26 September 2018

Mahal, Ini Manfaat Abalon untuk Kesehatan

manfaat abalon

Halodoc, Jakarta – Pernah mencicipi kuping laut atau yang lebih dikenal dengan kerang abalon? Makanan laut yang satu ini memang termasuk makanan yang mewah karena harganya lumayan mahal. Satu porsi hidangan abalon memiliki kisaran harga mulai dari 200 ribu sampai 600 ribu rupiah. Berbeda dari kerang lainnya, abalon hanya bisa ditemui di kedalaman laut yang jauh. Selain itu, proses pengolahannya pun tidak mudah. Butuh waktu sekitar satu sampai dua bulan sebelum abalon diproses lebih lanjut. Itulah mengapa selain jarang ditemui, abalon juga dihargai cukup mahal. Namun, harganya yang mahal jadi terasa worth it bila kamu tahu manfaat abalone untuk kesehatan yang luar biasa.

Mengenal Abalon yang Kaya Akan Nutrisi

Sebelum mengetahui apa saja manfaat abalon, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh hewan laut yang satu ini. Abalon tergolong spesies kerang-kerangan (moluska) dari famili Haliotidae. Punya nama ilmiah haliotis, abalon merupakan jenis hewan herbivora yang mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan aktif mencari makan pada suasana gelap. Tidak hanya di Indonesia saja, abalon juga menjadi hidangan yang eksklusif dan mahal di berbagai negara. Jenis abalon yang biasanya dikonsumsi adalah berupa alga merah, hijau, dan cokelat.

Selain punya rasa yang enak, abalon juga memiliki nutrisi yang cukup lengkap. Abalon kaya akan protein dan serat serta mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B12, yodium, zinc, zat besi, kalium, dan magnesium. Tidak ketinggalan, ada satu lagi nutrisi penting yang juga dimiliki oleh abalon, yaitu asam lemak omega-3.

Manfaat Abalon untuk Kesehatan

Di Asia, abalon sudah lama dikenal akan manfaat kesehatannya yang besar, terutama untuk mata dan kulit. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daging abalon juga membuat makanan laut ini berkhasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit. Berikut beberapa manfaat abalon untuk kesehatan:

1. Baik untuk Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 dalam abalon bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Abalon juga mampu mencegah beberapa jenis penyakit seperti rematik dan kanker, dengan cara mengurangi aktivitas sel kanker.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Berkat kandungan zat besinya, manfaat abalon untuk kesehatan tulang tidak perlu diragukan lagi. Mengonsumsi abalon dapat menghindarkan kamu dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

3. Mencegah Penyakit Kelenjar Tiroid

Abalon merupakan sumber yodium yang baik. Mineral ini berperan penting untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid yang mengatur perkembangan tubuh yang sehat, khususnya sistem saraf pusat. Dengan mengonsumsi abalon, kamu juga bisa terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kelenjar tiroid seperti hipertiroid atau gondok.

4. Membuat Tubuh Tetap Berenergi

Manfaat abalone untuk kesehatan yang kaya akan fosfor juga dapat membantu tubuh menyimpan dan menggunakan energi. Fosfor juga dapat mengurangi nyeri otot setelah kamu berolahraga. Masih banyak manfaat fosfor lainnya, antara lain membantu kerja ginjal, menjaga agar jantung berdetak secara teratur, dan tentu saja untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Mengatasi Masalah Kesehatan

Abalon juga dipercaya dapat membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan, seperti menyembuhkan penyakit asma, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan membantu menangani diabetes.

Jadi, enggak cuma mahal kan, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat abalon. Tertarik? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: