Malas Merawat Kuku Kaki Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Malas Merawat Kuku Kaki Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Selain jamur kuku, cantengan merupakan keluhan pada kuku yang sering kali membuat banyak orang merasa resah. Sebab, selain mengganggu penampilan, cantengan juga sering kali menimbulkan rasa sakit dan rasa yang tidak nyaman.

Cantengan sendiri merupakan kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari. Penyebab cantengan dikarenakan pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam, sehingga melukai kulit.

Dalam kebanyakan kasus, cantengan lebih sering dialami oleh jempol kaki, terutama bagi mereka memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal. Yang perlu diingat, cantengan ini bisa terjadi pada kuku di salah satu kaki atau keduanya.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Pertanyaannya, benarkah malas merawat kuku kaki bisa menyebabkan cantengan? Lalu, hal apa saja sih yang bisa meningkatkan risiko cantengan?

Jangan Malas Merawat Kuku

Cantengan yang bisa membuat kuku terasa sakit dan bengkak ini, pada dasarnya disebabkan karena malas atau kekeliruan dalam merawat kuku. Nah, berikut penyebab cantengan selengkapnya:

  • Sepatu atau Kaus Kaki yang Sempit. Bagi kamu yang sering mengenakan sepatu atau kaus kaki yang ketat dan sempit, rasanya perlu harap-harap cemas. Sebab, kedua hal ini bisa menekan kuku kaki, sehingga dapat menembus kulit.

  • Kaki Berkeringat. Keringat pada kulit jari kaki dapat menyebabkan kuku jadi lunak dan rusak, sehingga terselip pada kulit.

  • Cedera Kaki. Tersandung, menendang benda keras karena sengaja, ataupun hal lainnya yang bisa menyebabkan cedera pada kaki, juga bisa merusak kuku atau membuat kuku menancap pada kulit.

  • Keliru Memotong Kuku. Bila kuku jari kaki dipotong terlalu pendek atau menembus ke bagian pinggiran kuku, hal ini bisa membuat kulit jari tumbuh tak normal dan menembus kulit.

  • Kurang Menjaga Kebersihan Kaki

  • Bentuk kuku. Umumnya, bentuk kuku yang seperti kipas, bisa menyebabkan kuku lebih gampang menusuk kulit.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

Tips Simpel Mencegah Cantengan

  • Rendam Kaki Sebelum Potong Kuku. Hal ini bisa menjadi salah satu cara agar kuku menjadi lebih lunak. Dengan begitu, kita bisa mengguntingnya dengan mudah tanpa kesulitan, sehingga potongan kuku menjadi lebih rapi.

  • Menjaga Kebersihan Kuku. Rajin-rajinlah membersihkan kuku, terutama pada bagian bawah kuku yang biasanya menjadi sarang kotoran. Caranya mudah kok, bersihkan kuku dengan rutin memotongnya dan keluarkan kotoran yang menempel di bawah kuku. Lalu, cucilah kuku dengan sabun di bawah air mengalir.

  • Hindari Trauma di Area Jari. Berusahalah untuk tidak menekan area jari-jari kaki yang terlalu berlebihan dalam waktu lama. Misalnya, saat berlari, bermain sepak bola, ataupun melakukan olahraga yang banyak menekan jari kaki. Bila hal ini terjadi, sebaiknya lepaskan alas kaki selama satu atau dua jam setelahnya. Tujuannya agar kaki dapat bernapas dengan lega.

  • Potong Kuku dengan Benar. Potonglah kuku dengan benar. Misalnya, hindari memotong kuku terlalu pendek dengan potongan yang enggak rata di sudut-sudutnya, seperti membentuk lengkungan.

Baca juga: Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

Punya masalah pada kuku seperti cantengan? Kamu bisa lho bertanya kepada dokter untuk mendapatkan saran atau penanganan yang tepat melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!