• Home
  • /
  • Pengidap Kanker Ovarium Tidak Boleh Konsumsi Minuman Bersoda?

Pengidap Kanker Ovarium Tidak Boleh Konsumsi Minuman Bersoda?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Pengidap Kanker Ovarium Tidak Boleh Konsumsi Minuman Bersoda?

Halodoc, Jakarta - Ketika kamu didiagnosis mengidap kanker ovarium, kamu mungkin mengalami penurunan nafsu makan dan tidak tertarik dengan jenis makanan yang kamu sukai sebelumnya. Kamu diharuskan untuk menjalani diet tertentu yang berdampak pada efektivitas pengobatan kanker yang sedang kamu jalani. Pasalnya, kemoterapi dan perawatan lainnya, termasuk pertumbuhan sel kanker itu sendiri akan membuatmu sulit makan. 

Sayangnya, tubuh tetap memerlukan tenaga dalam jumlah besar agar kamu tetap kuat dalam menjalani perawatan. Ini artinya, kamu tetap harus makan secara teratur dan membuat rencana makan alias diet kaya nutrisi. Tidak heran, karena makanan dan kebutuhan kalori masing-masing pengidap kanker ovarium berbeda, bergantung seberapa parah kanker yang diidap dan perawatan yang dijalani. 

Baca juga: 10 Gejala Kanker Ovarium yang Perlu Diketahui

Mengapa Diet dan Gaya Hidup Penting untuk Pengidap Kanker Ovarium?

Setiap pengidap kanker ovarium yang menjalani perawatan, baik itu radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan atau operasi harus mendapatkan panduan yang tepat untuk mengatur pola dietnya. Sharlene Bidini, ahli nutrisi onkologi di Oakwood Center for Cancer Care di Dearborn, Michigan mengatakan, pengidap kanker ovarium memerlukan kalori tambahan dan asupan protein untuk penyembuhan setelah menjalani perawatan yang panjang. 

Baca juga: Ini 5 Pilihan Pengobatan untuk Kanker Ovarium

Artinya, menjalani pola hidup yang sehat menjadi kewajiban bagi setiap pengidap kanker, termasuk kanker ovarium. Cynthia A. Thompson, PhD., RD., profesor ilmu gizi dan ahli kesehatan masyarakat di Arizona Cancer Center, University of Arizona, Tucson mengatakan, menjalani pola diet dan pola hidup yang sehat membuat pengidap kanker memiliki prognosis dan kelangsungan hidup yang lebih baik. 

Lalu, Haruskah Menghindari Minuman Bersoda?

Beberapa orang beranggapan bahwa tidak mengonsumsi gula menjadi salah satu cara terbaik karena itu artinya sel kanker tidak mendapatkan energi untuk bertumbuh. Namun, tidak mengonsumsi gula sama sekali ternyata bukan menjadi ide yang baik, karena tubuh tetap saja membutuhkan glukosa agar bisa bekerja dengan optimal. Jika asupan gula tidak tercukupi, tubuh mulai memecah protein dan lemak sebagai gula cadangan. 

Baca juga: Ketahui 4 Cara Melindungi Diri dari Kanker Ovarium

Masih banyak makanan yang baik dikonsumsi yang memiliki kandungan gula alami, seperti buah, sereal, biskuit dan roti gandum. Namun, ada pula makanan dan minuman tinggi gula buatan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap kanker ovarium. Sedangkan untuk minuman bersoda, nyatanya belum ada fakta ilmiah yang mendukungnya. Sehingga, lebih baik tanyakan pada dokter terpercaya terkait tentang pengonsumsian minuman bersoda untuk pengidap kanker ovarium.

Inilah mengapa kamu dianjurkan untuk merencanakan dan membuat menu diet sehat yang seimbang dan sesuai dengan kondisi kesehatanmu. Kalau kamu merasa kesulitan, kamu bisa langsung bertanya pada ahli gizi atau bahkan membuat janji di rumah sakit terdekat untuk bisa menanyakan langsung perihal menu diet yang tepat untuk pengidap kanker ovarium. Kamu dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk bisa bertanya pada ahli gizi atau membuat janji. Lebih praktis, kan?

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Good Diet May Aid Ovarian Cancer Survival.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Nutrition for Ovarian Cancer Patients. 
Roswell Park. Diakses pada 2020. Diet and Ovarian Cancer.