• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Masker Efektif Mencegah Virus Corona, Begini Cara Pemakaiannya

Masker Efektif Mencegah Virus Corona, Begini Cara Pemakaiannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat ini, dunia sedang digemparkan oleh mewabahnya virus corona. Sejauh ini, wabah ini telah merenggut 82 nyawa dengan total orang yang terkontaminasi sebanyak 2.900 di berbagai negara.

Virus yang belum ditemukan obatnya ini telah menyebar ke kurang lebih 20 negara. Meski begitu, hingga saat ini belum ada kabar jika penyakit tersebut telah memasuki Indonesia. Di negara sekitar, seperti Singapura dan Malaysia tercatat ada 4 dan 3 kasus secara berurut.

Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mencegah penyebaran virus corona. Salah satu hal yang sangat disarankan untuk dilakukan adalah penggunaan masker, terutama masker N95. Selain itu, kamu juga harus tahu cara menggunakannya dengan benar agar virus tidak masuk ke tubuh. Berikut bahasannya!

Baca juga: Ini Masker yang Tepat untuk Cegah Virus Corona

Cara Pemakaian Masker untuk Mencegah Virus Corona

Virus corona adalah gangguan yang terjadi akibat terjadinya infeksi pada hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Umumnya, virus ini tidak menimbulkan hal yang berbahaya, tetapi pada kasus yang jarang dapat menyebabkan dampak serius. Penyebab dari penyakit ini diidentifikasi sebagai virus 2019-nCoV.

Hal yang harus kamu ketahui pasti adalah penyebaran penyakit tersebut agar dapat mencegah penyebarannya. Gangguan ini dapat menyebar layaknya influenza. Seseorang yang terinfeksi dapat menyebarkannya jika batuk atau bersin. Selain itu, sentuhan langsung dan tidak langsung juga memungkinkan untuk menjangkiti orang lain.

Salah satu hal yang wajib kamu lakukan agar tidak mudah terserang virus tersebut adalah dengan menggunakan masker. Terdapat beberapa jenis masker yang dapat digunakan, tetapi yang terbukti efektif adalah masker N95. Kamu dapat menutup seluruh saluran pernapasan dari masuknya virus yang berbahaya.

Setelah pembahasan tentang pentingnya menggunakan masker N95 untuk mencegah virus menyerang, kamu juga harus tahu cara mengenakannya dengan tepat. Dengan begitu, virus akan kesulitan untuk masuk ke tubuh karena tertutupi masker. Berikut cara untuk mengenakan masker yang harus kamu ketahui:

  1. Menentukan Ukuran yang Sesuai

Cara pemakaian masker untuk mencegah virus corona menyerang yang pertama adalah dengan menentukan ukuran yang sesuai. Ukuran dari masker N95 berkisar dari ekstra kecil hingga besar. Pastikan kamu membelinya sesuai ukuran agar pas dan tidak mudah lepas saat dikenakan.

Baca juga: 10 Fakta Virus Corona yang Wajib Diketahui

  1. Memastikan Kondisi Pernapasan

Hal lain yang harus diperhatikan untuk mencegah virus corona adalah memastikan kondisi pernapasan. Masker ini dapat membuat seseorang lebih sulit untuk bernapas. Maka dari itu, harus pastikan tipe masker yang dikenakan dan cara yang efektif agar tidak terserang gangguan tersebut.

  1. Cuci Tangan Sebelum Mengenakan

Kamu harus mencuci tangan sebelum menggunakan masker tersebut agar terjaga kebersihannya. Gunakanlah sabun dan air, serta keringkan tangan agar masker tidak basah. Hal ini dapat mencegah terjadinya kontaminasi tidak sengaja sebelum menggunakan masker.

  1. Cara Pemakaian Masker N95

Langkah pertama adalah letakkan masker di satu tangan dan tempelkan di atas mulut dan hidung dengan bagian depan di telapak tangan. Pastikan tepat di hidung dan mulut, serta bagian bawah harus berada di bawah dagu. Pastikan hanya menyentuh bagian luar dan tepi masker agar tetap bersih.

Setelah itu, tarik tali bagian bawah dan atas melewati kepala. Tali bagian bawah harus disesuaikan dengan leher dan tepat di bawah telinga. Setelah itu, tarik tali bagian atas dan letakkan di atas telinga. Jika masker memiliki nosepiece, rekatkan di bagian jembatan hidungmu.

Sekarang kamu tahu tentang pentingnya menggunakan masker N95 untuk mencegah virus corona menyerang. Jika kamu ingin membeli masker tersebut tanpa perlu ke luar dari rumah, kamu bisa memesannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Baca juga: 3 Fakta Terbaru Penyebaran Virus Corona

Dapatkah Masker N95 Digunakan Kembali?

Pertanyaan yang banyak muncul adalah soal penggunaan kembali masker N95. Apakah masker yang sama boleh digunakan lebih dari satu kali? Sebenarnya, lebih disarankan untuk menggunakan masker satu kali dalam jangka waktu panjang, misalnya 6-8 jam. 

Hal itu lebih baik daripada melepas pasang masker yang sama. Sebab, risiko pencemaran masker menjadi lebih besar akibat sentuhan atau kontak pada respirator. Kalau sudah begitu, keampuhan masker dalam melindungi pun mungkin berkurang.

Selain itu, belum ada cara yang dapat menentukan batas maksimum penggunaan kembali yang aman untuk masker ini agar dapat mencegah virus corona menyerang. Walau begitu, produsen masker ini mempunyai panduan khusus pada penggunaan yang terletak pada label bungkusnya. Cobalah untuk membaca hal tersebut sebelum menggunakan.

Jika ingin mengenakan kembali, hal yang perlu diperhatikan adalah membatasi potensi kontaminasi pada permukaan masker. Kamu harus benar-benar meminimalisir kontak yang tidak diinginkan pada bagian dalamnya. Dengan begitu, tidak ada virus yang menempel sehingga tidak terjadi gangguan.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. Recommended Guidance for Extended Use and Limited Reuse of N95 Filtering Facepiece Respirators in Healthcare Settings
Department of Health New York. Diakses pada 2020. How to Wear an N95 Mask