Mau Paru-Paru Selalu Sehat? Coba Konsumsi 8 Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
 kesehatan paru-paru, paru-paru

Halodoc, Jakarta - Penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan paru-paru, karena ia merupakan organ penting untuk tetap bertahan hidup. Maka itu,  menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, jangan sampai kamu mengalami gangguan paru-paru yang bernama adenoma bronkus.

Adenoma bronkus merupakan salah satu jenis tumor di trakea atau bronkus (jalan udara yang membawa udara ke paru-paru) yang biasanya menghambat saluran pernapasan kamu. Walau awalnya istilah adenoma bronkus hanya mencakup tumor jinak pada saluran napas, tumor ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain.

Untuk menjaga kesehatan tubuh sebenarnya tidak harus selalu berhubungan dengan dokter atau mengeluarkan uang banyak untuk hidup sehat. Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat sebagai santapan sehari-hari. Berikut makanan yang dapat membantu kesehatan paru-paru kamu agar tetap terjaga.

Baca juga: Kenali Gejala dan Cara Mencegah Paru-Paru Basah

  1. Salmon

Ikan salmon ternyata baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Ikan laut ini kaya akan kandungan asam omega 3. Dengan mengonsumsi ikan salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Jenis makanan lain yang tinggi akan asam lemak omega 3 adalah tuna, kacang-kacangan, dan bjii rami.

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung asam folat yang cukup tinggi. Zat tersebut bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari risiko kanker. Bukan hanya menjaga kesehatan paru-paru, alpukat juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa jenis makanan lain yang kaya akan asam folat di antaranya adalah buah bit, asparagus, dan jeruk.

  1. Wortel

Wortel diketahui mengandung vitamin A, antioksidan, dan lycopene yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan diketahui mengandung banyak magnesium serta mineral yang berkontribusi terhadap kondisi kesehatan paru-paru. Mereka juga kaya akan kandungan asam lemak esensial yang baik untuk sistem kardiovaskular.

Baca juga: Cara Mendeteksi Emboli Paru

  1. Kacang Panjang dan Kacang Kenari

Makanan ini terbukti mampu menyehatkan paru-paru kamu. Kacang panjang mengandung magnesium dan zat anti-kanker, sedangkan kacang kenari memiliki kandungan protein, lemak, dan zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan organ pernapasan kamu.

  1. Kunyit

Siapa sangka bahan dapur ini juga mampu memberikan manfaat ekstra terhadap kesehatan tubuh. Kunyit memiliki fungsi yang kaya akan zat dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit sangat ampuh memberantas pertumbuhan sel kanker dan tumor pada paru-paru.

  1. Buah Delima, Jeruk, dan Anggur

Ketiga buah ini merupakan buah-buahan yang mengandung vitamin dan zat yang sangat baik untuk kesehatan paru-paru kamu. Kandungan zat falvanoid pada anggur dapat membantu kamu membersihkan paru-paru. Sedangkan buah delima yang kaya akan antioksidan dan buah jeruk yang kaya akan vitamin C dapat mengobati dan menyehatkan paru-paru kamu.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kapasitas Paru-paru

  1. Bawang Merah

Di dapur, kamu tentu selalu menyediakan bawang merah. Bahan dasar masakan ini ternyata juga mampu membantu menjaga kesehatan paru-paru. Bagi perokok, bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang wajib untuk dikonsumsi.

Itulah sejumlah makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Apabila kamu memiliki masalah terkait kesehatan paru-paru, kamu sebaiknya mengkomunikasikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.