Minum Madu Saat Sahur, Ini Manfaatnya

 Puasa, Makanan Sehat, manfaat madu

Halodoc, Jakarta - Sahur merupakan kegiatan yang penting di saat puasa. Jika sahur dijalankan dengan baik, puasa pun akan berjalan dengan baik pula. Namun, jika sakur kamu tidak mencukupi kebutuhan nutrisi dan air, puasa dapat terganggu.  Supaya sahur kamu lebih maksimal dan tuntas hingga waktu berbuka tiba, sebaiknya kamu memberikan nutrisi seimbang pada tubuh. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga sebaiknya minum madu sebanyak 1-2 sendok saat sahur.

Inilah manfaat mengonsumsi madu saat sahur:

  1. Menambah Energi

Madu yang kamu konsumsi mengandung banyak gula alami seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini akan memberikan suplai energi pada tubuh secara instan dan bertahan lama hingga seharian. Satu sendok madu mengandung sekitar 17 gram karbohidrat atau gula.

Dengan kandungan yang cukup besar ini kamu dapat memanfaatkan madu sebagai penambah energi yang setara dengan beberapa sendok dari nasi putih. Ketika sahur, konsumsilah madu sebanyak 1-2 sendok saja. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan air. Sesuaikan kebutuhan kalori kamu dengan madu supaya tidak berlebihan.

Baca juga: 3 Manfaat Madu untuk Kesehatan Reproduksi

  1. Melindungi Lambung dan Kerongkongan

Ketika puasa, asam lambung pada tubuh akan meningkat cukup banyak. Peningkatan ini membuat kamu sering mengalami maag yang tersisa atau jika sudah parah dapat mengalami GERD. Untuk mengatasinya kondisi yang tidak diinginkan ini, sebaiknya minum madu setiap sahur. Madu yang masuk ke dalam tubuh kamu akan melindungi kerongkongan dan juga lambung. Gangguan seperti GERD dapat diatasi dengan baik.

Selain itu, madu yang masuk ke dalam tubuh juga terbukti mampu menurunkan asam lambung. Minumlah 1 sendok makan madu, maka akan membuat perut jadi nyaman sepanjang siang dan gangguan tidak diinginkan dapat dicegah.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Madu memiliki kemampuan meningkatkan daya tahan dengan baik. Saat puasa, umumnya penyakit seperti flu dan batuk sering terjadi, sehingga kamu perlu mewaspadainya. Dengan mengonsumsi 1-2 sendok madu saat sahur, tubuh akan menjadi lebih kuat dan bertenaga. Kamu tidak perlu was-was jika sampai jatuh sakit, karena madu dapat menangkal radikal bebas yang masuk dengan sempurna.

Baca juga: Khasiat Madu yang Tak Perlu Diragukan Bagi Pria

  1. Menurunkan Kadar Trigliserida

Ketika puasa, kamu mungkin sering kalap dan akhirnya makan makanan yang terlalu berlemak seperti santan dan gorengan. Jika kondisi ini dibiarkan, kamu akan mengalami penumpukan trigliserida dalam tubuh yang berbahaya pada kesehatan. Jika kamu ingin aman dari gangguan ini, sebaiknya minum madu setiap sahur. Madu dapat menurunkan kadar trigliserida dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan begitu, puasa pun akan berjalan dengan lancar.

  1. Sebagai Pengganti Gula

Saat puasa, kamu akan lebih sering mengonsumsi aneka jenis makanan manis. Pada waktu sahur dan berbuka, minuman dan makanan manis memang lazim dihidangkan untuk menambah produksi energi dalam tubuh. Gula yang dicampurkan dalam makanan dan minuman memang dapat menambah kalori, hanya saja tidak akan memberi nutrisi bagi tubuh.

Sesekali kamu dapat mencoba alternatif pemanis lain dari madu. Karena madu tidak hanya akan memberi rasa manis dan lezat berlebihan. Meski begitu, penting bagi kamu untuk tetap memperhatikan batasan konsumsi madu yang optimal.

Baca juga: 6 Manfaat Madu untuk Anak

Nah, itulah manfaat madu apabila dikonsumsi pada saat sahur selama puasa. Sudah saatnya kamu menyiapkan madu dari sekarang sebagai persediaan. Apabila kamu mengalami gangguan penyakit saat berpuasa, kamu dapat mengkomunikasikannya dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.