• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Nyeri di Telapak Tangan Tanda Asam Urat?

Nyeri di Telapak Tangan Tanda Asam Urat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Telapak tangan memiliki total 34 otot, dan 17 di antaranya merupakan penyambung jari-jari di telapak tangan. Otot-otot tersebut terhubung dengan kerangka tulang tangan melalui serangkaian tendon. Telapak tangan juga bisa mengalami masalah, yang berujung pada terganggunya aktivitas harianmu. 

Ketika nyeri telapak tangan terjadi, seseorang akan kesulitan untuk memegang atau menyentuh benda-benda di sekitarnya. Apakah nyeri telapak tangan merupakan tanda asam urat? Berikut penjelasan selengkapnya!

Baca juga: Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Nyeri di Telapak Tangan Bisa Jadi Tanda Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi-sendi dalam tubuh karena kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi. Normalnya, asam urat larut dalam darah, yang kemudian dikeluarkan melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih, sehingga asam urat menumpuk dalam tubuh.

Salah satu tanda asam urat menumpuk dalam tubuh adalah nyeri telapak tangan, yang biasanya terjadi karena asam urat sudah kronis. Awalnya, pengidap tidak akan menunjukkan gejala yang berarti sampai asam urat berada dalam kondisi akut. Selain nyeri di telapak tangan, beberapa gejala yang nampak, meliputi:

  • Pembengkakan pada sendi yang terkena. Pembengkakan ini akan terasa lunak ketika disentuh.

  • Mengalami nyeri sendiri yang sangat hebat dan berlangsung secara tiba-tiba, terutama pada pagi hari.

  • Pembengkakan pada sendi yang terkena akan berwarna kemerahan.

  • Area sekitar sendi yang mengalami pembengkakan akan terasa panas.

Sebagian besar gejala yang telah disebutkan biasanya berlangsung selama 1-2 hari. Berbeda dengan kasus yang parah, tanda asam urat bisa saja berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan hingga berbulan-bulan, dengan intensitas nyeri dari ringan hingga berat. Tanda asam urat yang muncul tidak dapat dianggap sepele, karena akan mengganggu aktivitasmu.

Apalagi, jika nyeri telapak tangan disertai dengan kesulitan menggerakkan tangan, otot terasa melemah, mengalami mati rasa, atau kelumpuhan otot. Tanda asam urat tersebut sudah masuk ke dalam kategori parah yang harus ditangani segera oleh medis. Untuk mencegah hal tersebut, segera temui dokter di rumah sakit terdekat saat menemukan gejala ringan yang mengganggu, ya!

Baca juga: Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

Kendalikan Tanda Asam Urat dengan Langkah Berikut

Penyakit asam urat memang tidak dapat disembuhkan total. Namun, gejala ringan yang muncul dapat dikendalikan dengan sejumlah langkah berikut ini:

  • Olahraga teratur. Olahraga akan membuat sendi-sendi terlatih dengan baik, sehingga mencegah kekakuan pada sendi yang menjadi penyebab nyeri sendi. Berolahraga dapat kamu lakukan selama 30 menit per hari.

  • Perhatikan makanan. Jika gejala ringan menyerang, kamu wajib memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Untuk mengatasi nyeri akibat asam urat, sebaiknya hindari konsumsi minuman atau makanan manis, serta lemak. Kamu dapat mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh.

  • Jaga berat badan. Seseorang dengan kelebihan berat badan akan berisiko tinggi mengidap asam urat. Untuk itu, penting menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

  • Banyak air putih. Banyak minum air minimal delapan gelas per hari akan membantu mengangkut zat-zat yang tidak terpakai dalam tubuh. Kamu juga dapat mengonsumsi buah yang mengandung banyak air guna memperlancar pengeluaran asam urat dalam tubuh yang tidak terpakai.

  • Jahe. Jahe bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah penumpukan kristal, serta mengatasi tanda asam urat yang muncul. Jika dikonsumsi saat tanda asam urat muncul, kandungan gingerol dan shogaol dalam jahe akan membantu mengurangi dampak peradangan yang muncul.

Baca juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

Meskipun bukan termasuk dalam organ vital, tapi telapak tangan adalah salah satu organ yang sangat penting dan terlibat dalam setiap aktivitas harian. Karena hal tersebut, kamu harus memperhatikan kesehatannya. Ketika tanda asam urat muncul, jangan lupa untuk mengatasi dengan langkah-langkah tersebut, ya!

Referensi:

NHS. Diakses pada 2020. Gout.

Arthritis Foundation. Diakses pada 2020. Gout.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Can You Get Gout in Your Hands?