22 February 2019

Enggak Enak Dipandang, Ini 5 Cara Ampuh Atasi Eksim di Tangan

Enggak Enak Dipandang, Ini 5 Cara Ampuh Atasi Eksim di Tangan

Halodoc, Jakarta – Tangan dan kaki biasanya menjadi area utama yang sering mengalami eksim, terutama pada udara dingin yang kering atau cuaca terlalu panas. Lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat memiliki beberapa bentuk eksim, yaitu suatu kondisi kulit yang menyebabkan bercak merah dan gatal pada kulit.

Eksim di tangan memiliki dampak besar pada kehidupan orang ketika parah atau bahkan dalam kasus-kasus ringan. Meskipun para ahli tidak yakin apa yang menyebabkan eksim, namun sebagian besar percaya itu kemungkinan kombinasi dari lingkungan dan genetika seseorang.

Pada tipe yang paling umum, dermatitis atopik, yaitu sistem kekebalan dipicu oleh sesuatu dan mengalami overdrive, yang menyebabkan kulit kering dan sensitif. Masalahnya tidak hilang dan dapat diobati, meskipun tidak dapat disembuhkan.

Baca juga: Eksim, Penyakit Kulit Menahun yang Ganggu Penampilan

Hal-hal tertentu, seperti alergen dalam makanan, paparan debu, ataupun cuaca ekstrem, dapat memperburuk gejala. Seperti eksim yang muncul di tempat lain di tubuh, gejala eksim tangan bisa berupa merah, gatal, bersisik, tangan yang terasa kering, dan pecah-pecah. Darah atau nanah bisa keluar dari retakan dan lepuh pada kulit

Bahkan, ini bisa terjadi dengan mudah dari mencuci tangan secara teratur atau perubahan suhu dan orang-orang yang berada di lingkungan yang dingin. Jenis lain dari eksim tangan, yang disebut dermatitis kontak, yaitu terkait dengan paparan langsung ke zat yang mengiritasi seperti bahan kimia.

Tangan yang sering bersentuhan dengan bahan kimia sangat berisiko, seperti penata rambut, pembersih, tukang ledeng, dan pekerja konstruksi, serta mereka yang sering mencuci tangan sepanjang hari, seperti perawat.

Jenis lain dari eksim tangan adalah eksim dishidrotik. Ini dapat menyebabkan lepuh gatal di tangan, jari, kaki, dan jari kaki. Ini sering dipicu oleh stres, kelembapan, dan kontak dengan logam tertentu, seperti nikel atau kobalt.

Kunci untuk mencegah dan mengobati eksim tangan adalah untuk mengetahui apa yang memicu dan menghindari pemicu tersebut kapan saja memungkinkan. Berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi eksim di tangan:

  1. Batasi Kontak dengan Air

Terutama air yang panas dan bersabun. Cuci piring dalam mesin pencuci piring jika memungkinkan dan bersihkan tangan dengan air hangat dan sabun bebas pewangi.

Baca juga: 6 Cara Merawat Eksim Atopik

  1. Oleskan Pelembap

Ini dilakukan tepat setelah membersihkan tangan dan secara teratur sepanjang hari. Melembapkan kulit sangat penting dan harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

  1. Jauhi Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri bisa mengiritasi kulit. Pembersih tanpa air lebih cenderung mengandung alkohol dan bahan kimia yang dapat memicu marak.

  1. Rawat Setiap Kerusakan atau Luka pada Kulit

Kamu harus segera melakukan perawatan saat kulit mengalami kerusakan sebelum terpapar bahan kimia yang menyebabkan memiliki kesempatan untuk bersentuhan dengan bahan tersebut, sehingga mengakibatkan iritasi yang lebih lanjut.

Baca juga: Gejala yang Muncul di Kulit Akibat Eksim Atopik

  1. Menghindari Konsumsi Makanan yang Memicu Eksim

Selain dari pengobatan dan pencegahan luar, kamu juga bisa melakukan perawatan dengan menghindari konsumsi jenis makanan yang bisa memicu kondisi eksim jadi lebih parah. Umumnya, makanan tersebut adalah junk food, gorengan, kacang-kacangan, susu, dan sebagainya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak cara ampuh mengatasi eksim di tangan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.