Membaca Buku Malam Hari Baik untuk Otak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Membaca Buku Malam Hari Baik untuk Otak

Halodoc, Jakarta - Membaca buku adalah salah satu aktivitas yang baik untuk otak. Buku membantumu memperluas wawasan dan menambah ilmu yang bermanfaat untuk diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Pepatah "buku adalah jendela dunia" benar adanya. Sebab, tahukah kamu bahwa Elon Musk, CEO Tesla, belajar cara membuat roket dengan membaca buku? Ia bukan satu-satunya CEO yang menjadikan membaca sebagai kebiasaan biasa. Warren Buffet seorang pengusaha sukses asal Amerika Serikat juga mengakui bahwa ia menghabiskan hingga lima atau enam jam per hari untuk membaca buku. Selain itu, kebanyakan CEO perusahaan membaca hingga 60 buku per tahun.

Seperti yang diketahui, menjadi CEO sebuah perusahaan membuat kamu kehilangan banyak waktu untuk pekerjaan. Kenyataannya, dua orang tadi masih menemukan waktu untuk membuka buku. Beberapa orang pasti setuju bahwa membaca buku sebelum waktu tidur adalah waktu terbaik untuk bersantai dan mengistirahatkan tubuh. Tidak hanya membantu memperluas wawasan, berikut ini manfaat yang bisa didapatkan jika gemar membaca buku sebelum tidur, terutama untuk otak.

Baca Juga: Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini Sebelum Tidur

  • Mempertajam Ingatan

Otak bekerja lebih keras pada malam hari. Mengapa demikian? Saat kamu beristirahat dan tidur, semua energi kamu dapat difokuskan pada otak. Maka kamu akan mengingat jauh lebih baik. Ditambah lagi, orang cenderung lebih konsentrasi pada malam hari. Jadi memanfaatkan membaca dan belajar sesuatu yang bermanfaat sebelum tidur sangat menguntungkan. Saat hendak melaksanakan ujian atau mempersiapkan presentasi, kamu bisa membuatnya semakin matang dengan membaca buku sebelum tidur.

  • Melepas Stres

Saat melakukan aktivitas harian, kita pasti akan merasakan stres dan stres tersebut ini pun akan semakin meningkat di malam hari. Saat tiba waktunya untuk tidur, pikiranmu semakin kacau. Membaca buku di saat hendak tidur ini menjadi saat yang tepat, sebab hal ini dapat mengalihkan pikiran yang sedang stres. Membaca buku sebelum tidur selama enam menit dapat mengurangi stres hingga 68 persen. Tidak peduli buku apa yang dibaca, asalkan menarik untuk kamu baca, manfaatnya dapat kamu rasakan.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Tanda Stres pada Fisik Berikut Bisa Ganggu Kesehatan Kamu

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Membaca buku membuat otak lebih aktif. Kamu menjadi semakin fokus, memahami bahasa, meningkatkan cara berpikir, mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Kebiasaan membaca buku juga membantu kamu mengerti tentang ejaan bahasa yang benar.

  • Mencegah Pikun

Membaca buku membuat orang lanjut usia lebih lambat mengalami penurunan fungsi otak. Hal ini karena kegiatan membaca buku dapat meningkatkan ingatan dan daya ingat terhadap suatu hal.

Saat hendak memilih bacaan sebelum tidur, sebaiknya pilih buku yang melibatkan pikiran dan pastinya menghibur. Meski buku yang membosankan bisa membuat kamu merasa kantuk, akan tetapi sebaiknya dihindari karena membaca buku yang kurang menarik tidak akan membuat pengalaman yang menyenangkan. Akibatnya, kamu enggan untuk mengembangkan kebiasaan membaca buku sebelum tidur.

Baca Juga: Alasan Kenapa Banyak Wanita Kena Insomnia

Nah, jika kamu mengalami gangguan kesehatan yang membuatmu sulit tidur atau masalah lainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui Voice/Video Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.