cukup serius, sebaiknya tanyakan hal ini pada dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan mencoba memberikan saran kesehatan yang sesuai dengan kondisi yang dialami. Tunggu apa lagi? Segera gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Irregular Periods Home Remedies.
Live Science. Diakses pada 2020. What is Turmeric?
Turmeric for Health. Diakses pada 2020. 8 Ways Turmeric Benefits In Menstruation.