Lakukan Pengobatan Ini untuk Atasi Xanthelasma

Lakukan Pengobatan Ini untuk Atasi Xanthelasma

Halodoc, Jakarta – Xanthelasma adalah plak kekuningan yang paling sering terjadi di dekat bagian dalam kelopak mata, lebih sering pada kelopak atas daripada kelopak bawah. Xanthelasma palpebrarum adalah xanthoma kulit yang paling umum.

Lebih detail lagi, xanthelasma adalah endapan kolesterol lunak, rata, benjolan kekuningan. Cenderung muncul di kelopak mata atas dan bawah, dekat sudut dalam mata, dan sering berkembang secara simetris di sekitar kedua mata.

Lesi ini dapat tetap berukuran sama atau tumbuh sangat lambat seiring waktu. Xanthelasma biasanya tidak menyakitkan atau gatal. Sangat jarang memengaruhi penglihatan atau gerakan kelopak mata. tapi kadang-kadang menyebabkan kelopak mata terkulai.

Endapan kolesterol dapat muncul pada usia berapa pun tetapi lebih mungkin untuk berkembang seiring pertambahan usia seseorang. Kecenderungannya lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Baca juga: Adakah Perbedaan Antara Blefaritis dan Bintitan?

Memiliki xanthelasma juga dikaitkan dengan kadar lipid abnormal dalam darah, yang dikenal sebagai dislipidemia. Seseorang didiagnosis mengidap dislipidemia jika memiliki:

  1. LDL (kolesterol "jahat") yang tinggi

  2. HDL (kolesterol “baik”) yang rendah 

  3. Kadar kolesterol total yang tinggi (baik LDL maupun HDL)

  4. kadar trigliserida yang tinggi

Sebagai informasi tambahan, dislipidemia meningkatkan risiko pembentukan kolesterol di dinding arteri. Penumpukan ini dapat membatasi aliran darah ke jantung, otak, dan area tubuh lainnya. Ini juga meningkatkan risiko angina, serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Pengobatan untuk Xanthelasma

Endapan kolesterol di sekitar mata bisa diangkat dengan cara operasi. Pertumbuhan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman, sehingga seseorang kemungkinan akan meminta pengangkatan karena alasan kosmetik.

Baca juga: Begini Cara Cepat Hilangkan Bintitan

Metode penghapusan akan tergantung pada ukuran, lokasi, dan karakteristik deposit. Opsi bedah meliputi:

  • Eksisi bedah

  • Karbon dioksida dan ablasi laser argon

  • Kauterisasi kimia

  • Elektrodesik

  • Cryotherapy

Setelah prosedur, mungkin terjadi pembengkakan dan memar di sekitar kelopak mata selama beberapa minggu. Risiko operasi termasuk jaringan parut dan perubahan warna kulit.

Deposit kolesterol sangat mungkin terulang kembali setelah pengangkatan, terutama pada orang dengan kolesterol tinggi.

Tingkat normalisasi lipid hampir tidak berpengaruh pada endapan yang ada. Namun, mengobati dislipidemia sangat penting, karena dapat mengurangi risiko masalah jantung. Perawatan juga dapat mencegah lebih banyak endapan berkembang.

Gaya hidup dan modifikasi diet adalah cara terbaik untuk mengatasi xanthelasma. Rekomendasi anjuran kesehatannya termasuk:

  1. Mengurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Metode menurunkan berat badan yang sehat dapat membantu orang yang kelebihan berat badan dengan dislipidemia.

Baca juga: Kucek Mata Terlalu Kencang, Waspada Kelopak Mata Masuk ke Dalam

  1. Makan Makanan yang Sehat

Seorang dokter atau ahli gizi kemungkinan akan merekomendasikan makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Makanan ini rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Makanan yang harus dihindari termasuk susu, mentega, keju, dan krim, daging dan lemak babi, kue dan makanan yang mengandung kelapa atau minyak sawit.

Seseorang harus mengonsumsi lemak sehat sebagai gantinya. Ini dapat ditemukan di ikan berminyak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur dan menyebar. Makanan kaya serat larut juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini termasuk kacang, lentil, gandum, beras gandum, dan buah sitrus.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik yang teratur juga penting dalam mengobati dislipidemia. Ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Kegiatan, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang, dan berlari juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu seseorang menjaga berat badan yang sehat.

Kalau kamu punya masalah kesehatan, segera periksakan langsung di rumah sakit yang direkomendasikan Halodoc di sini. Penanganan tepat dapat meminimalisir risiko kesehatan jangka panjang. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.