Mengapa Kecanduan Alkohol Sebabkan Impotensi pada Pria?

Mengapa Kecanduan Alkohol Sebabkan Impotensi pada Pria?

Halodoc, Jakarta - Disfungsi ereksi adalah suatu kondisi ketika seorang pria tidak dapat mencapai ereksi yang cukup untuk berhubungan intim. Salah satunya adalah impotensi pada pria. Dalam beberapa kasus, pria mampu mencapai ereksi, tetapi tidak mampu mempertahankannya cukup lama untuk menyelesaikan hubungan intim.

Sebagian besar pria mengalami kesulitan ereksi pada titik tertentu dalam kehidupannya. Disebutkan bahwa seseorang yang mengidap disfungsi ereksi akan gagal mencapai ereksi setidaknya sekitar 25 persen. Gangguan tersebut memiliki beberapa penyebab dan konsumsi alkohol dapat menjadi salah satunya.

Alkohol Memberi Dampak pada Kinerja Seksual

Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi alkohol akan membuat suasana hati menjadi lebih ringan, sehingga hubungan intim menjadi lebih rileks. Selama ereksi Mr P terisi darah, kemudian pembuluh menutup, mencegah aliran balik, sehingga Mr P tetap ereksi.

Dalam jangka pendek, konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan pembuluh darah di Mr P melebar, sehingga memungkinkan lebih banyak aliran darah, tetapi mencegah pembuluh tersebut menutup. Akibatnya, Mr P akan kesulitan untuk ereksi dikarenakan tidak ada yang mencegah aliran balik.

Dalam jangka panjang, konsumsi alkohol yang berlebihan justru merusak pembuluh darah dan berkontribusi terhadap hipertensi dan bahkan penyakit jantung. Hal-hal tersebut merupakan faktor penyebab disfungsi ereksi, sehingga menyebabkan impotensi pada pria. Pada pria sehat, konsumsi alkohol dalam takaran yang sedikit seharusnya tidak menyebabkan disfungsi ereksi.

Baca Juga : Ini 13 Tanda Orang Kecanduan Alkohol

Cara Alkohol Sebabkan Impotensi

Proses tubuh yang menyebabkan laki-laki menjadi keras semuanya dimulai dalam pikiran. Senyawa di otak laki-laki yang disebut neurotransmitter seksual mengirimkan sinyal melalui tubuh yang menyebabkan aliran darah ke organ laki-laki dan menyebabkan pembuluh darah di anggota tersebut membesar dan tumbuh.

Ketika tidak ada bahan kimia otak yang memadai untuk meningkatkan tingkat sirkulasi darah yang diperlukan untuk merangsang ereksi, impotensi akhirnya terjadi. Konsumsi alkohol dapat dengan mudah merusak koneksi antara pikiran dan area genital. Hal tersebut bahkan dapat membatasi kemampuan pria untuk merasakan kenikmatan seksual, termasuk mengurangi kekuatan klimaks seksual.

Baca Juga : 3 Masalah Psikologi Jadi Penyebab Impotensi

Efek Samping Alkohol Selain Impotensi

Alkohol memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang pada pria. Efek dramatis yang disebabkan oleh minum alkohol sebelum berhubungan intim adalah masalah nyata. Kualitas hubungan intim yang dimiliki pria saat mabuk jauh lebih berkurang daripada dibandingkan saat sadar. Berikut adalah beberapa efek samping karena alkohol selain impotensi:

  1. Menurunkan Kadar Testosteron

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh. Hal ini dapat menurunkan libido dan mencegah gairah fisik pada pria. Oleh karena itu, sementara seseorang lebih cenderung untuk menikmati perilaku seksual setelah minum, konsumsi yang konsisten akan menurunkan hasrat seksual.

  1. Menurunnya Kenikmatan dan Orgasme

Pria yang menikmati hubungan intim mempunyai lebih sedikit kemungkinan untuk menikmatinya atau mencapai segala bentuk kesenangan atau orgasme. Disebutkan bahwa pria mabuk merasa sulit untuk mencapai orgasme daripada pria yang benar-benar sadar selama hubungan intim.

  1. Penurunan Volume Darah

Penyebab lain disfungsi ereksi jangka pendek adalah penurunan volume darah karena dehidrasi. Hal ini dapat mencegah darah yang cukup untuk mencapai organ-organ vital yang terlibat dalam hubungan intim sehingga memengaruhi kepuasan terhadap hal tersebut.

Baca Juga : 5 Kesehatan Mr.P yang Malu Dibahas Pria

Itulah pembahasan tentang alkohol yang dapat sebabkan impotensi pada pria. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!