23 July 2018

Mag pada Ibu Hamil, Harus Apa?

mag pada ibu hamil,ibu hamil,mag

Halodoc, Jakarta – Nyeri di sekitar perut adalah hal yang wajar dan sering dialami wanita yang sedang hamil. Ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu ini. Mulai dari perubahan yang terjadi selama masa kehamilan, hingga faktor kesehatan, misalnya sakit mag.

Sakit mag pada ibu hamil bisa terjadi dan dipengaruhi oleh beberapa hal. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sangat penting untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasinya. Pasalnya, mag pada ibu hamil yang tidak ditangani dengan tepat, dapat memicu keluhan bahkan gangguan kesehatan lain menyerang.  

Pada wanita yang sedang hamil, gejala mag yang terjadi mungkin akan beragam. Mulai dari perut kembung, nyeri pada ulu hati hingga sekitar dada, perut terasa mulas, hingga mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut tentu bisa sangat mengganggu bagi ibu hamil. Untuk itu, wajib tahu nih cara mengatasi sakit mag pada ibu hamil yang bisa dilakukan di rumah. Bagaimana caranya?

Baca juga: Sakit Mag Kambuh Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya

 

  • Perbaiki Pola Makan

 

Salah satu cara terbaik untuk menghindari dan menyembuhkan mag adalah dengan memperbaiki pola makan. Jika ibu hamil sering mengeluh sakit mag, coba perhatikan pola makan yang selama ini dijalani. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang berlemak, terlalu asam, dan pedas. Minuman yang mengandung soda dan kafein pun sebaiknya dihindari.

  1. Posisi Tidur yang Baik

Saat sedang hamil, posisi tidur akan sangat berpengaruh dalam memberi rasa nyaman. Apalagi saat sakit mag sedang menyerang. Untuk mengurangi rasa sakit akibat mag, cobalah mengatur posisi tidur, terutama pada malam hari.

Agar lebih nyaman, berbaringlah dengan posisi kepala lebih tinggi sekitar 10-15 cm dari bagian tubuh yang lain. Gunakan bantal untuk mengganjal bagian kepala, tapi jangan lupa untuk memastikan bahwa posisi tidur sudah benar-benar nyaman, ya.

 

  • Duduk dengan Benar

 

Ibu hamil biasanya terbiasa duduk dengan posisi bersandar atau membungkuk, termasuk saat makan. Nah, kalau tidak ingin mag terus menyerang, sebaiknya hentikan kebiasaan yang satu ini. Sebab, posisi duduk yang salah seperti ini malah bisa memicu dan memudahkan naiknya asam lambung. Biasakanlah untuk makan dengan posisi duduk tegak.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Maag yang Perlu Diketahui

 

  • Ubah Kebiasaan Makan

 

Jika sebelum hamil ibu terbiasa makan dengan porsi yang besar, maka sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Untuk mencegah mag sering kambuh, biasakan untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Selain itu, hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan. Sebaiknya beri jeda setidaknya tiga jam sebelum ibu kembali berbaring.  

Penyebab Sakit Maag Saat Hamil

Selain kebiasaan makan dan pola hidup, ada faktor lain yang dapat memicu sakit mag pada ibu hamil. Seperti perubahan hormon. Pada ibu hamil, terjadi kenaikan kadar hormon progesteron. Nah, kadar progesteron yang tinggi bisa memicu naiknya asam lambung.

Perubahan hormon ini ternyata juga memengaruhi kerja sistem pencernaan. Saat hormon progesteron naik, sistem pencernaan cenderung bekerja lebih lambat, dan memungkinkan sakit mag menyerang saat hamil.

Baca juga: Atasi Sakit Maag Secara Cepat & Tepat dengan Obat Ini!

Selain perubahan hormon, mag pada ibu hamil juga bisa terjadi karena proses pertumbuhan janin. Selama berada di dalam kandungan, janin akan terus berkembang dan tumbuh sebelum akhirnya dilahirkan. Di tengah proses ini, bisa saja janin menekan area sekitar lambung dan memicu keluhan mag.  

Jika perubahan kebiasaan tidak membantu, dan sakit mag tetap muncul meski usia kehamilan sudah bertambah, segera hubungi dokter. Bisa jadi, serangan mag yang terus terjadi merupakan tanda adanya masalah. Atau sampaikan keluhan seputar masalah kehamilan dan mag pada dokter di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!