Napas Sesak Saat Puasa, Pertanda Asma?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Napas Sesak Saat Puasa, Pertanda Asma?

Halodoc, Jakarta – Memasuki bulan Ramadan banyak persiapan yang perlu kamu lakukan. Perubahan waktu makan bisa menjadi halangan bagi beberapa orang yang mengidap penyakit serius, termasuk bagi kamu yang memiliki penyakit asma. Jadi, sebaiknya perhatikan kesehatan agar asma tidak kambuh saat menjalani ibadah puasa.

Baca juga: Terserang Asma Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya

Apakah benar napas sesak yang terjadi ketika puasa bisa menjadi pertanda penyakit asma? Ya, ketika seseorang menjalani ibadah puasa, ada banyak perubahan yang dialami, mulai dari pola makan hingga waktu istirahat.

Hal ini memengaruhi kesehatan sehingga saat kamu menjalankan ibadah puasa rentan mengalami kondisi sakit kepala, sakit tenggorokan atau sesak napas. Namun kondisi ini belum bisa dikatakan sebagai pertanda asma tanpa gejala lain dari penyakit asma. Sesak napas dapat terjadi akibat gejala penyakit lain dalam tubuh.

Kenali Penyakit Asma!

Penyakit asma adalah penyakit kronis atau jangka panjang pada saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan saluran pernapasan yang diikuti kondisi sesak napas atau sulit bernapas.

Secara pasti penyebab asma belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang rentan mengalami penyakit asma seperti paparan zat di udara, faktor kondisi cuaca seperti cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas. Emosi yang berlebihan dan tingkat stres seseorang juga menyebabkan seseorang mengalami kondisi asma.

Penyakit asma menyebabkan gejala seperti kesulitan bernapas, batuk-batuk yang cukup parah, napas yang menjadi pendek, dada yang terasa sesak atau adanya suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melalui saluran pernapasan yang menyempit.

Terkadang pengidap asma dalam tingkat yang cukup parah mengalami gejala yang lebih parah seperti sulit bicara hingga sulit makan, adanya perubahan pada bibir serta jari yang berubah menjadi biru, dan peningkatan denyut jantung.

Baca juga: Anak Idap Asma, Bolehkah Berpuasa?

Mengatasi Asma Saat Puasa

Ketika kamu memiliki penyakit asma, sebaiknya lakukan pemeriksaan saat menjalani ibadah puasa. Selain pemeriksaan, jangan lupa rutin mengonsumsi obat agar kamu tidak mengalami asma ketika puasa. Lalu, bagaimana mengatasi kondisi asma ketika sedang menjalani ibadah puasa?

Sebaiknya, diskusikan dengan dokter tentang penyakit asma yang dialami. Setelah itu, kamu bisa mengikuti tips ini agar puasa tetap berjalan dengan baik, yaitu:

  1. Hindari aktivitas fisik yang berat ketika sedang menjalani ibadah puasa. Kelelahan bisa memicu kambuhnya penyakit asma.

  2. Jika kamu ingin melakukan olahraga, pilih olahraga yang ringan dan baik untuk pengidap asma. Contohnya, pilih olahraga yoga sebagai alternatif.

  3. Jangan lupa konsumsi makanan sehat ketika sahur dan berbuka. Pilih makanan yang mengandung magnesium, asam lemak omega 3, dan vitamin yang baik untuk meredakan asma. Hindari makanan yang terlalu pedas atau asam. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.

  4. Jangan lupa untuk selalu membawa obat pereda asma. Jika penyakit asma kambuh jangan menunda untuk mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penyakit asma. Kamu bisa gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan pendengaran kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 5 Tips Puasa Sehat untuk Pengidap Asma