Pemulihan dari Corona, Tom Hanks Jalani Isolasi Diri di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Pemulihan dari Corona, Tom Hanks Jalani Isolasi Diri di Rumah

Halodoc, Jakarta – Kabar baik datang dari pasangan Hollywood Tom Hanks dan Rita Wilson yang Rabu (11/3) lalu menjalani tes dan positif corona, kini sudah kembali ke rumah dan menjalani isolasi diri. 

Dalam posting-annya di Instagram Minggu (15/3) lalu, Tom Hanks mengutarakan apresiasi kepada tim medis dan perawat yang membantu dia dan pasangan melewati masa sulit tersebut. Saat ini Tom Hanks dan Rita Wilson menjalani isolasi diri di kediamannya di Australia. Apa itu isolasi diri dan bagaimana melakukannya?

Pentingnya Isolasi Diri setelah Terdiagnosis Corona

Isolasi diri adalah tindakan pencegahan yang efektif untuk melindungi orang-orang di sekitar dari tertular corona atau COVID-19. Dengan mengisolasi diri, itu berarti kamu menghindari kontak dekat dengan orang lain sebanyak mungkin, prinsipnya sama seperti kamu mengalami flu. Ini termasuk juga membatasi kunjungan orang datang ke rumah. 

Baca juga: Cerita Orang-Orang yang Sembuh dari Corona

Jika tinggal bersama keluarga, kamu juga perlu meminimalkan jarak kontak setidaknya 2 meter. Orang yang sakit ataupun terdiagnosis corona tidak boleh berbagi piring, gelas, termasuk peralatan makan lainnya, handuk, bantal, ataupun barang-barang lain dengan orang sehat di rumah. 

Idealnya isolasi diri ini dilakukan selama 14 hari, untuk memastikan kapan waktu pastinya dan ketentuan apa saja yang perlu kamu lakukan selama menjalani isolasi diri, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. 

Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Sebenarnya isolasi diri tidak hanya perlu dilakukan oleh orang-orang yang sakit ataupun sudah positif terdiagnosis corona. 

Orang-orang yang sehat juga perlu membatasi diri dengan tidak melakukan kontak sosial dengan orang banyak, tidak mendatangi ruang publik, dan perbanyak menghabiskan waktu di rumah. Presiden Joko Widodo juga baru-baru ini menggalakkan pentingnya social distance dan menganjurkan untuk bekerja di rumah. 

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Tentunya sebagai makhluk sosial yang terbiasa dengan interaksi, ketika harus menjalani isolasi diri pasti rentan akan stres dan kesepian. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mentalmu. 

Isolasi diri bukan berarti kamu tidak boleh mengontak keluarga ataupun teman. Kamu tetap bisa menjalin komunikasi secara online, seperti yang dilakukan oleh Tom Hanks dan pasangan. Mendapatkan dukungan di situasi “menyendiri” sangat diperlukan untuk tetap “waras”.

Baca juga: Social Distance, Cara Efektif Cegah Penyebaran Corona

Akan sangat baik sembari menyendiri di situasi saat ini kamu tetap menjalani aktivitas yang bisa membangkitkan mood baik. Bisa dengan membaca, merajut, menulis buku harian tentang apa-apa saja yang kamu alami dan rasakan selama isolasi ini, dan lain-lainnya. 

Bila memungkinkan keluarlah rumah untuk mendapatkan sinar matahari, lakukan aktivitas fisik supaya badan tetap bugar, jalani pola makan sehat, dan tetap terhidrasi. Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan melakukan beberapa hal berikut ini sebagai bentuk coping stres corona:

  • Batasi diri dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk media sosial. Mendengar tentang pandemi itu berulang kali bisa membuat suasana hati dan pikiran tidak stabil.

  • Lakukan meditasi untuk mengontrol pikiran buruk.

  • Luangkan waktu untuk bersantai. Coba lakukan beberapa aktivitas lain yang kamu sukai.

  • Tetap terhubung dengan orang lain. Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai tentang kekhawatiran dan bagaimana perasaanmu saat ini.

Selain Tom Hanks dan pasangan, beberapa pesohor lainnya juga menjalani isolasi diri. Cristiano Ronaldo membeli pulau pribadi dan memboyong keluarganya tinggal di sana. Lady Gaga dan Chris Martin juga melakoni hal yang sama. 

Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Manage Anxiety & Stress.
Australian Government Department of Health. Diakses pada 2020. What you need to know about coronavirus (COVID-19).
Ministry of Health Manatu Hauora. Diakses pada 2020. COVID-19 – Self-isolation.
Nbcnews.com. Diakses pada 2020. Tom Hanks, Rita Wilson leave hospital for home quarantine after coronavirus diagnosis.