Panduan Hidup Sehat untuk Jaga Fungsi Ginjal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Panduan Hidup Sehat untuk Jaga Fungsi Ginjal

Halodoc, Jakarta - Mau tahu seberapa “berat” fungsi ginjal bagi tubuh? Setiap harinya ginjal menyaring sekitar 200 liter darah. Dari banyaknya jumlah darah yang disaring itu, terdapat dua liter zat buangan yang harus dikeluarkan lewat urine.

Organ yang terdiri dari sepasang ini juga berfungsi untuk memantau dan mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh. Melalui organ ini, seluruh jaringan tubuh dipastikan menerima air agar dapat bekerja dengan baik.

Baca juga: Tanpa Cuci Darah, Apakah Gagal Ginjal Kronis Bisa Diobati?

Ginjal akan bereaksi terhadap perubahan kadar air dalam tubuh. Tapi, saat tubuh mengalami dehidrasi, fungsi ginjal dalam hal ini adalah untuk menahan air, bukan membuangnya. Nah, sudah kebayangkan betapa pentingnya ginjal bagi tubuh? Karena itu, kita harus selalu menjaga fungsi ginjal.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara menjaga fungsi ginjal?

1. Jaga Tekanan Darah

Gangguan atau penyakit ginjal bisa dipicu karena tekanan darah yang tinggi. Di saat kekuatan aliran darah tinggi, pembuluh darah meregang, sehingga darah mengalir lebih muda. Tapi, peregangan ini bisa menimbulkan bekas luka dan melemahkan pembuluh darah ke seluruh tubuh termasuk.

Nah, rutin mengontrol tekanan darah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga fungsi ginjal. Agar tekanan darah tetap stabil, cobalah konsumsi makanan yang banyak mengandung kalium. Contohnya, kentang, alpukat, pisang, susu, dan ikan.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan cara lainnya untuk menjaga fungsi ginjal. Pada dasarnya, orang dewasa memerlukan sekitar dua liter perhari, atau setidaknya delapan gelas per hari, atau setara 250 mililiter setiap gelasnya. Jadi, bukan sembarang delapan gelas per hari saja seperti yang sering kita dengar.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Gagal Ginjal

Ingat, jika asupan cairan dalam tubuh tercukupi, maka aliran darah ke ginjal akan baik. Pasalnya, jika terjadi penurunan aliran darah ke ginjal, maka lama-kelamaan dapat menimbulkan pada masalah pada fungsi ginjal. Yang perlu diingat, dehidrasi juga merupakan kondisi yang dapat memperberat kerja ginjal.

3. Mengatur Pola Makan

Untuk menjaga fungsi dan kesehatan ginjal, pola makan bergizi seimbang tak boleh dilupakan. Di samping itu, pilihlah makanan, seperti buah dan sayuran yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia (organik). Selain itu, jauhi pula makanan olahan dan konsumsi garam berlebih.

Mengasup makanan asin memang amat menggoda untuk sebagian orang. Sebab, makanan asin bisa mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Pada akhirnya, makanan jenis ini bisa memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsinya.

4. Rutin Berolahraga

Menjaga fungsi ginjal juga bisa melalui aktivitas fisik yang rutin. Ingat, olahraga memiliki banyak keistimewaan bagi tubuh. Kegiatan ini akan membuat dirimu tetap sehat, bekerja secara optimal, dan terhindar dari risiko penyakit ginjal.

Baca juga: 6 Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol bisa menimbulkan masalah pada ginjal. Efek diuretik pada alkohol dapat meningkatkan jumlah urine yang diproduksi tubuh. Akibatnya, ginjal akan kesulitan untuk mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk distribusi ion natrium, kalium, dan klorida ke seluruh tubuh.

Mau tahu cara menjaga kesehatan dan fungsi ginjal? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!