Makanan Pedas Bikin Tukak Lambung Makin Parah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makanan Pedas Bikin Tukak Lambung Makin Parah?

Halodoc, Jakarta - Tukak lambung adalah luka terbuka pada sistem pencernaan yang menimbulkan rasa nyeri ringan hingga perdarahan yang serius. Penyakit tersebut bahkan dapat merusak lapisan organ pencernaan apabila tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, pengidap harus segera mendapat pengobatan.

Seseorang berisiko mengidap tukak lambung sebesar 80 persen. Kondisi tersebut disebabkan oleh bakteri Heliobacter pylori yang terkadang ditemukan pada sistem pencernaan manusia. Penyebab lainnya seseorang mengidap tukak lambung adalah mengonsumsi obat antiinflamasi kronis atau berlebihan, seperti ibuprofen atau naproxen. Selain itu, stres dan merokok dapat memperburuk hal tersebut, tetapi belum tentu hal yang menyebabkannya.

Apakah Makanan Pedas Dapat Memperparah Tukak Lambung?

Belum ada bukti yang pasti apabila makanan dapat menyebabkan seseorang mengidap tukak lambung, termasuk juga makanan pedas dan berminyak. Makanan pedas tidak menyebabkan gangguan pada lambung. Namun, seseorang yang mengidap gangguan tersebut bisa merasakan rasa tidak nyaman pada perut setelah mengonsumsi makanan pedas. Padahal, hal tersebut hanya membuat lebih buruk, bukan hal yang menyebabkan tukak lambung.

Seseorang yang mengidap tukak lambung dapat merasakan ketidaknyamanan karena tukak lambung yang terjadi. Seseorang yang mengidap gangguan tersebut akan menimbulkan gejala mulas, refluks, sakit perut yang disertai perasaan terbakar, hingga perubahan nafsu makan. Walau begitu, seseorang yang mengidap tukak lambung disarankan untuk menghindari masalah yang terjadi menjadi lebih buruk.

Baca Juga: Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

Apakah Makanan Pedas Baik untuk Pencernaan?

Disebutkan bahwa kandungan capsaicin yang membuat cabai terasa pedas, sebenarnya dapat memicu tubuh untuk sembuh secara alami. Selain itu, hal tersebut dapat menyembuhkan dan mencegah terjadinya tukak pada lambung. Ketika kamu mengonsumsi makanan yang pedas, hal tersebut dapat merangsang sekresi pada perut, sehingga dapat mengurangi risiko untuk mengidap gangguan pada lambung tersebut.

Apabila kamu telah didiagnosis mengidap tukak lambung, makanan pedas dapat memperburuk gejala gangguan lambung pada tubuh kamu dan harus kamu hindari. Di samping itu, apabila kamu tidak memiliki masalah pada lambung atau masalah dalam mengonsumsi makanan pedas, sebenarnya makanan pedas baik untuk tubuh.

Belum dapat dipastikan bahwa hal tersebut menyebabkan tukak lambung pada seseorang. Disebutkan bahwa faktor gaya hidup yang memberikan pengaruh besar terhadap gangguan ini seperti stres, merokok, dan banyak mengonsumsi alkohol.

Baca Juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Cara Pengobatan Tukak Lambung

Apabila kamu mengidap tukak lambung, kamu harus memeriksakannya secepat mungkin dan mendapatkan pengobatan awal dengan antasida. Selain itu, kamu tidak dapat mengonsumsi antasida dalam waktu yang lama, dikarenakan hal tersebut dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis. Tubuh akan baik-baik saja apabila mengalami mulas sesekali. Namun, apabila hal tersebut terjadi berulang kali, kamu harus segera melakukan pengecekan ke dokter.

Kamu dapat mengelola stres dan berusaha untuk melakukan gaya hidup yang seimbang untuk mengatasi tukak lambung. Kamu dapat menghindari dan mengurangi makanan-makanan yang dapat menyebabkan reaksi tidak nyaman pada tubuh seperti keju, kafein, dan alkohol. Lakukan hal tersebut paling tidak hingga masalah tersebut mendapat perawatan dan sudah sembuh total.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Tukak Lambung

Itulah pembahasan apakah makanan pedas dapat membuat tukak lambung semakin parah. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!