13 July 2018

Pakai Softlens Sembarangan, Waspada Konjungtivitis

memakai softlens sembarangan, softlens, konjungtivitis

Halodoc, Jakarta – Lensa kontak menjadi alternatif yang banyak dipilih oleh hampir sebagian besar wanita untuk membantu mata melihat dengan lebih baik selain kacamata. Tidak hanya itu, benda kecil yang dipasang tepat pada bagian hitam mata ini juga turut berperan dalam kesempurnaan penampilan, terlebih dengan aneka warna yang tersedia. Namun, tahukah kamu jika memakai softlens sembarangan bisa memicu terjadinya konjungtivitis? Bagi kamu yang belum tahu apa itu konjungtivitis, berikut ulasannya.

Apa Itu Konjungtivitis?

Sering disebut dengan belekan, konjungtivitis adalah gangguan kesehatan yang menyerang mata. Penyakit ini ditandai dengan munculnya kotoran pada mata dalam jumlah banyak dan diikuti oleh berubahnya warna putih mata menjadi merah. Pada kondisi akut, konjungtivitis akan membuat mata mengeluarkan air dan membengkak hingga sulit dibuka.

Sebenarnya, konjungtivitis terjadi karena konjungtiva atau selaput bening pada mata mengalami infeksi atau peradangan. Kondisi ini membuat pembuluh darah tampak lebih jelas, sehingga mata menjadi merah. Dari banyaknya gangguan kesehatan yang terjadi pada mata, konjungtivitis adalah yang paling sering terjadi, bahkan penularan penyakit ini terjadi sangat cepat.

Penyebab dan Gejala Konjungtivitis

Pada dasarnya, konjungtivitis bisa muncul karena beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

Alergi

Meski jarang ditemui, ternyata konjungtivitis bisa terjadi akibat alergi. Pada kondisi ini, biasanya hanya salah satu mata yang akan mengalami infeksi. Benda yang menjadi alergen yang memicu terjadinya konjungtivitis adalah pohon ek.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Lensa Kontak

Infeksi Akibat Bakteri atau Virus

Konjungtivitis yang disebabkan karena infeksi akibat virus atau bakteri memiliki risiko penularan yang amat tinggi. Penularan ini terjadi karena kontak fisik pengidap dengan orang lain. Oleh karena itu, pengidap konjungtivitis disarankan untuk tidak beraktivitas dan berinteraksi dengan banyak orang saat infeksi sedang parah.

Benda Asing yang Masuk ke dalam Mata

Selain alergi dan infeksi, terjadinya konjungtivitis juga bisa disebabkan karena masuknya benda asing ke dalam mata, seperti ketika kamu memakai softlens sembarangan, terlebih jika lensa kontak tersebut dalam keadaan kotor. Pemakaian yang tidak tepat inilah yang menyebabkan terjadinya infeksi pada mata.

Ada pun gejala yang akan muncul pada mata yang mengalami konjungtivitis adalah sebagai berikut:

  • Mata mengalami iritasi dan berubah kemerahan tiba-tiba.
  • Muncul rasa perih di sekitar mata atau di bagian dalam mata.
  • Mata sering mengeluarkan air.
  • Pandangan mata menjadi tidak jelas.

Mengatasi dan Mencegah Konjungtivitis karena Lensa Kontak

Supaya konjungtivitis tidak terjadi pada mata kamu, lakukan tips berikut ini untuk mencegahnya.

Pastikan Lensa Kontak yang Akan Dipakai dalam Keadaan Bersih

Memakai softlens sembarangan yang diikuti keadaan lensa kontak tidak bersih adalah penyebab utama mata mengalami konjungtivitis. Oleh sebab itu, pastikan lensa kontak yang akan kamu pakai dalam keadaan bersih dan baca aturan serta cara pemakaiannya dengan teliti.

Baca juga: 6 Risiko Sakit Mata Akibat Softlens

Pahami Kondisi Kesehatan Mata

Infeksi pada mata tentu bisa dicegah meski kamu menggunakan lensa kontak, asalkan kamu memahami dengan baik kondisi kesehatan mata kamu. Dengan begitu, kamu bisa menemukan jenis lensa kontak yang sesuai.

Jangan Tidur dengan Memakai Lensa Kontak

Sebelum tidur, pastikan kamu sudah melepas softlens yang kamu pakai. Tidur dalam keadaan mata masih memakai lensa kontak bisa memicu berpindahnya kuman pada mata yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Pahami Durasi Pemakaian dan Penggantian Lensa Kontak

Selalu tanyakan pada dokter kapan waktu yang tepat untuk mengganti lensa kontak dan lama pemakaiannya. Kamu bisa bertanya langsung melalui aplikasi Halodoc yang sudah kamu download melalui App Store atau Google Play Store. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadinya konjungtivitis saat kamu memakai lensa kontak. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu pakai untuk beli obat tanpa harus keluar rumah, lho!