07 February 2019

Leher Membesar, Ini 6 Cara Obati Gondongan di Rumah

Leher Membesar, Ini 6 Cara Obati Gondongan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Gondongan adalah peradangan kelenjar air liur (parotis) yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejalanya berupa pembengkakan kelenjar parotis yang berada di area leher, demam, sakit kepala, muntah, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, sulit makan, dan sulit berbicara.

Baca Juga: Ini Penyebab Parotitis Alias Gondongan

Virus penyebab gondongan biasanya berkembang selama 12-25 hari sebelum menimbulkan gejala. Kelenjar parotis kemudian mulai membengkak secara bertahap selama beberapa hari, lalu berkurang dan menghilang dalam 3-7 hari. Meski umum terjadi, gondongan sering membuat pengidapnya malu ke luar rumah. Itu mengapa berbagai cara dilakukan untuk mengobati gondongan. Antara lain:

  1. Istirahat yang Cukup

Untuk mencegah penyebaran virus, pengidap disarankan agar tetap di rumah saat mengalami gejala gondongan. Tujuannya untuk menghindari kontak dengan banyak orang selama 7-20 hari, tergantung seberapa parah virus menginfeksi tubuh. Center for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan pengidap gondongan untuk istirahat penuh di rumah kurang lebih selama lima hari setelah kelenjar parotis mulai membengkak.

  1. Minum Lebih Banyak Cairan

Gondongan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan dan membuat pengidapnya sulit menelan atau mengunyah makanan. Banyak orang akhirnya kehilangan nafsu makan dan mengonsumsi sedikit kalori atau cairan. Agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan mencegah gejala memburuk, penting bagi pengidap untuk minum air yang cukup. Bagi orang dewasa disarankan agar minum sekitar delapan gelas per hari.

  1. Menjaga Kebersihan Rumah

Kebersihan rumah perlu diperhatikan untuk mencegah penyebaran virus. Bersihkan lantai dan kain-kain secara rutin. Bila perlu, pel lantai rumah dan cuci pakaian menggunakan sabun atau deterjen yang dicampur disinfektan. Pengidap juga dianjurkan cuci tangan secara teratur, hindari berbagi minuman atau peralatan sampai gejala hilang, serta tutup mulut saat batuk maupun bersin.

Baca Juga: Gondongan Bisa Sebabkan Kehilangan Pendengaran

  1. Mengurangi Nyeri dengan Cara Alami

Obat penghilang rasa sakit (seperti ibuprofen) dapat dikonsumsi untuk mengurangi nyeri akibat peradangan. Cara lainnya adalah mengompres kelenjar parotis yang membengkak menggunakan es.

  1. Mengonsumsi Ramuan Herbal

Ramuan herbal dapat berfungsi sebagai antivirus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat perkembangan virus, dan menghentikan penyebarannya. Dibandingkan dengan obat-obatan, ramuan herbal ini tentunya tidak berbahaya dan jarang menimbulkan efek samping. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan herbal (seperti akar astragalus), bawang putih, minyak oregano, dan ekstrak daun zaitun) dengan menjadikannya teh, sup, atau smoothies.

Baca Juga: 2 Orang Ini Punya Risiko Terkena Gondongan

  1. Melakukan Diet Sehat

Diet kaya nutrisi membantu menurunkan risiko komplikasi penyakit gondongan. Pengidap gondongan disarankan mengonsumsi makanan antioksidan tinggi seperti buah dan sayuran. Makanan berserat tinggi juga cocok untuk pengidap gondongan, seperti ubi-ubian, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Telur, minyak zaitun, kelapa, dan produk susu organik (seperti yogurt dan kefir) juga merupakan makanan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi penyakit gondongan. Pengidap gondongan disarankan agar menghindari makanan dengan pemanis buatan atau daging yang terbuat dari hormon dan bahan kimia tidak alami.

Apabila kamu mengidap penyakit gondongan, tanya dokter Halodoc tentang cara penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!