• Home
  • /
  • Waspada, Virus Corona Disebut Bisa Menyebar Lewat Mata

Waspada, Virus Corona Disebut Bisa Menyebar Lewat Mata

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
virus corona lewat mata, corona menular melalui mata

Halodoc, Jakarta - Wuhan, Tiongkok, merupakan asal muasal munculnya virus corona yang merebak beberapa minggu belakangan ini. Hingga artikel ini diterbitkan, kurang lebih ada 13 negara yang dijangkiti oleh virus tersebut, di antaranya Singapura, Malaysia, Canada, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, dan Nepal.

Penularan virus dari manusia ke manusia dapat melalui air liur pengidap ketika mereka bersin atau batuk. Tidak hanya itu, penularan dapat menyebar melalui mata. Begini proses penularan virus corona melalui mata dan langkah preventif yang dapat dilakukan.

Baca juga: 3 Fakta Terbaru Penyebaran Virus Corona

Bagaimana Proses Penularan Virus Corona Melalui Mata?

Wang Guangfa, pakar pernapasan dari Peking University First Hospital merupakan orang pertama yang terinfeksi virus corona melalui mata. Dilansir dari South China Morning Post, Wang Guangfa tertular setelah ia mengunjungi bangsal isolasi para pengidap di klinik dan rumah sakit. Ternyata, tidak hanya masker N95 saja yang dibutuhkan untuk mencegah penularan virus ini, kacamata pelindung juga diperlukan.

Setelah masa inkubasi, yaitu sekitar 2-14 hari, Wang Guangfa merasakan ada yang aneh dengan mata kirinya. Matanya berubah menjadi kemerahan seperti mengidap konjungtivitis. Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola dan kelopak mata bagian dalam. Selain berubah menjadi kemerahan, konjungtivitis ditandai dengan mata berair dan rasa gatal.

Saat gejala konjungtivitis dirasakan, demam muncul setelah beberapa jam kemudian. Awalnya, ia mengira ini adalah flu biasa. Pasalnya, selama ia bertugas untuk mengamati para pengidap, ia belum pernah melihat seorang pengidap dengan gejala konjungtivitis. Namun, ketika ia melakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui serangkaian tes, ia positif menjadi pengidap infeksi virus corona.

Waspada penularan virus corona dengan menggunakan masker N95 ke mana saja kamu pergi, ya! Jika masih bingung untuk membelinya, kamu bisa mendapatkannya langsung dengan download aplikasi Halodoc. Jaga dan lindungi dirimu dan orang-orang terdekatmu. 

Baca juga: Suka Makanan Ekstrem, Sup Kelelawar Sebarkan Virus Corona

Tindakan Preventif yang Dapat Dilakukan

Pada 24 Januari 2020 lalu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar konferensi pers untuk mengumumkan tindakan preventif yang dilakukan masyarakat Indonesia terkait dengan virus corona. IDI menyarankan untuk tidak terlalu panik dalam menanggapi pemberitaan yang tengah booming di masyarakat dunia. Selain itu, IDI mengimbau untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat dengan cara:

  • Selalu menjaga kebersihan tangan sebelum memegang hidung, mulut, dan mata. Menjaga kebersihan tangan dapat dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik dan air yang mengalir. Prosesnya dilakukan selama 20 detik.

  • Jika kamu sedang bepergian dengan minim air bersih, gunakan hand sanitizer dengan 70-80 persen kandungan alkohol di dalamnya.

  • Biasakan diri untuk menutup mulut dan hidung dengan saputangan atau tisu ketika batuk atau bersin. 

  • Jangan mengusap mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan. Dalam hal tersebut, pastikan agar tangan selalu bersih.

  • Gunakan kacamata dan masker N95 jika kamu tengah berada di area endemik virus corona atau negara-negara yang telah disebutkan.

Baca juga: Wuhan Diisolasi, Ini Besar Ancaman Virus Corona ke Indonesia

Hal yang paling utama adalah menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan mengandung nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan. Menjaga tubuh agar selalu sehat mudah dilakukan, jika kamu terbiasa dengan pola makan sehat bergizi seimbang. Segera temui dokter di rumah sakit terdekat jika kamu mengalami demam, merasa sangat lemas, batuk kering, serta kesulitan bernapas. Virus corona lebih mudah menyebar jika kondisi tubuh sedang menurun. Jadi, selalu jaga kesehatanmu, ya!

Referensi:
Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia. Diakses pada 2020. Outbreak Pneumonia Virus Wuhan.
South China Morning Post. Diakses pada 2020. Chinese Expert Who Came Down with Wuhan Coronavirus After Saying It was Controllable Thinks He was Infected Through His Eyes.