Infused Water Mampu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Infused Water Mampu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Halodoc, Jakarta - Udara Jakarta yang kotor menyebabkan pencemaran udara yang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Kandungan-kandungan merugikan yang masuk ke dalam tubuh mampu sebabkan racun bertumpuk di tubuh. Untuk itu, tubuh mempunyai sistem pembuangan untuk membuang racun di dalam tubuh atau detoksifikasi.

Detoksifikasi atau detoks membuat tubuh terbebas dari racun. Terkadang, kamu butuh detoks secara buatan agar tubuh terasa lebih segar dan sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan minum infused water. Kabarnya, infused water juga dapat menurunkan berat badan. Benarkah demikian? Ini pembahasannya!

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water Bagi Tubuh

Benarkah Infused Water Dapat Turunkan Berat Badan?

Infused water adalah salah satu cara yang populer belakangan ini untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tubuh bisa merasakan manfaat lainnya. Minuman tersebut mampu menyegarkan tubuh dan membersihkan tubuh kamu dari racun yang membuat tubuh tidak maksimal.

Air adalah salah satu bagian yang penting ketika seseorang melakukan program diet dan olahraga. Hal tersebut karena tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air. Cairan tersebut juga penting untuk produksi energi. Maka dari itu, kamu harus memastikan agar kebutuhan tubuh terhadap air terpenuhi.

Pada infused water, hal ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan menjaga kesehatan tubuh agar lebih baik. Selain rasanya yang lezat, kalori juga tidak bertambah dan menahan rasa lapar yang timbul. Kebiasaan minum infused water juga mampu meningkatkan metabolisme yang berdampak baik untuk penurunan berat badan.

Selain meningkatkan metabolisme, infused water yang dikonsumsi secara rutin juga berdampak pada nafsu makan. Air yang kamu konsumsi menyebabkan berkurangnya rasa lapar. Maka dari itu, seseorang yang minum air sebelum makan, porsi yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit.

Buah yang umum digunakan untuk infused water dan sangat berdampak baik bagi penurunan berat badan adalah lemon. Air yang dicampur dengan lemon mampu menurunkan berat badan karena kandungan pektin di dalamnya. Hal tersebut memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga porsi makanan juga ikut berkurang.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait manfaat infused water, dokter ahli dari Halodoc dapat menjawab semua kebingungan kamu. Caranya dengan download aplikasi Halodoc ke smartphone kamu, ya!. Selain itu, kamu dapat membeli obat tanpa harus keluar rumah juga melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Bisa Jadi Pemanis Infuse Water, Kenali 6 Manfaat Kayu Manis

Manfaat Infused Water Lainnya untuk Tubuh

Infused water juga memberikan dampak baik lainnya selain menurunkan berat badan. Buah yang digunakan untuk campuran umumnya mengandung antioksidan dan vitamin C. Buah yang umum digunakan adalah jeruk, lemon, stroberi, dan lainnya. Hal tersebut dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Hal tersebut karena antioksidan dan vitamin C membuat tubuh agar memproduksi lebih banyak kolagen. Kulit pada tubuh kamu dapat lebih kencang, sehingga terlihat lebih segar. Walau begitu, kamu harus mengimbangi dengan pola makan yang sehat agar lebih optimal.

Baca juga: Hindari Minum Detoks Air Lemon Saat Puasa, Ini Bahayanya

Miliki kebiasaan untuk minum infused water setiap hari sehingga kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin pada tubuh. Beberapa buah yang digunakan sebagai campuran mengandung vitamin yang dapat larut di air. Sehingga, vitamin pada tubuh kamu dapat tercukupi secara alami. Selain rajin minum infused water, sebaiknya kamu juga menjaga pola makan sehat agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik, ya! 

Referensi:
Healthline.Diakses pada 2019.Detox Water Health Benefits and Myths
Lose Weight by Eating.Diakses pada 2019.Detox Water: The Top 25 Recipes for Fast Weight Loss