Orangtua Lalai Bisa Sebabkan SIDS pada Bayi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Orangtua Lalai Bisa Sebabkan SIDS pada Bayi

Halodoc, Jakarta - Ibu mungkin pernah mendengar pengalaman orang lain bahwa buah hati mereka meninggal secara mendadak tanpa adanya gejala ketika sedang terlelap. Ini bukan musibah, lho, tetapi kondisi penyakit yang disebut Sudden Infant Death Syndrome atau SIDS. Kematian mendadak ini biasanya mengincar bayi yang belum genap satu tahun usianya.

Memang, bayi yang tertidur lebih sering mengalaminya, tetapi tidak pernah menutup kemungkinan bahwa SIDS terjadi ketika sang buah hati berada dalam keadaan terjaga. Bagi sebagian besar orangtua, kondisi ini tentu mengkhawatirkan. Oleh karena itu, ibu perlu tahu penyebab SIDS pada bayi. 

Benarkah karena Orangtua Lalai dalam Mengasuh?

Sebenarnya, penyebab SIDS pada bayi belum bisa diketahui pastinya hingga saat ini. Meski begitu, selalu ada dugaan yang berhubungan dengan kondisi ini, di antaranya seperti kelainan atau mutasi genetik pada bayi, adanya masalah pada otak bayi, masalah infeksi paru, dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah. 

Baca juga: Kelahiran Bayi Prematur, Apakah Berisiko Mengalami SIDS?

Lalu, adakah keterkaitan antara SIDS pada bayi dengan kelalaian orangtua? Ada beberapa pengaruhnya, lebih kepada kebiasaan orangtua, terutama ibu, ketika mengandung dan mengasuhnya. Hal ini meningkatkan risiko SIDS, karena penyebab SIDS pada bayi yang memang belum pasti. Apa saja faktor yang meningkatkan risikonya? Berikut di antaranya:

  • Bayi tidur tengkurap atau menyamping. Bukan lucu, tetapi posisi ini membuat Si Kecil menjadi sulit bernapas. Apalagi jika ibu menidurkan buah hati pada kasur yang terlampau empuk; 

  • Kamar terlalu panas. Ketika bayi tidur, usahakan suhu ruangan tidak terlalu dingin, terlebih terlalu panas. Suhu yang terlampau panas membuat bayi berisiko mengalami SIDS;

  • Tidur dengan orang lain. Sebagian besar orangtua memilih untuk menidurkan bayinya dekat dengan mereka, sehingga lebih mudah bagi orangtua jika bayi menangis atau ingin menyusu. Namun, berbagi kasur dengan orangtua meningkatkan risiko terjadinya hal yang tidak disengaja, misalnya pernapasannya terhalang atau bahkan tertindih yang bisa menyebabkan bayi meninggal tiba-tiba.

Baca juga: SIDS Rentan menyerang Bayi, Ini Alasannya

Tidak hanya kelalaian orangtua dalam mengasuh sang buah hati, penyebab SIDS pada bayi bisa terjadi karena kebiasaan ibu yang tidak baik selama mengandung, seperti:

  • Merokok selama mengandung;

  • Konsumsi alkohol berlebihan atau menggunakan obat terlarang;

  • Tidak memeriksakan kandungan secara rutin.

Poin ketiga penting untuk diperhatikan, karena rutin memeriksakan kondisi kehamilan bisa membantu ibu mengidentifikasi apakah ada kelainan pada janin atau komplikasi kehamilan. Sekarang, buat janji dengan dokter ahli kandungan di rumah sakit sudah lebih mudah, lho. Ibu bisa tanya jawab seputar masalah kehamilan langsung pada dokter, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan pilih menu Tanya Dokter

Pencegahan SIDS pada Bayi

Sebenarnya, SIDS bisa dicegah dengan menghindari apa saja yang menjadi pemicu dan faktor risikonya. Boleh saja menidurkan sang buah hati di satu ruangan, tetapi sediakan tempat tidur yang berbeda agar ia lebih nyaman. Selalu jaga suhu kamar tetap nyaman, pastikan bayi tidur dalam posisi telentang, berikan ASI eksklusif dan imunisasi rutin. 

Baca juga: SIDS Terjadi pada Bayi Bisa karena Sesak Napas



Referensi: 
KidsHealth. Diakses pada 2019. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).
WebMD. Diakses pada 2019. Sudden Infant Death Syndrome.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).