• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental dan Jiwa

Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental dan Jiwa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa menjalankan ibadah puasa memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan? Tidak hanya berdampak baik pada sisi kesehatan fisik, menjalankan ibadah puasa juga dapat merasakan manfaat untuk kesehatan mental dan jiwa.

Baca juga: Ini Manfaat Puasa bagi Kesehatan Reproduksi

Umumnya, dengan menjalankan ibadah puasa, seseorang dapat mengatasi hawa nafsu dan cenderung menjauhkan hal-hal negatif. Ketahui manfaat puasa yang dapat dirasakan pada kesehatan mental maupun jiwa, yaitu:

1. Puasa Dapat Meningkatkan Rasa Simpati

Menjalankan ibadah puasa artinya umat muslim tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman setelah waktu sahur hingga waktu berbuka. Ketika kamu menahan haus dan lapar selama satu hari, maka secara tidak langsung meningkatkan simpati seseorang pada orang lain yang kekurangan makanan.

Dilansir dari Psychology Today, simpati adalah salah satu perasaan peduli terhadap orang lain sehingga membuat orang lain merasa lebih baik atau bahagia. Dengan begitu, menjalankan ibadah puasa akan membuat kamu lebih mudah untuk berbagi pada orang lain yang berkekurangan.

2. Puasa Mengubah Seseorang Menjadi Lebih Baik

Ibadah puasa yang dijalankan dengan baik dapat mengurangi kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, misalnya berbohong. Tidak hanya itu, puasa juga dapat menurunkan kebiasaan gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol. Dengan kata lain, berpuasa dapat membantu kamu menahan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

3. Mengurangi Risiko Depresi

Menjalankan ibadah puasa dapat membuat kesehatan menjadi lebih baik lagi. Hal ini tentunya akan menurunkan risiko depresi seseorang. Dilansir dari Web MD, banyak orang yang mengidap gangguan penyakit kronis mengalami depresi akibat penyakit yang dialami. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Puasa untuk Kesehatan Otak

4. Mengubah Suasana Hati

Menjalankan ibadah puasa sama dengan meningkatkan kebiasaan positif. Hal ini dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik lagi. Ada banyak kebiasaan positif yang dapat dilakukan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik, seperti melakukan hal baik untuk orang di sekitar atau berolahraga.

Kamu bisa tetap rutin melakukan olahraga meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Kamu dapat melakukan olahraga ringan sebelum waktu berbuka agar kamu tidak mengalami dehidrasi.

Tetap Sehat, Penuhi Nutrisi saat Puasa

Namun, untuk tetap menjaga kesehatan fisik maupun mental, penuhi nutrisi dengan tepat saat menjalankan ibadah puasa. Perhatikan menu makan sahur dan berbuka untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Nutrisi yang sebaiknya ada saat makan sahur dan berbuka, yaitu protein, karbohidrat, serat, lemak, vitamin, dan mineral.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Selain memenuhi nutrisi, jangan lupa untuk mengonsumsi menu berbuka dengan porsi yang tepat agar kamu terhindar dari gangguan pencernaan.  Sebaiknya minum air putih hangat sesaat setelah waktu berbuka, hindari langsung mengonsumsi makanan yang berat. Makanan dengan lauk yang lengkap dapat dikonsumsi 30 menit setelah waktu berbuka. Setelahnya, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan camilan, seperti buah-buahan segar.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan agar ibadah puasa yang kamu banyak memberikan manfaat, baik untuk kesehatan fisik, maupun kesehatan mental serta jiwa. Selamat berpuasa!

Referensi:
Good Net. Diakses pada 2020. 7 Healthy Habits to Boost Your Mood
Web MD. Diakses pada 2020. Coping With Chronic Illness and Depression
Psychology Today. Diakses pada 2020. Emphaty Vs Symphaty