30 August 2018

Manfaat Makan Kepiting yang Belum Banyak Diketahui

manfaat kepiting, manfaat seafood, makanan pemicu kolesterol

Halodoc, Jakarta – Meski populer, banyak orang yang sering memilih untuk menghindari konsumsi daging kepiting. Pasalnya, jenis hidangan laut alias seafood yang satu ini sering disebut sebagai pemicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Namun tahukah kamu, ternyata menyantap daging kepiting memiliki sederet manfaat sehat bagi tubuh.

Nyatanya, mengonsumsi daging kepiting tidak melulu memberi dampak yang negatif. Kepiting ternyata memiliki kandungan segudang nutrisi yang disebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, masih banyak manfaat makanan kepiting yang belum banyak diketahui. Apa saja?

1. Tulang Lebih Sehat

Tulang menjadi salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, memiliki tulang yang kuat dan sehat bisa menjadi penunjang dalam beraktivitas sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Menjaga kesehatan tulang bisa dilakukan dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung protein. Nah, daging kepiting yang dimasak dengan cara tepat ternyata bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk memenuhi asupan protein pada tubuh. Selain itu, kandungan zat fosfor yang ada dalam daging kepiting juga bisa membantu menghindari serangan penyakit seperti osteoporosis dan radang sendi.

2. Melindungi Jantung

Salah satu manfaat tak terduga dari rutin mengonsumsi daging kepiting adalah melindungi jantung. Meski mengonsumsi makanan ini bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol, hal tersebut bisa diseimbangkan dengan kandungan asam lemak omega 3. Kandungan ini dapat meningkatkan produktivitas sel anti-peradangan yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daging kepiting juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sehingga risiko serangan jantung pun akan menurun. Namun, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan ini.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selenium yang terkandung dalam daging kepiting juga bermanfaat untuk menangkal serangan berbagai penyakit. Sebab, kandungan tersebut dapat secara signifikan meningkatkan produksi antioksidan dalam tubuh. Alhasil, risiko serangan penyakit kronis pun akan menurun.

Tak hanya itu, antioksidan yang terbentuk juga efektif untuk menetralisir racun yang disebabkan oleh radikal bebas. Jadi, jangan lupa untuk sesekali memasukkan makanan laut yang satu ini dalam rencana makan harian kamu, ya!

4. Sirkulasi Darah yang Lancar

Salah satu kunci tubuh tetap sehat adalah sirkulasi darah yang lancar, terutama pada organ-organ penting seperti jantung dan otak. Nah, mengonsumsi daging kepiting ternyata bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal itu merupakan efek dari kandungan tembaga yang terkandung dalam daging kepiting. Selain sirkulasi yang lebih lancar, kandungan ini juga berperan dalam mengontrol penyebaran oksigen dalam tubuh. Daging kepiting juga mengandung zat besi untuk membantu produksi sel darah merah dan membantu mencegah tubuh mudah lelah.

5. Menjaga Kesuburan

Siapa sangka mengonsumsi daging kepiting ternyata bisa bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan. Manfaat tersebut bisa diperoleh dari kandungan zinc dalam kepiting yang berperan penting bagi kesuburan seseorang.

Kendati demikian, tak dapat dimungkiri bahwa makanan yang satu ini memang bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Konsumsilah secukupnya saja dan pastikan untuk memasaknya dengan cara yang tepat. Cara terbaik untuk mengolah kepiting adalah dengan cara direbus dan dicampurkan pada pasta, atau sebagai campuran salad.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: