Panu di Wajah Ganggu Penampilan, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Panu di Wajah Ganggu Penampilan, Ini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya masalah kesehatan yang bisa menyerang kulit, panu merupakan salah satu yang sering membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Apalagi bila berada di bagian wajah. Kalau sudah begini, berbagai cara akan dicoba untuk mengatasi panu di wajah.

Panu sendiri merupakan infeksi jamur yang mengganggu pigmen kulit. Gangguan ini akan menimbulkan bercak warna yang lebih terang atau gelap pada kulit. Infeksi akibat panu ini bisa muncul secara perlahan. Tapi, bercak kulit tersebut bisa menyatu dan membentuk bercak yang lebih besar seiring waktu.

Baca juga: Ini 3 Obat Alami untuk Hilangkan Panu yang Tersedia di Rumah

Sebenarnya, bagian yang paling sering terjangkit panu adalah punggung, dada, lengan atas, leher, dan perut. Tapi, bukan berarti wajah bisa luput dari serangan panu.

Untungnya, panu bukanlah penyakit yang menimbulkan rasa sakit atau mular. Tapi, penyakit kulit ini bisa membuat pengidapnya merasa tak nyaman dan tidak percaya diri.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi panu di wajah?

Lewat Krim dan Obat

Kehadiran panu di wajah tentu akan membuat pengidapnya merasa kurang percaya diri. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Nah, berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  • Krim dan Sampo Antijamur

Keduanya merupakan bentuk obat panu yang umum digunakan. Penggunaan krim dan sampo antijamur ini terbilang cukup efektif untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Pilihlah krim atau sampo antijamur yang mengandung miconazole, selenium sulfida, atau clotrimazole. Tapi, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya untuk mengurangi risiko efek samping.

  • Obat Antijamur

Jika cara di atas tidak efektif, kamu bisa menggunakan tablet antijamur. Tablet ini bekerja efektif untuk mengatasi panu yang penyebarannya lebih luas. Meski sangat efektif, namun tablet antijamur bisa menimbulkan ruam pada kulit. Karena itu, diskusikan juga terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Baca juga: Tips Kulit Cantik Tanpa Panu

Mengatasi Panu di Wajah dengan Bahan Alami

Selain dengan obat-obatan, kita juga bisa  menggunakan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan panu di wajah. Misalnya, dengan menggunakan bawang putih, lemon, belimbing wuluh, lengkuas, jeruk nipis, kunyit, dan minyak kelapa. Cara penggunaan kesemua bahan ini sama saja. Kamu hanya perlu memilih bahan yang akan digunakan. Oleskan salah satu bahan tersebut dan diamkan hingga mengering. 

Yang perlu diingat, bila memiliki panu pada wajah cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Sebab, sinar matahari langsung dapat membuat penyebaran dan rasa gatal akibat panu di wajah semakin parah.

Baca juga:  Biar Enggak Malu Pakai Swimsuit, Ini Cara Atasi Panu

Selain itu, segeralah berseka bila berkeringat dan usahakan menjaga kelembapan wajah supaya pertumbuhan jamur tidak semakin menyebar. Agar kesehatan kulit makin terjaga, cobalah untuk mengasup makanan sehat yang baik bagi kulit. Misalnya, tomat, bayam, ubi jalar, jeruk, wortel, melon, brokoli, alpukat, ikan tuna, dan kacang-kacangan.

Selain langkah-langkah di atas, menggunakan produk kecantikan wajah yang sesuai dengan kulit juga bisa menjadi cara untuk mencegah munculnya penyakit kulit.

Memiliki masalah kulit pada bagian wajah atau area lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!