Pancaroba Siap Datang, Cegah Flu dengan 10 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pancaroba Siap Datang, Cegah Flu dengan 10 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Penyebaran virus flu di negara kita tak mengenal bulan atau musim tertentu. Sebab secara epidemiologi, sirkulasi virus influenza di Indonesia selalu ada tiap tahunnya. Berbeda dengan di negara Amerika Serikat dan Australia, di kedua negara tersebut sirkulasi virus flu mencapai puncaknya pada musim dingin.

Nah, meski virus flu di negara kita bisa menyerang seseorang kapan dan di mana saja, tetapi ada satu situasi yang mesti diwaspadai. Situasi tersebut tidak lain adalah musim pancaroba. Di masa ini, sistem imun tubuh terhadap penyakit atau virus menjadi berkurang. Salah satu faktornya karena perubahan cuaca dan temperatur yang akan memengaruhi daya tahan tubuh. 

Pertanyaannya simpel, musim pancaroba sudah di depan mata, lalu bagaimana sih cara mencegah flu yang efektif? 

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Dari Kebersihan Tangan hingga Vaksin 

Flu sendiri disebabkan oleh salah satu jenis virus yang disebut virus influenza. Virus ini bisa menyerang tubuhmu secara tiba-tiba. Bahkan, hanya dalam beberapa jam saja tubuh bisa terasa sakit setelah terpapar virus ini.

Kebanyakan gejala flu ini akan berlangsung selama seminggu, sedangkan rasa lelah dan lemas akan berlangsung selama beberapa minggu. Bagaimana dengan masa inkubasinya? 

Inkubasi virus flu bisa berlangsung singkat, seseorang bisa mengalami gejalanya hanya dalam waktu satu hingga tiga hari setelah pertama kali terinfeksi. Hal yang perlu diingat, pada hari ketiga hingga hari ketujuh ketika gejala muncul, di masa-masa itulah flu paling menular. 

Kembali ke pertanyaan di atas, bagaimana sih cara mencegah flu di musim pancaroba? Nah, berikut ini tipsnya:

  1. Jangan sekali-kali menyentuh mata, hidung, atau mulut bila tangan dalam keadaan kotor atau belum mencuci tangan.

  2. Jaga kebersihan tangan, cucilah tangan secara teratur, apalagi setelah menggunakan fasilitas umum. Gunakan sabun, bila perlu hand-sanitizer berbahan dasar alkohol. 

  3. Gunakan masker saat bepergian, terutama di tempat-tempat umum, atau bila beraktivitas bersama orang yang mengidap flu. 

  4. Kenakan masker bila mengidap flu untuk mencegah penularan ke orang lain.

  5. Jangan berbagi peralatan pribadi atau makanan dengan orang lain. Contohnya, gelas atau botol minum.

  6. Bersihkan secara teratur benda yang sering disentuh dengan cairan disinfektan. Contohnya, laptop atau handphone.

  7. Konsumsi suplemen atau vitamin yang bisa memperkuat sistem imun. Misalnya, vitamin C.

  8. Konsumsi makanan dan minuman yang meningkatkan sistem imun. Seperti brokoli, jahe, almond, bawang putih, jus jeruk, atau jus tomat. 

  9. Bila diperlukan, konsumsilah vitamin atau suplemen yang bisa memperkuat sistem imun.

  10. Vaksin influenza secaea rutin sebanyak satu tahun sekali setiap tahun. 

Selain 10 hal di atas, kamu juga bisa kok bertanya langsung pada dokter mengenai cara untuk mencegah flu di musim pancaroba. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. 

Baca juga: Musim Hujan Bisa Menyebabkan Pilek? Hoax atau Fakta?

Lalu, gejala-gejala apa saja sih yang biasanya dirasakan seseorang ketika virus flu menyerang? 

Bukan Cuma Meriang, Ada Banyak Keluhan

Biasanya seseorang yang telah terjangkit virus ini, akan merasakan sakit kepala, panas dingin, demam, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, pegal-pegal, batuk kering, menggigil, kelelahan, nafsu makan turun, bersin, hingga sulit tidur. Untungnya, flu bisa sembuh kok hanya dengan air putih dan istirahat. 

Andaikan gejalanya tak kunjung reda, kamu bisa kok mengonsumsi obat-obat pereda gejala flu yang bisa didapat tanpa resep dokter. Namun yang mesti diingat, target pengobatan ini hanya untuk meringankan gejala-gejalanya, bukan untuk menyembuhkan penyakit flu. 

Baca juga: 4 Kebiasaan Sederhana untuk Mengatasi Flu

Nah, andaikan gejala flu dan masuk angin atau flu tak kunjung mereda atau bahkan semakin parah, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada Oktober 2019. Healthy Habits to Help Prevent Flu.
Mayo Clinic. Diakses pada Oktober 2019. Diseases and Conditions. Influenza (Flu). 
National Institutes of Health. Diakses pada Oktober 2019. MedlinePlus. Flu.